Sukses

3 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan, Disertai Struktur Biar Mudah Mencontohnya

Otosia.com, Jakarta Dalam dunia kerja resign atau mengundurkan diri merupakan hal biasa. Alasan di baliknya pun beragam, mulai dari memiliki pekerjaan yang lebih baik hingga mengurus anak atau orang tua.

Bukan hanya itu, pengunduran diri di lingkungan kerja juga bisa dilakukan karena beberapa masalah. Seperti lingkungan pekerjaan yang penuh dengan konflik, tempat kerja yang berisiko menimbulkan penyakit, jam kerja melebihi batas dan tidak mendapatkan upah tambahan.

Berbagai alasan tersebut kerap kali mendorong seseorang untuk melakukan pengunduran diri dari pekerjaan. Meski umum dilakukan, namun bagi Anda yang ingin mengundurkan diri, perlu membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan agar dapat diterima dengan baik.

Dalam menulis surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Seperti penggunaan bahasa dan pemilihan kata yang baik dan mudah dipahami, mencantumkan informasi tanggal pengunduran diri yang jelas, hingga permohonan maaf dan terima kasih.

Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan sebagai pedoman penulisan. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penjelasannya untuk Anda.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Hal yang Diperhatikan Sebelum Mengundurkan Diri

Sebelum mengetahui format dan contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan, perlu dipahami terlebih dahulu berbagai hal yang perlu dilakukan sebelum mengundurkan diri dari perusahaan.

Dalam hal ini, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berniat mengundurkan diri dari pekerjaan. Bukan hanya mencari alasan yang tepat, namun juga perlu menyelesaikan beberapa kepentingan terkait pekerjaan, kontrak, dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengundurkan diri dari pekerjaan:

- Membahas atau berkonsultasi dengan atasan tentang rencana pengunduran diri.

- Memastikan alasan dan tujuan pengunduran diri yang jelas.

- Mengecek kembali kontrak kerja, apakah sudah selesai atau masih terikat dengan waktu tertentu. Pastikan pula apakah ada denda yang harus dibayar ketika ingin mengundurkan diri sebelum kontrak habis.

- Periksa peraturan pengunduran diri di perusahaan tempat And abekerja.

- Menulis surat pengunduran diri sesuai dengan format yang berlaku di perusahaan.

- Jika perusahaan memberikan penawaran ulang, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik setiap pilihan dan keputusan yang akan diambil.

- Jika sudah bulat ingin mengundurkan diri, maka berikan kinerja beberapa hari terakhir sebelum Anda keluar dari perusahaan.

Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Sebelum menyimak contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan, Anda juga perlu mengetahui fungsi dari surat pengunduran diri. Bukan sekedar dokumen formalitas, surat pengunduran adalah dokumen wajib yang memiliki fungsi penting.

Pertama, surat pengunduran diri berguna untuk memberi waktu bagi perusahaan dalam mencari pengganti karyawan. Biasanya, surat pengunduran diri diserahkan jauh hari atau beberapa waktu sebelum hari terakhir Anda bekerja di kantor. Dalam surat tersebut juga tercantum tanggal terakhir Anda bekerja, sehingga perusahaan bisa mengatur rencana rekrutmen atau strategi lain untuk mengisi posisi Anda di perusahaan.

Kedua, surat pengunduran diri berfungsi memberikan informasi yang jelas mengenai status pekerjaan. Dalam surat tersebut biasanya Anda perlu menjelaskan bahwa tugas atau pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda sudah selesai dikerjakan. Ini juga menegaskan bahwa Anda sudah tidak memiliki sangkut paut dengan urusan perusahaan sejak hari terakhir Anda bekerja.

Terakhir, surat pengunduran diri menunjukkan profesionalitas. Saat Anda mulai bekerja tentu diawali dengan penandatanganan kontrak dan surat persetujuan lainnya. Sehingga, saat Anda ingin keluar dari perusahaan sebaiknya dilakukan sesuai prosedur formal yang baik. Jika mengundurkan diri secara sepihak tanpa bukti dokumen resmi, maka ini termasuk sikap tidak profesional yang perlu dihindari.

Format dan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Sebelum menyimak contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan, Anda perlu memahami bagian apa saja yang harus dicantumkan dalam dokumen ini. Dengan memahami format, Anda bisa menyusun surat pengunduran diri dengan jelas dan lengkap. Berikut format surat pengunduran diri yang perlu diketahui:

- Nama kota dan tanggal- Nama perusahaan dan alamat perusahaan- Salam pembuka- Alasan mengapa Anda ingin mengundurkan diri- Mencantumkan tanggal kapan Anda akan mengundurkan diri- Mengucapkan permohonan maaf dan terimakasih- Salam penutup dan tanda tangan

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan (1)

Jakarta, 20 Februari Juni 2020

Kepada Yth,

Kepala PT Jaya Abadi

Di Boulevard Alam Sutera, Tangerang

Dengan Hormat,

Nama : Merry Jaliandi

Departemen : Marketing

Jabatan : Staf Marketing

No Induk Karyawan : 14569385

Dengan surat ini, saya yang merupakan salah seorang karyawan PT Jaya Abadi, ingin mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin melanjutkan bisnis keluarga.

Adapun surat ini dibuat berdasarkan dengan ketentuan yang tertulis pada surat kesepakatan bersama, yang terkait dengan karyawan maupun perusahaan. Serta dibuat berdasarkan dengan undang-undang kerja, dan prosedur hubungan industrial tanpa ada tendensi negatif tersembunyi di dalamnya.

Demikianlah surat permohonan pengunduran ini saya yang dibuat dengan penuh kesadaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Merry Jaliandi

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan (2)

Jakarta, 1 November 2021

Yth.

HRD PT Abadi Nan Jaya

Di Jl. Jupiter, Depok

Dengan Hormat,

Sesuai dengan kebijakan perusahaan yang tercantum dalam PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) mengenai kewajiban karyawan untuk mengutarakan keinginan untuk mengundurkan diri 1 bulan sebelum pengunduran diri, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ismail Marzuki

NIK : 12456943201929

Departemen : Teknologi Informasi

Jabatan : Senior Software Engineer

bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Abadi Nan Jaya sebagai Senior Software Engineer. Terhitung 30 hari sejak surat ini dibuat, yaitu 1 November 2021, hari terakhir saya di PT Abadi Nan Jaya adalah tanggal 1 Desember 2021. Alasan saya untuk melakukan pengunduran diri ini adalah karena saya mendapatkan offer yang lebih menjanjikan untuk membesarkan keluarga saya.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT Abadi Nan Jaya atas kesempatan yang diberikan selama 2 tahun ini. Permohonan maaf juga saya ucapkan kepada jajaran pimpinan dan kolega saya apabila saya berbuat salah, baik disengaja atau tidak.

Demikian surat ini saya buat dan serahkan dengan sadar dan tanpa paksaan pihak manapun. Semoga dapat diterima oleh Ibu. Jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan bagi Ibu, saya mohon maaf.

Hormat saya,

Ismail Marzuki

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan (3)

Jakarta, 8 Januari 2021

Kepada Yth.

(Jabatan Kepala)

(Nama pemilik jabatan kepala)

Di Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (nama Anda), bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan) sebagai karyawan per tanggal 8 Desember 2019 dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di (nama perusahaan), dan juga saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan) jika terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu (nama perusahaan) dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Tanda Tangan)

(Nama Lengkap)

Penulis: Ayu Isti

Sumber: Merdeka.com

Loading