Sukses

Harga Sama, Pilih Mazda 2 Sedan atau Versi Hatchback?

Otosia.com, Jakarta PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) meluncurkan All New Mazda 2 sedan Selasa (26/7/2022). Mobil ini menjadi pelengkap lini Mazda 2 di Indonesia yang sebelumnya hanya diisi oleh varian hatchback.

Mazda 2 sedan generasi kedua sempat diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2010 silam. Namun volumen penjualan tidak seperti yang diharapkan.

Tipe sedan ini diperkenalkan sebagai alternatif bagi konsumen yang meminang Mazda 2, namun ingin tampil berbeda. Yang menarik, varian sedan ini memiliki banderol yang sama dengan harga model hatchback.

Tanpa adanya selisih harga diantara kedua model tersebut, lantas apa yang menjadi mendasar dari perbedaan versi sedan dan hatchback?

Video Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Secara tampilan Mazda 2 sedan mengadopsi bahasa desain hatchback dengan tambahan "buntut" di belakang. Artinya Mazda 2 sedan memiliki tambahan ruang bagasi di belakang sehingga lebih praktis.

Berdasarkan spesifikasi, bagasi pada Mazda 2 sedan mempunyai kapasitas 440 liter. Angka tersebut lebih tinggi dibanding hatchback yang hanya menyediakan ukuran bagasi sebesar 250 liter.

Selain adanya pengingkatan daya tampung barang, pada sektor buritan memiliki tampilan yang khas, melalui desain lampu pipih dan desain bumper belakang baru.

Selebihnya versi sedan ini tidak memiliki perbedaan signifikan dibanding Mazda 2 hatchback. Keduanya mengusung tampilan facelift yang mendapatkan lampu depan pipih, desain bumper berbeda, mempertahankan grill khas Mazda berbahasa desain "KODO", serta pelek multispoke berukuran 16 inci.

Interior

Kesamaan desain juga berlanjut ke dalam interiornya. Mazda 2 sedan maupun hatchback mempunyai konsep wujud yang sama, seperti tachometer di tengah masih analog, ada Active Driver Display di atas speedometer dan head unit sudah tersambung dengan sistem MZD Connect.

Yang berbeda pada versi sedan terletak pada penggunaan bahan jok. Setiap kursi di Mazda 2 sedan sudah dilapisi bahan kulit, di mana bagian dalamnya berbalut Alcantara. Bahan tersebut membuat interior terasa lebih mewah, terutama dengan adanya kombinasi gradasi warna dari hitam, abu-abu dan putih.

Selain itu tipe ini juga mendapatkan fitur wireless charging yang mempermudah proses pengecasan handphone tanpa diperlukan kabel. Dengan demikian kabin terasa lebih lapang dan pengemudi bisa lebih fokus berkendara.

Fitur keselamatan

Mazda 2 sedan dan hatchback juga mirip dari sisi fitur keselamatan yang ditawarkan.

Kedua mobil entry level dari lini produk Mazda ini tersedia dengan ABS, EBD, BA, Traction Control System (TCS), Dynamic Stability Control (DCS), Hill Launch Assist (HLA), kamera mundur dan sensor parkir belakang secara standar.

Adapun peranti keselamatan aktif i-Activesense yang bisa mendeteksi kendaraan di sekitar mobil, seperti Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) juga menempel pada kedua model ini.

Yang berbeda pada versi sedan terletak pada jumlah airbags di mobil. Mazda 2 sedan tersedia dengan jumlah 6 airbags yang mencakup area dasbor, samping jok depan dan curtain di samping atas kepala penumpang.

Sementara Mazda 2 hatcback hanya mendapatkan sepasang airbags di area dasbornya saja.

Performa

Jika di beberapa aspek kedua varian Mazda 2 mempunyai perbedaan, lain halnya dengan performa. Mazda 2 model hatchback dan sedan mengusung kombinasi dan setingan mesin yang sama.

Artinya Mazda 2 disematkan jantung pacu 1.500cc Skyactiv-G naturally aspirated yang menghasilkan output 111 PS dan torsi 144 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks otomatis 6 percepatan.

Mesin ini juga dilengkapi fitur Idling Start Stop (ISS). Peranti ini secara otomatis mematikan mesin pada saat mobil dalam kondisi stasioner, guna menghemat bahan bakar. Mesin dihudupkan kembali cukup dengan menekan pedal gas.

Kedua tipe Mazda 2 ini sama-sama dibanderol Rp 338,8 juta on the road Jakarta.

Loading