Sukses

Cari Sedan Eropa Bekas Seharga Rp 100 Jutaan? Ini Pilihannya

Otosia.com, Jakarta Segmen mobil sedan masih kalah pamor dibanding MPV dan SUV di Indonesia. Namun demikian kategori ini mempunyai pasar tersendiri yang bisa dibilang cukup setia dengan pilihan mobil sedan.

Mobil sedan memberikan gambaran kendaraan yang mewah dan nyaman. Bodi yang rendah membuat mobil minim mengalami gejala body roll dan meningkatkan rasa berkendara.

Terlebih lagi apabila sedan tersebut datang dari Eropa. Selain memiliki harga yang lebih tinggi dibanding sedan-sedan dari Jepang, sedan Eropa kerap dikenal mengutamakan kenyamanan dan build quality premium.

Namun demikian, harga sedan Eropa baru masih sangat tinggi. Tidak jarang sedan buatan BMW atau Mercedes-Benz versi termurah sekalipun dibanderol di atas Rp 700 juta.

Lantas, bagi para peminang sedan premium dengan dana terbatas bisa melirik ke pasar mobil bekas. Selain bervariasi, banyak model yang bisa dipinang dengan harga sekitar Rp 100 jutaan.

Berikut pilihannya:

 

1.   BMW 3 Series E46 (Tahun 2004 dan sebelumnya)

Pertama adalah BMW 3 Series E46. Generasi keempat dari lini produk BMW Seri 3 ini bisa dipinang dengan Rp 80-120 jutaan. Harga tersebut cukup untuk membeli varian 318i, atau versi entry level di masanya.

Sedan ini bisa dibilang menjadi salah satu sedan khas BMW di masanya. Pada generasi E46, BMW mengusung tampilan baru yang menjadi basis untuk Seri 3 kedepannya, seperti sepasang lampu bulat di depan dan bentuk bodi yang membulat.

Versi 318i dibekali mesin 2.000cc empat silinder dengan output 141 hp dan torsi 200 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui dengan pilihan transmisi manual ataupun matic.

2.   BMW 5 Series E39 (Tahun 2003 dan sebelumnya)

Berikutnya adalah BMW 5 Series E39. Mobil ini cocok bagi yang meminang BMW 3 Series E46, namun membutuhkan mobil yang lebih besar dengan mesin yang lebih bertenaga. Sedan ini bisa dipinang dengan harga Rp 90-120 jutaan, tergantung kondisi dan tipe.

Di berbagai situs jual beli mobil bekas, harga tersebut cukup untuk membeli varian 528i. Versi ini terbilang spesial, lantaran mengusung mesin 2.800cc enam silinder yang menghasilkan tenaga 190 hp dan torsi 280 Nm.

Selain itu, varian ini juga tergolong lengkap dari sisi fitur kenyamanan. BMW 528i E39 sudah disematkan AC dual zone, jok kulit dan dua kursi depan sudah elektrik.

3.   Mercedes-Benz E200 W211 (Tahun 2005 dan sebelumnya)

Ketiga adalah Mercedes-Benz E200 W211 atau generasi ketiga dari lini produk E-Class. Mobil ini tampil khas di kelasnya melalui desain yang serba sleek dan smooth, minim tarikan garis tajam.

Jumlah Mercedes-Benz E-Class W211 sebenarnya cukup banyak di Indonesia. Namun dengan dana Rp 90-120 jutaan, versi yang bisa dipinang terbatas menjadi model E200.

Meski menjadi versi terjangkau di masanya, Mercedes-Benz E200 W211 tetap dibekali berbagai fitur-fitur modern. Sebagai contoh kursi depan sudah elektrik, AC dual zone, ada MID di speedometer dan sudah dilengkapi Electronic Stability Programme (ESP).

4.   Volvo S80 (generasi pertama hingga tahun 2007)

Terakhir adalah Volvo S80 generasi pertama. Mobil yang kerap dikenal sebagai “tank swedia” ini kerap ditemukan di pasar mobil bekas dengan harga sekitar Rp 70-120 jutaan, tergantung pada kondisi dan tahun produksi.

Sama seperti Mercedes-Benz E-Class W211, Volvo S80 mengusung tampilan sederhana dan berwibawa. Sedan ini lebih mengutamakan rasa kenyamanan saat berkendara, dibanding handling dan sporty driving.

Mobil ini tersedia dengan berbagai pilihan mesin. Paling umum di Indonesia adalah jantung pacu 2.900cc enam silinder dengan semburan tenaga 196 PS dan torsi 280 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis.

Loading