Sukses

Kurang Laku di Indonesia, Wagon R Justru Muncul Lagi dengan Tampilan Lebih Keren

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tahun lalu menyuntik mati Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia. Salah satu alasan mengapa mobil ini berhenti diproduksi berkaitan dengan fokus Suzuki untuk mengembangkan teknologi hybrid dan elektrifikasi secara lokal.

"Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi," ujar Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia dalam kesempatan lalu.

Suzuki Wagon R di Indonesia disebut-sebut digantikan oleh Suzuki S-Presso. Debut mobil mungil bergaya SUV ini dikabarkan akan berlangsung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 Agustus 2022 mendatang.

 

Sebelum GIIAS 2022

Wagon R Jepang

Berbeda dengan Indonesia, Nama Wagon R di Jepang tetap digunakan hingga saat ini. Wagon R diposisikan sebagai Kei Car mungil berbodi mengotak dengan mesin berkapasitas 660cc.

Bahkan baru-baru ini, Suzuki Wagon R menerima pembaruan di negeri matahari terbit. Melansir suzuki.co.jp, Rabu (3/8/2022), Suzuki Wagon R baru saja mendapatkan facelift, sekaligus memperkenalkan model baru.

Kei Car ini sekarang tersedia dengan tiga pilihan model, yakni Wagon R, Wagon R Stingray dan yang terbaru adalah Wagon R Custom Z. Tipe terakhir diposisikan sebagai model di antara Wagon R dengan desain sederhana dan Wagon R Stingray sebagai opsi top spek.

Eksterior

Dari ketiga Wagon R, perbedaan paling mencolok terletak pada bagian eksterior, lebih tepatnya fascia depan. Wagon R mempunyai tampang paling sederhana, di mana bentuk mobil cenderung simper dan discreet.

Lalu Wagon R Custom Z mempertegas tampilan dengan wajah yang lebih sporti, bodykit lebih agresif, serta spoiler kecil di belakang. Wagon R Stingay pada dasarnya versi paling sporti di antara Wagon R, bahkan mempunyai pelek dengan warna two tone.

Setiap model sudah dilengkapi lampu-lampu pencahayaan LED, antenna short pole di bagian kiri belakang mobil, serta keyless entry untuk mempermudah keluar-masuk mobil.

Interior

Bagian interior setiap tipe tidak memiliki perbedaan. Setiap Wagon R disematkan dasbor bertingkat serba praktis dengan banyak tempat penyimpanan. Adapun letak speedometer analog di tengah dan panel AC otomatis sudah digital.

Selain itu, setiap varian bisa dipinang sebagai model audioless. Versi ini tidak disematkan head unit ataupun sistem audio. Dengan demikian, pemilik bisa memodifikasi bagian tersebut, sesuai kebutuhan dan keinginan sendiri.

Perbedaan dari sisi interior terletak pada corak warna yang digunakan. Wagon R paling mencolok, lantaran model ini mempunyai kabin berwarna beige, mulai dari setir hingga ke kursi.

Sementara Wagon R Custom Z dan Wagon R Stingray sama-sama mempunyai interior dibalut warna hitam secara menyeluruh. Yang berbeda adalah warna aksen panel di sekitar ventilasi AC dan power window, di mana Custom Z berwarna coklat dan Stingray berkelir biru keunguan.

Keselamatan

Peranti keselamatan Suzuki Wagon R di Jepang terbilang komplet, seperti adanya Hill Hold Control, Electronic Stability Programme, ABS, EBD, kursi sudah ISOFIX, serta jumlah airbags ada 6 buah.

Lebih dari itu, Suzuki juga menyematkan peranti keselamatan aktif bernama “Suzuki Safety Support”. Layaknya fitur keselamatan canggih lainnya, peranti ini menggunakan beragam sensor di sekitar mobil untuk mencegah terjadinya benturan ataupun kecelakaan.

Suzuki Safety Support mencakup fitur seperti Lane Keep Assist, Adaptive Radar Cruice Control, Collision Mitigation Braking System, Auto High Beam, Rear Cross Traffic Alert dan Kamera 360.

Performa

Suzuki Wagon R tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah jantung pacu 658cc naturally aspirated tiga silinder berkode R06A. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 49 PS dan torsi 58 Nm.

Sementara pilihan lain adalah mesin yang sama, namun dipasangkan turbo. Tambahan peranti ini meningkatkan performa Wagon R menjadi 64 PS dengan torsi puncak di kisaran 95 Nm.

Setiap pilihan mesin bisa dikawinkan dengan sistem mild hybrid. Motor listrik dan baterai 10Ah bawaannya menambahkan tenaga sekitar 3.1 PS dan torsi sebesar 50 Nm.

Setiap model Suzuki Wagon R menggunakan transmisi CVT dan konfigurasi penggerak roda depan (FWD) atau setiap roda (AWD). Namun Wagon R Stingray hanya tersedia dengan mesin turbo hybrid, sementara Wagon R trim terendah memiliki opsi girboks manual 5 percepatan.

Harga

Berikut daftar harga Suzuki Wagon R di Jepang dengan kurs 1 Yen = Rp 111,44:

  • Wagon R FX

2WD 5MT 1.217.700 Yen atau Rp 135,7 juta

2WD CVT 1.219.900 Yen atau Rp 135,9 juta

4WD 5MT 1.340.900 Yen atau Rp 149,4 juta

4WD CVT 1.343.100 Yen atau Rp 149,6 juta

  • Wagon R Hybrid FX-S

2WD CVT 1.386.000 Yen atau Rp 154,4 juta

4WD CVT 1.509.200 Yen atau Rp 168,1 juta

 

Wagon R Custom Z

  • Hybrid ZX

2WD CVT 1.474.000 Yen atau Rp 164,2 juta

4WD CVT 1.597.000 Yen atau Rp 177,9 juta

  • Hybrid ZT

2WD CVT 1.633.500 Yen atau Rp 182 juta

4WD CVT 1.756.700 Yen atau Rp 195,7 juta

Wagon R Stingray

  • Hybrid T

2WD CVT 1.688.500 Yen atau Rp 188,1 juta

4WD CVT 1.811.700 Yen atau Rp 201,9 juta

Loading