Sukses

Biar Kerja Makin Cepat, Pahami Fungsi Wrap Text Pada Excel dan Cara Menggunakannya

Otosia.com, Jakarta Microsoft Excel berguna untuk menghitung dan memanipulasi angka. Namun selain itu juga bisa untuk menulis teks atau menyimpannya di spreadsheet.

Kendalanya jika teks terlalu panjang, umumnya kolom akan dibuat lebih lebar. Namun, itu mungkin bukan pilihan yang baik jika Anda bekerja dengan lembar kerja besar dan memiliki banyak data untuk ditampilkan.

Solusi yang jauh lebih baik adalah dengan menggunakan wrap text yang melebihi lebar kolom. Untuk menerapkan fungsi wrap text ini, Microsoft Excel telah menyediakan beberapa cara untuk melakukannya.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang apa itu wrap text, fungsi wrap text, serta bagaimana cara menggunakannya.

Video Paling Dicari saat Ini

Apa Itu Wrap Text

Ketika data yang Anda input dalam sel terlalu besar, salah satu dari dua hal berikut akan terjadi:

Jika kolom di sebelah kanan kosong, string teks panjang akan memanjang melewati batas sel hingga ke dalam kolom yang kosong tersebut.Jika sel yang berdekatan di sebelah kanan berisi data, string teks akan terpotong di batas sel.Fitur wrap text pada Excel dapat membantu Anda sepenuhnya untuk menampilkan teks yang lebih panjang dalam sel tanpa meluap ke sel lain.

Wrap text berarti menampilkan konten sel pada beberapa baris, dan bukan di satu baris panjang. Fungsi wrap text ini memungkinkan Anda untuk menghindari efek "kolom terpotong", sehingga membuat teks lebih mudah dibaca dan lebih baik untuk dicetak. Selain itu, ini juga akan membantu Anda menjaga lebar kolom tetap konsisten di seluruh lembar kerja.

Fungsi Wrap Text

Fungsi wrap text akan membantu kita agar membuat teks tidak terlalu panjang dalam tampilannya di excel. Dengan fungsi wrap text ini, kita dapat melihat isinya dengan lebih mudah di dalam selnya. Dikutip dari computeexpert.com, fungsi wrap text akan melakukannya dengan membagi teks yang terlalu panjang untuk kolom biasa di excel menjadi beberapa baris yang berbeda.

Secara default, excel akan menampilkan data teks kita dalam satu baris di selnya, berapa pun panjang teksnya.

Kita mungkin masih bisa melihat isi teks yang panjang jika sel di sebelah kanan teks kosong. Tapi, jika tidak, maka tampilan teks akan terpotong. Di sinilah fungsi wrap text masuk untuk membantu menampilkan seluruh isi teks saat kita menggunakannya.

Jika Anda tidak ingin memperlebar kolom untuk teks yang panjang, maka Anda dapat mengaktifkan wrap text pada sel yang berisi teks panjang tersebut. Dengan memanfaatkan fungsi wrap text, excel akan membagi bentuk teks menjadi beberapa baris.

Jumlah baris tergantung pada lebar kolom tempat sel teks Anda berada dan juga panjang teksnya. Excel akan secara otomatis menambahkan tinggi baris sel sampai kita dapat melihat seluruh teks di dalam selnya.

Sel dengan wrap text akan selalu menyesuaikan garis dan tinggi baris data dengan lebar kolom dan panjang data. Jika Anda memperbarui isi dari data tersebut, maka jumlah baris data dan tinggi baris juga akan berubah secara otomatis.

Cara Menggunakan Wrap Text

Wrap Text dari Menu Home

Cara menerapkan Wrap Text di excel sebenarnya sangat mudah. Mengutip howtoexcel.org, yang paling umum adalah dengan menerapkannya melalui menu ‘Home’ dan Anda dapat menemukan pilihan Wrap Text dari perintah ribbon.

1. Cara melakukan Wrap Text cukup mudah:2. Pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda terapkan dengan Wrap Text.3. Buka menu Home.4. Cari dan klik perintah Wrap Text yang dapat Anda temukan di bagian Alignment.

Akan lebih baik jika Anda sesuaikan lebar sel dari data Anda dengan ukuran yang diinginkan terlebih dahulu karena tingginya baris akan disesuaikan sehingga semua teks pas di dalam sel.

Wrap Text dengan Shortcut Keyboard

Tidak ada shortcut keyboard yang khusus untuk pemformatan Wrap Text, namun Anda masih dapat menggunakan tombol pintas Alt untuk menerapkan fungsi Wrap Text.

Caranya, pilih sel tempat Anda ingin menerapkan Wrap Text, lalu tekan Alt > H > W.

Ini bisa menjadi cara cepat dan mudah untuk menerapkan Wrap Text pada data Anda.

Wrap Text dalam Kotak Dialog Format Cell

Kotak dialog format cell berisi semua opsi pemformatan yang dapat Anda terapkan ke sel di spreadsheet Anda, termasuk opsi Wrap Text.

- Anda dapat membuka menu ini dengan klik kanan pada sel lalu pilih Format Cells atau dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl + 1.

- Masuk ke tab Alignment di menu > centang opsi Wrap text di bagian Text control > lalu tekan tombol OK.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading