Sukses

Biar Terlihat Tetap Segar, Ini 5 Cara Merawat Jok Kulit dan Sintetis

Otosia.com Salah satu cara menjaga kenyamanan saat berkendara adalah merawat interior mobil. Menjaga interior sama pentingnya seperti merawat apa yang ada di bawah kap mesin. Semua bagian yang ada di dalam mobil seperti dashboard, karpet, door trim, serta jok mobil perlu mendapat perhatian dan dirawat.

"Jok mobil yang berbahan kulit asli maupun sintetis itu akan cepat lusuh apabila kita tidak merawatnya dengan baik, dan akan mengurangi tampilan dari interior mobil," buka Ahmad, owner Emirate Car Interior.

Menurut dia, merawat jok kulit asli dan sintetis juga dapat mencegah jamur menempel di kursi mobil berbahan kulit. Selain itu membersihkan debu dan kotoran dapat mencegah adanya goresan tipis di jok mobil yang akan menimbulkan abrasi dan mengurangi penampilan jok kulit asli atau sintetis.

Berikut ini tips merawat jok mobil berbahan kulit yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

 

1. Bersihkan interior terlebih dahulu

Sebelum membersihkan jok mobil, sebaiknya membersihkan interior mobil secara keseluruhan. Bisa dengan menggunakan pengki dan sikat yang berbulu lembut untuk menyapu seluruh interior mobil dan lipatan di dalam jok mobil.

"Tapi harus berhati-hati pada jok kulit jangan sampai menggores kulit dengan sengaja. Menyapu jok mobil kulit akan menghilangkan debu dan kotoran di sela-sela sempit, dan juga akan membersihkan kotoran yang menumpuk," terang Ahmad.

 

2. Menggunakan pembersih khusus jok mobil kulit

Gunakan pembersih khusus untuk jok kulit yang tidak membahayakan jika terkena kulit. Bahan kimia yang keras malah akan berdampak buruk bagi kondisi jok kulit, bahkan dapat membuat warna jok memudar.

"Untuk aplikasinya dapat menggunakan kain microfiber bersih yang dicampurkan dengan sedikit pembersih jok kulit dan gosok permukaan dengan lembut dengan hati-hati," imbuh Ahmad.

 

3. Gosok kulit jok dengan perlahan

Jangan membersihkan jok dengan sikat yang berbulu keras atau kaku. Gunakan spons atau sikat gigi yang halus untuk membersihkan jok kulit dipadukan dengan cairan pembersih khusus jok kulit.

Selanjutnya, pemilik mobil dapat mengoleskan cairan pembersih ke seluruh permukaan jok lalu lap kembali menggunakan kain microfiber bersih untuk menghilangkan sisa pembersih dan kotoran.

"Harus dipastikan kain microfiber yang digunakan untuk lap terakhir adalah kain yang berbeda yang digunakan untuk mengoles cairan pembersih jok," paparnya.

 

4. Perhatikan kondisi jok kulit

Setelah dipastikan jok kulit sudah bersih dari kotoran, selanjutnya Anda perlu menggunakan gel kondisioner. Hal ini untuk memastikan kulit jok tetap lembut dan terhindar dari kerusakan seperti pecah-pecah atau mengkerut.

"Sering sekali dilupakan oleh pemilik mobil yang menggunakan Jok kulit maupun sintetis, menggunakan gel kondisioner sangat baik untuk mencegah kerusakan dini," imbuh Ahmad.

 

5. Bersihkan jok secara berkala

Setelah membersihkan dan memastikan jok mobil kulit sudah bersih menyeluruh, hal terakhir yang harus dilakukan adalah merawat secara berkala dan rutin. Lakukan dengan rentang waktu 3-6 bulan, tergantung dari seberapa sering mobil digunakan.

"Kunci untuk menjaga keawetan dari jok mobil kulit asli maupun sintetis adalah merawatnya secara rutin dan berkala. Jika jok mobil dirawat dengan rutin, dapat dipastikan keawetannya dan interior mobil akan selalu terlihat segar dan nyaman," pungkasnya.

Loading