Sukses

Kesopanan Seorang Sopir Truk, Tak Bunyikan Klakson dan Tetap Sabar di Belakang Kakek Pesepeda

Otosia.com, Jakarta Sopir truk sering kali berbuat nekat ketika berkendara di jalan raya, ada yang ugal-ugalan hingg ngeblong. Tak ayal aksi seperti ini membuat geram pengguna jalan lainnya.

Namun ada juga sopir truk yang begitu sopan saat berkendara. Seperti yang ditunjukkan pemilik akun TikTok @badahong_24 yang sabar menunggu kakek pesepeda.

Video yang memerlihatkan momen ini sendiri diunggah pada 2 hari lalu. "sopan santun lebih utama🙏😇,sehat trus kanggo mbae," tulisnya.

Video Paling Viral saat Ini

Sabar Menunggu

Awalnya pemilik akun bernama Badahong_ sedang mengendarai truk di jalan yang cukup sempit. Kala itu kondisi lalu lintas dari arah berlawanan macet parah.

Sebenarnya di jalurnya lengang, hanya saja ia memilih berkendara pelan. Tak lain karena tepat di depannya ada kakek-kakek pesepeda yang melaju pelan juga.

Salutya Badahong_ tak membunyikan klakson. Ia begitu sabar mengikuti kakek pesepeda yang tengah membawa muatan tersebut. Ia sendiri baru bisa menyalip saat kakek tersebut turun dari aspal.

"Nurut kamu mbah, ikut kamu nurut," kata perekam video.

Komentar Netizen

Aksi sopan yang ditunjukkan Badahong_ telah disukai lebih dari 9 ribu kali dan mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan kesopanannya.

"Kita lebih menghargai orang beradab dari pada berilmu," tulis ryanjunianto8

"abang lebih sopan dari seorang pendekar , saling menghormati itu penting," jelas Ujar netizen

"menghormati orang lebih tua itu penting," ungkap netizen

"mantaf mazsehh,,sopan santun lebih utama sehat selalu mas," komentar Rizki Ramdhani

"panggah ngalah karo wong tuo masss," tulis washiq

Video

@badahong_24 Membalas @user5187146714127 niki mas😃🙏#supirmuda #drivermuda_punyacerita #drivermudapunyacerita #pilotdarat #penawangangrobogan ♬ suara asli - Badahong_

 

Aksi Sopir Serongkan Busnya untuk Blokade Jalan, Demi Keamanan Ibu-ibu yang Menyeberang

Sering kali penyeberang jalan celaka atau bahkan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Biasanya ini terjadi karena penyeberang berada di area blind spot atau titik buta para pengendara kendaraan.

Demi keamanan penyeberang jalan, sopir bus ini melakukan tindakan terpuji. Ia menyerongkan busnya untuk memblokade jalan demi ibu-ibu yang menyeberang jalan.

Video yang bikin salut ini sendiri diunggah oleh akun Twitter @asmirzakovic pada Kamis (28/7/2022). Berikut kronologi lengkapnya!

Blokade Jalan

Kejadian ini bermula saat sopir tengah mengendarai bus di lalu lintas yang lengang. Kemudian dari kejauhan terlihat ada ibu-ibu yang mendorong sepeda hendak menyeberang jalan.

Posisi si ibu sendiri sudah berada di tengah jalan. Melihat hal itu sopir langsung memelankan lajunya dan nekat menyerongkan bodi busnya hingga memblokade jalan.

Ibu-ibu tadi pun langsung berjalan pelan untuk menyeberang. Berkat aksi si sopir, ibu-ibu tersebut dapat menyeberang dengan aman tanpa takut ditabrak pengendara yang melintas di sisi kiri bus.

Setelah itu sopir bus langsung tancap gas melanjutkan perjalanan.Diketahui bahwa sumber video ini dari grup Haryanto Mania dan dilakukan oleh sopir PO Haryanto unit bus HR 051 Al-I'tirof.

"Sebuah adab di jalan raya yang patut diapresiasi dan ditiru. Melihat ibu-ibu udah nyeberang setengah jalan, driver ini menghentikan busnya. tidak hanya itu, driver juga menyerongkan busnya agar tidak ada pengendara ambil jalur kiri shg membahayakan penyeberang," tulis pemilik akun bernama Tonggone Tentara

Komentar Netizen

Video sopir menyerongkan busnya ini telah disukai lebih dari 5 ribu kali dan mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang salut dengan kebaikan sopir tersebut.

"Sehat teros mbok de, sesok nk ketemu tak doi njenengan mlebu twitter," tulis Si Alan

"Aku pernah gini pas naik motor uda brenti orang nya mau nyebrang eh ada motor nyelonong dari belakang kenceng bgt untung ga nabrak," jelas kholil

"rata rata driver mobil besar atau yg pernah bawa kendaraan besar biasanya lebih beradab ya om. mungkin karena mereka punya rasa bahwa " opo sing mbok tandur, kui bakale sing mbok unduh," ungkap Kanjeng Irvan Taat Pribadi

"Pukulan telak bagi gw yg klo ketemu kendaraan nyebrang setengah jalan gitu malah klakson kenceng ," komentar Ur Starboy

"Yang berhenti dan mendahulukan penyebrang ada banyak, tp yg menyerongkan kendaraan agar tidak ada yg masuk dari kiri ini yg blm pernah kulihat. Salutlah," tulis M. Imam Hidayat

Loading