Sukses

Selain Carens, KIA Siapkan 2 Mobil Listrik Baru di GIIAS 2022

Otosia.com, Jakarta PT Kreta Indo Artha (KIA) akan meluncurkan KIA Carens di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, 11 Agustus besok. Debut MPV itu sering dimunculkan dalam bentuk teaser melalui akun Instagram resmi KIA Indonesia @kia_indonesia.

MPV berbasis KIA Seltos ini pertama kali tampil publik di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022. Pada saat itu KIA masih melihat respon dari masyarakat, terutama terkait fitur-fitur yang ditawarkan.

Penampakan publik KIA Carens juga ditemani oleh KIA Sportage terbaru di waktu yang sama. Namun, tidak seperti Carens, Sportage hanya ditampilkan sebagai display booth.

 

GIIAS 2022

Baru-baru ini, akun yang sama mengunggah sebuah video singkat terkait produk yang ditampilkan di GIIAS 2022. Video tersebut menampilkan teaser terkait dua mobil listrik baru yang akan ditampilkan besok.

Akun Instagram KIA Indonesia juga menyebutkan mobil apa yang akan ditampilkan. Pertama adalah KIA EV6 sebagai kembaran dari Hyundai Ioniq 5 dan All New KIA Niro EV yang baru saja diluncurkan secara internasional di awal tahun ini.

"Di booth Kia, kendaraan elektrik Kia EV6 & Kia Niro EV hadir dan Kia Holics juga bisa melakukan test drive pada event GIIAS 2022," tulis akun tersebut.

 

KIA EV6

KIA EV6 terbilang sebagai highlight dari debut mobil listrik KIA. Sama seperti kembarannya Hyundai Ioniq 5, EV6 mengusung platform E-GMP buatan Hyundai dan dikategorikan sebagai mobil SUV.

KIA EV6 mempunyai tampilan lebih sleek dibanding Hyundai Ioniq 5. Banyak bagian mobil ini memiliki tarikan garis serba membulat, berbeda dengan Ioniq 5 yang bergaya retro. Bentuk khas mobil ini terletak pada lampu belakang serba melengkung sekaligus memanjang.

Crossover ini juga mempunyai spesifkasi lengkap. KIA menyematkan dual panoramic sunroof, AC dual zone, pengecasan super cepat melalui Ultra-fast DC Charging, speedometer berupa layar, head unit lebar dan kursi elektrik dengan lumbar support.

Sektor keselamatan mobil ini pun mumpuni. EV6 sudah dilengkapi teknologi keselamatan aktif yang mencakup fitur seperti Forward Collision Avoidance Assist with Junction Turning Detection, Lane Keep and Following Assist, serta Navigation Based Smart Cruise Control.

 

KIA Niro EV

Mobil berikutnya adalah KIA Niro EV. Sama seperti EV6, Niro EV mengusung bodi SUV dengan desain modern. Ukuran mobil ini lebih kecil dengan dimensi panjang 4.420 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.570 mm.

Dengan kata lain, KIA Niro EV bersaing langsung di segmen yang sama seperti Hyundai Kona Electric.

Yang berbeda, KIA Niro EV terbilang lebih eye catching dengan desain bodi serba berbeda. Sebagai contoh lampu utama mobil ini sekilas diposisikan lebih rendah dibanding mobil-mobil pada umumnya.

Sementara sektor buritan mobil ini lebih menarik dengan adanya lampu LED mirip seperti bentuk boomerang dan panel pilar C besar mempunyai warna berbeda dengan bodi. Sebagai pelengkap, bagian kaki-kaki Niro EV dilengkapi pelek two tone model kembang.

Kelengkapan fitur Niro EV pun tergolong mumpuni. SUV ini mempunyai interior serba mewah dengan beberapa fitur unggulan, di antaranya speedometer digital, AC dual zone, serta KIA Drive Assist seperti pada EV6.

 

Performa

KIA EV6 dirancang seluruhnya sebagai mobil listrik murni. Tipe tertinggi GT disematkan sepasang motor listrik yang menghasilkan tenaga 577 hp dan torsi puncak 740 Nm. Tipe ini bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 3.5 detik saja.

KIA EV6 menawarkan pilihan penggerak roda belakang (RWD) atau setiap roda (AWD). Kapasitas baterai bergantung pada model yang dipilih. Versi Standard Range disematkan baterai berukuran 58 kWh, sedangkan Long Range dan GT mengusung baterai sebesar 77.4 kWh.

Di sisi lain KIA Niro EV dibenamkan baterai berukuran 64.8 kWh dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan tenaga sekitar 201 hp. Baterai SUV ini juga bisa diisi ulang melalui DC fast-charging.

Dengan daya pengecasan di angka 85 kW, baterai Niro EV bisa diisi dari 10-80% dalam waktu 45 menit. Crossover ini diklaim memiliki jarak tempuh sejauh 407 km, dalam sekali pengecasan.

 
  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986
    GIIAS
  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 dihelat 11 hingga 21 Agustus.
    GIIAS 2022
Loading