HOME » BERITA » YUK HITUNG BESARAN PAJAK DAN BIAYA SERVICE SEBELUM MEMBELI YAMAHA FREEGO

Yuk Hitung Besaran Pajak dan Biaya Service Sebelum Membeli Yamaha FreeGo

Pamor sepeda motor bebek sudah tak lagi secerah motor matik. Hampir semua sepeda motor yang dijumpai di jalanan adalah motor matik.

Sabtu, 08 Desember 2018 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Yamaha FreeGo (Dok. Otosia.com)

OTOSIA.COM - Pamor sepeda motor bebek sudah tak lagi secerah motor matik. Hampir semua sepeda motor yang dijumpai di jalanan adalah motor matik.

Untuk mengisi celah segmen skuter matik, Yamaha Indonesia pun menambah deretan produknya, dengan menghadirkan Yamaha FreeGo. Skuter matik ini dilego mulai harga RP 18,5 juta hingga Rp 22,5 juta untuk varian yang dilengkapi dengan ABS.

Dengan harga yang bersaing itu, lalu berapakah besaran pajak FreeGo dan beaya servicenya?

Standar pajak kendaraan bermotor (PKB) sekitar 1,5% dari harga jual motor untuk motor pertama. Pajak FreeGo bisa di kisaran Rp 270 ribuan pada tipe terendah. Namun yang pasti, besaran pajak menyusut dari tahun ke tahun, mengikuti depresiasi nilai jual kendaraan itu sendiri. Itu juga kalau besaran standar PKB tak berubah.

Selanjutnya, ihwal perawatan FreeGo. Jika Anda melakukan servis ringan, misal hanya membersihkan bagian mesin dan pengecekan motor di bengkel resmi, biayanya sekitar Rp 50 ribuan. Lalu untuk penggantian oli Yamalube Matic Rp 37 ribu, filter udara Rp 43 ribu dan Yamalube oil gear Rp 17 ribu. Jadi estimasi servis ringan di-2.000 km awal sekitar Rp 147 ribu.

Hitungan itu mengacu pada Yamaha FreeGo yang baru digunakan, yang belum terlalu banyak part yang mesti diganti. Makin lama skutik dipakai, biasanya makin banyak spare part yang mesti diremajakan.

Setiap part atau suku cadang memiliki harga yang berbeda-beda. Perlu diingat juga bahwa harga dari satu daerah dengan daerah lainnya juga berbeda.

Terlepas dari itu semua, skutik yang mengusung tagline 'The Amazing Matic' ini, diposisikan sebagai kasta tertinggi skutik harian kelas 125 cc. Kemunculannya menemani line-up skutik Yamaha saat ini, seperti Mio S dan Mio M3.

Nah, kalau bicara soal fitur, sebetulnya ia sangat lengkap. Yang menjadi nilai jual FreeGo seperti big luggage, smart front refuel, wide tubeless tire 12 inch whell, blue core engine 125 cc, spacious flat board, digital speedometer with eco indicator, electric power socket, LED head light & hazard lamp serta big comfortable seat.

Nah Otolovers, dengan fitur melimpah dan harga yang cukup ramah kantong, biyaa perawatan dan besaran pajak FreeGo bisa dibilang wajar.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR