HOME » BERITA » ZONGSHEN RE3 DIRILIS DI CHINA, AKANKAH JADI VARIAN BARU VIAR VINTECH?

Zongshen RE3 Dirilis di China, Akankah Jadi Varian Baru Viar Vintech?

Senin, 24 September 2018 13:15 Editor : Cornelius Candra
Foto: Newmotor.com.cn

OTOSIA.COM - Pada 21 hingga 24 September 2018, di China tengah berlangsung gelaran Chongqing International Motor Show. Layaknya pameran otomotif pada umumnya, ajang ini dimanfaatkan untuk merilis berbagai produk baru atau hanya sekadar penyegaran dan edisi spesial.

Hal itu juga dilakukan oleh Zongshen Motorcycle, pabrikan sepeda motor lokal China. Mengutip dari Newmotor.com.cn, pada ajang tersebut, mereka merilis motor retro baru bernama Zongshen Cyclone RE3.

Menurut sumber yang sama, motor ini berhasil menyedot perhatian pengunjung pada ajang tersebut. Hal itu tidak terlepas dari penampilannya yang mengusung konsep retro modern.

Tengok berbagai komponennya yang didominasi oleh lengkungan halus, seperti lampu-lampu bulat, tangki, cover body samping. Aura lawas juga sukses disumbangkan oleh siwngarm konvensional berbentuk kotak dan penggunaan velg jari-jari (spoke wheel).

Menariknya, meski bernuansa retro, fitur yang disematkan tidak bisa diremehkan. Zongshen RE3 dilengkapi dengan 5-symmetriccal LED headlight, intrumen panel digital, lampu sein LED dan lampu belakang berteknologi serupa.

Di sektor kaki-kaki, motor retro ini mengandalkan suspensi depan upside-down dan ban berukuran 110/80-17. Sementara itu, bagian belakang ditopang oleh ban 150/70-17 dan dual-shock tabung.

Beberapa detail Zongshen RE3 juga mampu menarik perhatian. Salah satunya adalah konfigurasi peleknya. Meski menggunakan jari-jari, velg motor ini tetap bisa menggunakan ban tubeless karena jari-jarinya tidak menembus ke velg.

Selain itu, terdapat sepasang knalpot stainless steel di sisi kanan dan kiri. Bentuknya pun dibuat mirip dengan knalpot motor kustom.

Zongshen RE3 mengandalkan mesin 2-silinder DOHC berkubikasi 380cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 36 hp dengan torsi maksimum mencapai 35 Nm dan disokong tangki bahan bakar berkapasitas 17,5 liter.

Sayangnya, pihak pabrikan masih belum membocorkan harga motor ini. Pasalnya, kehadiran Zongshen RE3 di Chongqing International Motor Show memang masih tahap perkenalan.

Kehadiran motor ini pun memicu spekulasi bahwa Zongshen RE3 akan hadir di Indonesia dengan nama Viar. Sebelumnya, 2 produk pabrikan China tersebut telah dirilis di GIIAS 2018 dengan nama Viar Vintech 200 dan 250.

Jika dilihat dari kapasitas mesinnya yang di atas 250cc, kecil kemungkinan bahwa motor ini juga akan dihadirkan oleh Viar. Namun, bisa jadi desainnya nanti akan menjadi generasi baru dari Viar Vintech.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR