Sukses

Honda BR-V Meluncur di Thailand, Apa Bedanya dengan Versi Indonesia?

Otosia.com, Jakarta Honda BR-V saat ini menjadi pilihan termurah dari line up SUV PT Honda Prospect Motor (HPM). Mobil ini memasuki generasi keduanya menjelang bulan September tahun lalu dan mengumumkan harga resminya di GIIAS 2021.

Honda BR-V generasi kedua mengusung tampilan berbeda. SUV ini telah dirancang secara ground up menjadi produknya tersendiri, dibanding model sebelumnya yang berbagi basis dengan Honda Mobilio.

BR-V di Indonesia menjadi salah satu produk unggulan Honda di segmen SUV 7-seater. Mobil ini turut diekspor ke beberapa negara lain mulai dari negara-negara ASEAN hingga kawasan Karibia.

“All New Honda BR-V akan dikirim ke 29 negara, terutama negara-negara Caribbean. Mobil yang diekspor sudah mempunyai konten lokal 80%. Maka mobil yang diekspor adalah produk Indonesia,” ujar Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agung Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu.

Sebelum GIIAS 2022

Masuk Thailand

Namun baru-baru ini BR-V juga diluncurkan di negara Negeri Gajah Putih. Melansir paultan.org, Jumat (29/7/2022), di Thailand, BR-V merupakan SUV terbaru setelah All New HR-V.

Ada dua model yang ditawarkan. Pertama adalah tipe E sebagai pilihan entry level, lalu EL yang diposisikan sebagai varian termahal layaknya BR-V Prestige di Indonesia.

Honda BR-V yang diperkenalkan di Thailand sekilas tidak memiliki perbedaan dengan model yang dijual di Indonesia. Mobil itu masih mengusung desain serba gagah dan modern dengan model pelek yang serupa.

Secara spesifikasi, tipe E mempunyai ukuran pelek 16 inci single tone, sementara BR-V EL dipasangkan pelek lebih besar berukuran 17 inci dan berwarna two tone. Setiap model juga sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED.

Yang berbeda, BR-V tipe E di negeri gajah putih belum dilengkapi lampu kabut seperti BR-V yang dijual di Indonesia.

Interior dan keselamatan

Kesamaan spesifikasi berlanjut ke dalam interiornya. BR-V versi Thailand memiliki desain kabin yang sama dengan mobil yang dijual di Indonesia.

BR-V Thailand tetap mengusung desain dasbor baru mirip kepunyaan Honda Amaze, interior didominasi warna hitam, jok kulit, speedometer dengan MID TFT 4.2 inci, head unit yang bisa terkoneksi ke handphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay, serta AC digital otomatis.

Namun satu perbedaan minor pada BR-V di Thailand, yakni adanya paddle shifts di balik setir untuk mensimulasikan pergantian gigi.

Perbedaan lainnya terletak pada paket keselamatan yang ditawarkan. Peranti canggih Honda Sensing sudah disematkan untuk setiap model di Thailand. Sementara teknologi itu baru tersedia di tipe termahal BR-V Prestige di Indonesia.

Dengan kata lain, setiap BR-V di Thailand sudah dibekali teknologi keselamatan canggih seperti Lane Keep Assist, Collision Mitigation Braking System, Auto High Beam, serta Adaptive Cruise Control.

Performa

Honda BR-V di Thailand memboyong mesin yang sama seperti BR-V di Indonesia. Artinya setiap BR-V di negeri gajah putih dibekali mesin 1.500cc naturally aspirated DOHC i-Vtec dengan semburan tenaga sebesar 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum di angka 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin ini juga ditemukan pada Honda HR-V non-RS dan pada City hatchback maupun sedan.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi CVT. Namun di Indonesia, SUV yang sama tersedia dengan pilihan girboks manual 6 percepatan untuk tipe menengah ke bawah seperti BR-V model S atau E.

Harga

Untuk harga, BR-V versi Indonesia dipasarkan dengan harga lebih murah. HPM menawarkan LSUV tersebut mulai dari Rp 281,1 juta untuk tipe termurah S, sedangkan varian terlengkap BR-V Prestige with Honda Sensing dijual Rp 348,6 juta.

Di Thailand BR-V model E bisa dipinang pada angka 930.000 Baht atau Rp 380,1 juta (dengan kurs 1 Baht= Rp 408,73), sementara top of the line EL ditawarkan dengan harga 980.000 Baht atau Rp 400,5 juta.

Berikut perbandingan harga Honda BR-V di Thailand dan Indonesia:

Thailand

BR-V E 930.000 Baht atau Rp 380, 1 jutaBR-V EL 980.000 Baht atau Rp 400,5 jutaIndonesia

BR-V S M/T Rp 281,1 jutaBR-V E M/T Rp 295,3 jutaBR-V E CVT Rp 305,3 jutaBR-V Prestige CVT Rp 327,6 jutaBR-V Prestige CVT Honda Sensing Rp 348,6 juta

Loading