Sukses

Mitsubishi Outlander Sport Terbaru Luncur Bulan September 2022, Usung Mesin Hybrid

Otosia.com, Jakarta Mitsubishi Outlander Sport sempat berjaya di Indonesia beberapa tahun lalu. SUV ini kerap menjadi pesaing sengit Honda HR-V di masanya. Daya tarik Outlander Sport terletak pada tampilannya yang serba gagah dan rasa berkendara nyaman.

Selain kedua keunggulan tersebut, Outlander Sport digadang-gadang sebagai salah satu mobil yang membuat panoramic sunroof populer. Pada dasarnya fitur itu menggantikan porsi atap dengan sebuah kaca besar, guna memberikan kesan mewah dan interior yang luas.

Namun demikian keunggulan dari Outlander Sport di Indonesia rupanya tidak cukup untuk menyelamatkan mobil ini. Sebab menjelang awal tahun lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menyuntik mati Outlander Sport.

 

Sebelum GIIAS 2022

Model baru

Namun baru-baru ini tersiar kabar bahwa Mitsubishi tengah menyiapkan Outlander Sport terbaru.

Mengutip situs auto.cz, Selasa (27/7/2022), hal ini diungkapkan oleh Marek Vodička, Marketing and PR Manager of Mitsubishi Czechia pada saat Mitsubishi ASX berhenti dijual di Ceko. Mitsubishi ASX adalah sebutan lain untuk Outlander Sport di beberapa negara.

Ia menjelaskan bahwa versi terbaru dari SUV itu dijadwalkan debut tahun depan. "Sangat positif, kami tahu bahwa ASX terbaru akan meluncur di awal tahun 2023," ujar Vodicka saat ditanya kapan Mitsubishi ASX terbaru meluncur.

Kendati demikian informasi terkait spesifikasi Outlander Sport terbaru masih sangat terbatas. Belum diketahui mesin dan platform apa yang akan digunakan.

Ukuran mengecil

Namun tak lama kemudian teka-teki spesifikasi SUV itu mulai terungkap. Melansir bestcarweb.jp, Selasa (27/7/2022), Mitsubishi RVR (sebutan Outlander Sport di Jepang) dikabarkan akan tampil publik pada bulan September mendatang dan diluncurkan resmi pada tahun 2023.

Mitsubishi Outlander terbaru juga akan mengusung platform berbeda. Lebih tepatnya platform yang sama dengan Renault Captur. Hal ini berkaitan dengan aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang memutuskan untuk menjadikan Outlander Sport sebagai "kakak kembar" dari Captur.

Dengan demikian Medium SUV ini akan mempunyai dimensi mirip Renault Captur, yakni panjang 4.230 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.590 mm. Sebagai informasi, Outlander Sport sebelumnya mempunyai ukuran panjang 4.365 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.630 mm.

Meski berbagi sasis, Outlander Sport dipastikan mempunyai tampilan berbeda.

Spesifikasi

Selain perbedaan dari segi tampilan, Outlander Sport juga akan dibekali mesin Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Artinya mobil ini bisa digunakan sebagai mobil listrik murni dalam jarak yang terbatas.

Situs itu juga menjelaskan bahwa Outlander Sport terbaru kemungkinan besar tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 1.600cc PHEV E-Tech yang kerap ditemukan pada beragam mobil-mobil terbaru Renault.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 160 hp dengan torsi 144 Nm. Dengan adanya baterai berukuran 9.8 kWh, mobil ini diprediksi bisa melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 10.1 detik dan bisa berjalan dalam mode listrik murni sejauh 48 kilometer.

Pilihan lainnya adalah mesin 2.400cc PHEV yang ditemukan pada Mitsubishi Outlander PHEV. Jantung pacu itu menyemburkan tenaga sebesar 166 hp dan torsi 220 Nm, dipadu dengan motor listrik berdaya 80 hp dengan torsi 137 Nm. Versi ini diklaim bisa digunakan sejauh 54 km dalam mode elektrik,

Belum diketahui apakah Outlander Sport terbaru akan masuk pasar Indonesia atau tidak.

Outlander Sport Indonesia

Pada masa jayanya, Mitsubishi Outlander bersaing keras dengan Honda HR-V, Nissan Juke, Suzuki SX4 S-Cross, Hyundai Tucson, KIA Sportage dan Mazda CX-3.

Tipe PX merupakan varian termahal dengan spesifikasi terlengkap, seperti panoramic sunroof, keyless entry dengan tombol start stop, jok kulit, armrest depan dan belakang, AC otomatis, MID full color, memiliki paddle shifts, rem belakang cakram, dual airbags, sensor parkir belakang dan ABS.

Medium SUV ini dibenamkan mesin 2.000cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 150 PS dan torsi puncak 197 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Loading