HOME » BERITA » DIBANDEROL SAMPAI RP12 JUTA, APA KELEBIHAN HELM MARC MARQUEZ?

Dibanderol Sampai Rp12 Juta, Apa Kelebihan Helm Marc Marquez?

Helm Shoei X-14 yang dipakai Marc Marquez punya 8 fitur utama yang menjadi kelebihannya. Mulai dari aerodinamika hingga posisi interior mengikuti posisi riding.

Selasa, 23 Maret 2021 20:15 Editor : Nazarudin Ray
Dibanderol Sampai Rp12 Juta, Apa Kelebihan Helm Marc Marquez?

OTOSIA.COM - Marc dan Alex Marquez telah menandatangani perjanjian baru untuk bekerja sama dengan produsen helm asal Jepang Shoei selama 4 tahun ke depan. Bersamaan dengan penandatangan tersebut Shoei memperkenalkan desain baru helm keduanya yang akan dipakai di MotoGP musim 2021.

Desain grafis helm terbaru untuk Marquez bersaudara ini diciptakan oleh Dave Design. Helm Shoei tersebut adalah X-14 Marquez6 dan X-14 AM73. Replikanya sudah mulai dipasarkan oleh PT Prakarsa Bangun Sarana selaku distributor Shoei di Indonesia dengan harga Rp 12,4 juta.

"Helm full face Shoei X-14 untuk balapan yang dikembangkan melalui balapan dunia termasuk MotoGP," ujar Boy Septa Wirawan, Manager PT Prakarsa Bangun Sarana, distributor Shoei dan Komine di Indonesia.

Ada 8 fitur utama yang menjadi unggulan helm Marc Marquez, mulai dari aerodinamika hingga posisi interior helm yang mengikuti posisi mengendarai sepeda motor yang berbeda. Berikut ini fitur-fitur Shoei X-14 dan X-14 AM73:

1 dari 7 Halaman

Aerodinamis

Marc dan Alex Marquez (Shoei)

Shoei X-14 dikembangkan dengan penekanan pada penggunaan sirkuit, menetapkan posisi berkendara di mana pengendara mencondongkan tubuh ke depan dengan kuat sebagai posisi dasar.

Pada posisi itu, Shoei secara ilmiah menganalisis angin yang mengalir dari depan helm ke bagian belakang kepala dan bagian belakang pakaian balap dengan eksperimen terowongan angin, sekaligus menyelesaikan desain cangkang.

Tepi dan bentuk pada permukaan cangkang, stabilizer belakang dengan flap belakang dapat diganti, dan spoiler udara bawah telah dioptimalkan untuk meningkatkan aerodinamika.

Hasilnya, dibandingkan dengan eksperimen terowongan angin, Shoei mendapatkan nilai lift kurang dari 3 persen, drag kurang 10 persen, yawing kurang 50 persen (nilai referensi internal). Performa aerodinamis yang sangat meningkat juga berkontribusi besar dalam mengurangi kelelahan pengendara.

2 dari 7 Halaman

Visor

Shoei X-14 dipakai pembalap tim Repsol Honda (Shoei)

Visor CWR-F dengan permukaan datar mendukung pemasangan tear off. Pelindung permukaan datar yang dikembangkan CWR-F diadopsi untuk X-14. Pelindung CWR-F polikarbonat karakteristik optiknya telah ditingkatkan secara menyeluruh dengan mengoptimalkan kelengkungan dan ketebalan yang halus sesuai dengan bagian helm.

Selain memastikan tampilan yang pas, juga meningkatkan kekakuan pelindung selama berkendara dalam kecepatan tinggi. Kombinasi dengan basis perisai QR-E memastikan pemasangan dan pelepasan yang mudah, serta memastikan kedap udara yang tinggi.

3 dari 7 Halaman

Pinlock Evo

Mencegah kabut pada suhu rendah dan hujan merupakan persyaratan penting untuk kenyamanan berkendara. Shoei X-14 standar hadir dengan lensa Pinlock Evo yang mencegah visor dari fogging. Pinlock Evo menutupi hampir semua bidang pandang, menekan fogging dan memastikan bidang pandang yang nyaman di semua kondisi.

