Sukses

Suzuki Swift Terbaru Terciduk Sedang Tes Jalan, Meluncur Tahun Depan

Otosia.com, Jakarta Suzuki Swift sempat berjaya di Indonesia. Mobil ini pertama kali diboyong ke tanah air pada tahun 2004 dan 2012 untuk generasi keduanya.

Sementara generasi ketiga dari lini Suzuki Swift tidak masuk ke Indonesia. Posisi Swift digantikan oleh Suzuki Baleno hatchback buatan India, lantaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menilai mobil tersebut lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.

Suzuki Swift generasi ketiga sudah dijual sejak tahun 2016 di Jepang. Dengan kata lain mobil ini sudah cukup lama mengaspal secara global dan sudah layaknya menerima penyegaran total.

Sebelum GIIAS 2022

Model baru

Melansir motor.es, Kamis (28/7/2022), sebuah mobil hatchback berkelir kamuflase ditemukan sedang “mondar-mandir” di sekitar jalanan Eropa Selatan.

Meski belum dikonfirmasi secara langsung, diduga kuat sebagai Suzuki Swift terbaru. Beberapa indikasinya terlihat dari desain mendasar yang menyerupai Suzuki Swift, terutama dari bentuk atapnya.

Suzuki Swift terbaru akan menerima banyak perubahan dari segi desain, mulai dari grill dan bumper depan, hingga sektor buritan dan lampu belakang. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahasa desain terbaru Suzuki untuk model-model terbarunya.

Teknologi hybrid

Selain mengusung tampilan baru, New Suzuki Swift hanya akan tersedia dengan mesin bensin dan hybrid. Opsi mesin yang kedua berpotensi mengusung dua tipe hybrid yang berbeda.

Pertama adalah teknologi Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV) yang menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) dan batera lithium-Ion, seperti yang digunakan pada Suzuki Ertiga hybrid di Indonesia.

Pilihan hybrid lainnya mencakup sistem full hybrid seperti yang ditemukan di Suzuki Grand Vitara terbaru. SUV itu dibenamkan jantung pacu 1.500cc atkinson cycle berkode M15A-FXE yang menghasilkan tenaga sebesar 92.4 hp dan torsi 122 Nm.

Setiap pilihan mesin Suzuki Swift dikabarkan akan menyalurkan tenaganya ke roda depan (FWD) atau setiap roda (AWD) melalui transmisi manual atau girboks otomatis bertipe CVT.

Suzuki Swift terbaru diprediksi akan meluncur tahun depan.

Suzuki Baleno

Selain Swift terbaru, Suzuki juga diketahui tengah menyiapkan versi terbaru dari Suzuki Baelno hatchback di Indonesia.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh salah satu tenaga penjual diler Suzuki di area Jakarta Timur. Sama seperti S-Presso, Suzuki Baleno terbaru sudah bisa dipesan. Namun pada saat itu harga mobil itu belum diketahui.

"Iya, Baleno facelift juga," ungkap tenaga penjual diler Suzuki tersebut kepada Otosia.com, saat ditanyakan soal pemesaan Baleno facelift, Selasa (12/7/2022).

Harga Baleno terbaru

Memasuki akhir bulan Juli 2022, harga Suzuki Baleno facelift bocor. Informasi harga mobil disampaikan salah satu tenaga penjual Suzuki di area Jabodetabek.

Suzuki Baleno facelift akan tersedia dalam dua model. Pertama adalah Baleno bertransmisi manual yang dijual Rp 262 juta, lalu pilihan lainnya adalah Baleno matic dengan harga Rp 274,9 juta.

Harga tersebut naik sekitar 8-10 jutaan dibanding Baleno yang dijual saat ini, yakni Rp 252,9 juta untuk tipe manual atau Rp 266,5 juta untuk Baleno dengan girboks otomatis..

Tenaga penjual itu juga mengungkapkan bahwa dilernya sudah membuka keran pemesanan dengan DP minimal Rp 25 juta. Unit yang dipesan akan diantar ke customer pada bulan Agustus mendatang.

Yang menarik Suzuki Baleno model lama diam-diam hilang dari situs Suzuki Indonesia. Boleh jadi menandakan New Baleno akan segera meluncur.

Loading