Sukses

Suzuki Punya MPV Kembaran Toyota Voxy, Tampangnya Sama Keren

Otosia.com, Jakarta Toyota Voxy dikenal sebagai MPV premium berbodi boxy di Indonesia. MPV tersebut mengalami pergantian model secara menyeluruh menjelang awal tahun ini, mulai dari sasis baru hingga penyematan teknologi terkini.

Sebagai contoh, MPV ini sudah mengusung sasis dari platform Toyota New Global Architecture (TNGA), mesin baru yang lebih bertenaga dan efisien, serta disematkan peranti keselamtan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Peluncuran Voxy secara global dilakukan bersamaan dengan Toyota Noah, kembaran Voxy yang hanya dijual di Jepang. Namun di luar merek Toyota, kedua MPV boxy itu juga menjadi basis untuk mobil baru. 

Sebelum GIIAS 2022

Suzuki Landy

Kembaran dari Toyota Noah dan Voxy ditemukan pada lini produk mobil penumpang Suzuki di Jepang. Melansir suzuki.co.jp, Jumat (29/7/2022), merek berlogo ‘S’ tersebut baru-baru ini memperbarui Suzuki Landy dengan bentuk menyerupai Toyota Noah.

Perubahan ini terbilang cukup unik, lantaran model sebelumnya menggunakan basis dari Nissan Serena C27.

Suzuki Landy sekilas terlihat sebagai versi cut down dari Toyota Noah. Suzuki Landy mengusung desain bodi yang sama persis dengan kembarannya dari Toyota, namun belum disematkan beberapa aksesori dan terlihat lebih sederhana.

Beberapa nuansa kemewahan Toyota Noah termahal, seperti grill dengan warna kontras, lampu kabut, aksen-aksen krom, bodykit yang lebih sporti dan pelek model kipas berwarna two tone seluruhnya absen di Suzuki Landy.

Pada dasarnya mobil ini mempunyai tampilan Toyota Noah dengan posisi model menengah ke bawah, dan tidak adanya lampu kabut.

Interior

Konsep yang serupa juga diterapkan pada interio. Meski mempunyai bentuk interior yang sama seperti Voxy dan Noah, banyak bagian maupun fitur mengalami downgrade.

Sebagai contoh speedometer Suzuki Landy masih analog, bahan jok masih berbalut kain, head unit bawaannya berukuran lebih kecil dan tidak tersedia dengan fitur ottoman seperti captain seat di Noah maupun Voxy termahal di Jepang.

Yang berbeda dengan Voxy lokal adalah kursi baris kedua bisa dipilih dengan mode non-captain seat yang lebih praktis. Bahkan Suzuki menunjukkan kursi tersebut bisa dibuat rebah untuk dijadikan tempat tidur.

 

Keselamatan

Layaknya mobil-mobil penumpang di Jepang, Suzuki Landy sudah dilengkapi peranti keselamatan aktif. Suzuki menyebut peranti keselamatannya sebagai “Safety Sense” dan tersedia di setiap model.

fiturtersebut kurang lebih mirip seperti TSS milik Toyota, namun dengan nama yang sedikit berbeda.

Suzuki Landy sudah dibekali Pre-Collision System (PCS), Lane Trace Assist (LTA), Lane Departure Assist (LDA), Auto High Beam (AHB), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Sign Assist (RSA) dan sebagainya.

Fitur keselamatan lainnya mencakup 6 airbags, ABS, EBD, Traction Control (TC) dan Hill Start Assist (HSA).

Performa

Suzuki Landy tersedia dengan dua pilihan mesin di Jepang. Pertama adalah jantung pacu 2.000cc naturally aspirated berkode M20A-FKS yang menghasilkan tenaga 170 PS dan torsi puncak 202 Nm.

Pilihan berikutnya adalah mesin 1.800cc hybrid berkode 2ZR-FXE yang menyemburkan tenaga 98 PS dan torsi 142 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan motor listrik dengan daya pacu 72 PS dan torsi 162 Nm.

Kedua dapur pacu tersebut menyalurkan tenaga dari mesin ke roda depan (FWD) atau setiap roda (AWD) melalui girboks CVT.

 

Harga

Untuk harga, Suzuki Landy dibanderol mulai dari 3.406.400 Yen atau Rp 346,9 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 111,68) hingga 3.697.100 Yen atau sekitar Rp 412,9 juta.

Berikut rincian lengkap harga Suzuki Landy di Jepang:

Suzuki Landy G

  1. 2WD 3.406.400 Yen atau Rp 346,9 juta
  2. 4WD 3.327.500 Yen atau Rp 371,6 juta

Suzuki Landy G Hybrid

  1. 2WD 3.450.700 Yen atau Rp 385,3 juta
  2. 4WD 3.697.100 Yen atau Rp 412,9 juta 
Loading