4 dari 7 Halaman

Interior

Alex Marquez (Shoei)

Posisi interior helm disesuaikan dengan posisi balapan. Posisi pakai berbeda antara posisi tegak saat mengendarai motor secara standar dengan posisi condong ke depan saat mengendarai motor sport.

Berfokus pada poin ini, posisi interior X-14 dapat diatur dalam 2 langkah. Namun ini tergantung dari posisi berkendara. Dengan menyesuaikan posisi pemasangan bantalan tengah dan bantalan pipi, sudut kepala pengendara dapat diputar ke depan sekitar 4 derajat dari posisi standar. Dan sebagai hasilnya, ini mengamankan penglihatan atas dalam posisi miring ke depan.

Selain itu desain interior memastikan penglihatan yang lebih luas saat posisi sangat condong ke depan, memberi menfaat besar bagi pengendara. Kemudian Pad dapat ditukar secara individual membuat fitting terbaik begai pengendara.

Shoei X-14 punya sistem interior baru yang terdiri dari 6 bantalan tengah. Masing-masing dapat ditukar satu per satu. Sistem ini memungkinkan kesesuaian ketika menukar setiap bantalan depan, belakang, samping, atas, dan leher ke bantalan opsional dengan ketebalan berbeda agar sesuai dengan bentuk kepala pengendara.

Bahan permukaan interior memiliki daya serap air yang tinggi, cepat kering dan punya serat bertekstur nyaman. Lalu bantalan pipi dilengkapi dengan EQRS (Emergency Quick Release System), yang memudahkan untuk melepas helm dalam keadaan darurat.

5 dari 7 Halaman

Sistem Ventilasi

Ventilasinya dirancang mengarahkan angin yang mengalir ke dalam dan melepaskan panas dan kelembapan secara efisien. Sistem ventilasi X-14 dilengkapi dengan intake udara di dua tempat, depan dan atas, untuk memberikan efek yang cukup bahkan dalam postur tubuh condong ke depan yang kuat.

Secara efisien menggunakan tekanan negatif untuk mengeluarkan udara panas dari lubang outlet di stabilisator atas dan belakang.

Sebagai tambahan, pada Shoei X-14, asupan udara bawah yang ada di bawah pelindung dipisahkan menjadi dua sistem untuk membuat rute udara baru. Asupan atas memiliki fungsi defroster yang memandu angin mengalir ke permukaan bagian dalam visor seperti sebelumnya, dan intake bawah mengatur jalur udara ke bantalan pipi di mana panas dan kelembaban cenderung menumpuk.

6 dari 7 Halaman

Shell dan liner

Marc dan Alex Marquez pakai Shoei X-14 untuk 4 tahun kedepan (Shoei)

Shoei X-14 menawarkan 6 ukuran dari XS hingga XXL dengan kombinasi 4 ukuran cangkang dan 5 ukuran lapisan penyerap guncangan.

Cangkang dengan struktur AIM + merupakan laminasi komposit dari serat kaca yang kuat dan serat organik, memenuhi standar keamanan tinggi, termasuk dibagian tepi. Selain standar JIS dan SNI, X-14 juga sesuai dengan standar SNELL terbaru.

7 dari 7 Halaman

Emergency Quick Release System

Jika terjadi kecelakaan, lebih sulit bagi penyelamat atau tim medis untuk melepaskan helm dari pengendara. Tidak hanya performa dan kenyamanan penyerap guncangan, tetapi juga mendukung pekerjaan bantuan darurat. Hal ini merupakan salah satu fungsi penting dari helm.

Emergency Quick Release System atau EQRS yang dikembangkan oleh Shoei memungkinkan pengendara melepas helm dengan mudah, sekaligus meminimalkan beban di leher yang mungkin terluka atau cidera hanya dengan menarik pita khusus.

BERI KOMENTAR