Sukses

Wuling Asta Lawan Baru HR-V dan Creta, Ada Varian Hybrid

Otosia.com, Jakarta PT Wuling Motors Indonesia menawarkan beragam produk menarik di Indonesia, mulai dari mobil keluarga hingga mobil listrik mungil. Namun untuk kelas SUV, merek itu hanya menawarkan Almaz.

Wuling Almaz dikategorikan sebagai Medium SUV yang berhadapan dengan Honda CR-V, Mazda CX-5 dan VW Tiguan Allspace.

Untuk kelas compact SUV seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, Wuling sebenarnya mempunyai produk di segmen ini, yakni Wuling Xingchen atau dikenal secara global dengan nama Wuling Asta.

Sebagai gambaran Wuling Xingchen mempunyai panjang 4.594 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.740 mm.

Sebelum GIIAS 2022

Eksterior

Mengutip carnewschina.com, Jumat (29/7/2022), Wuling Xingchen memiliki bahasa desain yang cukup berbeda dengan Almaz. Bodi luar mempunyai beberapa tarikan garis, namun tidak seagresif Almaz. Hal ini membuat tampilan Xingchen lebih minimalis dan mewah.

Situs itu menjelaskan bahwa Wuling Asta dihadirkan untuk untuk memikat konsumen berusia muda.

Ada berbagai fitur menarik pada eksteriornya, di antaranya bentuk DRL yang menyambung ke grille, pelek lima palang bermotif kipas ukuran 18 inci, warna two tone, dan housing lampu kabur depan yang mirip dengan bentuk reflector di belakang.

Interior

Bagian interior SUV ini mengadopsi desain minimalis dan modern, sama seperti eksteriornya. Dasbor terlihat clean berkat adanya garis memanjang dari sisi penumpang sampai bagian tengah. Bahkan tombol-tombol AC dibuat menyatu dengan dasbor, menjaga tampilan minimalis tersebut.

Interiornya didominasi oleh campuran warna hitam dan putih. Warna hitam mengkilap berkat penggunaan piano black pada beberapa bagian interior, seperti pada lis AC dan konsol tengah. Sementara warna putihnya menyebar pada bagian jok hingga doortrim, namun untuk varian tertinggi ada pilihan warna beige.

Untuk kenyamanan, Wuling Asta sudah dilengkapi speedometer full LCD, head unit 10.25 inci (8 inci untuk varian bawah), panoramic sunroof, AC dual zone otomatis, jok dan rem parkir elektrik, serta ada power back door.

Pilihan mesin

Wuling Asta tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 1.500cc turbo berkode LJO dengan semburan tenaga sebesar 149 hp dan torsi maksimal 250 Nm. Transmisi yang dipakai adalah manual enam pecepatan untuk varian termurah, sedangkan model teratas menggunakan CVT.

Pilihan lainnya adalah mesin Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang diperkenalkan baru-baru ini. Dapur pacu ini berkapasitas 2.000cc naturally aspirated yang menghasilkan output 135 hp dan torsi 320 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dan baterai lithium-ion ternary. Versi ini diklaim bisa melejit dari 0-100 km/jam dalam waktu 7.8 detik dan bisa menempuh jarak sejauh 1.000 km.

Harga

Wuling Xingchen dibanderol mulai dari 69.800 yuan atau Rp 154 jutaan (dengan kurs 1 yuan = Rp 2.205,54) untuk varian mesin bensin. Sementara versi hybrid diprediksi dijual mulai harga 90.000 yuan atau Rp 198,5 jutaan.

Wuling Asta pertama diperkenalkan di Tiongkok tahun lalu, namun belum memiliki mesin hybrid. Sedangkan varian yang lebih ramah lingkungan ini baru akan debut di pertengahan bulan Agustus 2022 mendatang.

Loading