Sukses

Toyota Luncurkan GR86 dan 5 Model GR-S Lainnya di GIIAS 2022

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan beberapa mobil baru menjelang GIIAS 2022. Khusus model Gazoo Racing (GR), Toyota resmi merilis GR86 sebagai pengganti dari Toyota FT86, Kamis (11/8/2022).

Selain GR86, Toyota Indonesia juga memboyong 5 model GR Sport lainnya yang mencakup Toyota Hilux, Fortuner, Yaris, Raize dan Agya. Berbeda dengan GR86, mobil-mobil ini sebatas menerima penyegaran ringan.

“Hari ini kami hadirkan All New GR86 sebagai generasi kedua di Indonesia dengan desain yang lebih agresif dan sporty, serta mesin baru yang lebih bertenaga. Dan bagi pelanggan yang ingin tampil beda, special untuk GR 86 kami telah menyiapkan Official GR Aeroparts dan TCO GR part yang di desain untuk menguatkan karakter sporty GR 86,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

All New Toyota GR86

All New GR86 yang meneruskan peran Toyota 86 sebagai ikon dari sebuah sports car yang fun to drive. Toyota 86 mengambil inspirasi pengembangan dari AE86 yang terbilang populer di era 1980an.

All New GR86 adalah model sports car GR global ketiga bersama GR Supra dan GR Yaris. Sports car ini dikembangkan oleh Toyota Gazoo Racing (TGR) yang diklaim memperoleh manfaat dari keterlibatan dan pengalaman TGR dalam memenangi berbagai ajang motorsport internasional.

GR86 juga hadir dengan bahasa desain eksterior dan interior baru yang lebih agresif serta sporty, namun juga dengan mesin baru yang lebih bertenaga. Mesin baru pada All New GR86 memiliki kapasitas lebih besar yaitu 2.400 CC masih dengan tipe boxer engine untuk mempertahankan Center of Gravity yang rendah.

Toyota mencatat angka peningkatan performa yang cukup signifikan disbanding FT86. Lebih tepatnya output maksimum meningkat 14%, dari 207 PS (152 kW) pada 7.000 rpm menjadi 235 PS (173 kW) pada 7.000 rpm. Begitu juga dengan torsinya yang meningkat sebesar 18%, dari 212 Nm pada 3.700 rpm, menjadi 250 Nm pada 3.700 rpm.

5 Model GR-S terbaru

Toyota juga menghadirkan 5 mobil GR lainnya di hari yang sama. Berbeda dengan mobil racikan GR, layaknya GR Supra, GR Yaris dan GR86, lima model ini merupakan varian GR Sport yang lebih mengutamakan tampilan serba sporty.

Penambahan paling mencolok terletak pada Toyota Hilux. Pikap ini mendapatkan serangkaian upgrade dari sisi tampilan maupun performa.

Hilux GR Sport yang dibekali dengan mesin 1GD dengan power 37% lebih bertenaga serta suspensi yang lebih rigid. Toyota juga menyematkan peranti keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Eksterior tampil sporti dengan adanya GR alloy wheel serta GR Sport bar di bagian belakang. Lalu di bagian interiornya, pikap ini dipasangkan entertainment system dengan 8” display serta GR sport seat dan penambahan paddle shift di belakang setir.

Selain Hilux GR, merek ini juga menghadirkan Agya GR Sport, Raize GR Sport, Yaris GR Sport dan Fortuner GR Sport dengan beberapa elemen baru yang menguatkan karakter sporty khas DNA GAZOO Racing.

Toyota Supra Manual

Toyota Supra secara default dijual dengan transmisi otomatis. Namun, lantaran permintaan Toyota Supra bergirboks manual cukup tinggi, merek asal Jepang ini menghadirkan varian manual beberapa waktu lalu.

Pemasangan transmisi manual dilakukan dengan upaya untuk mengurangi berat mobil. Lantas, dengan bobot mobil lebih ringan, rasa berkendara menjadi lebih baik dan konsumsi BBM berkurang.

Untuk mengawinkan girboks baru ini dengan jantung pacu bawaannya, Toyota harus mengubah sejumlah bagian mesin.

“Tim engineer kami memodifikasi housing, driveshafts dan gear set yang digunakan pada transmisi sebelumnya, serta mengurangi barang-barang yang tidak dibutuhkan, seperti acoustic package yang dapat mengurangi bobot,” kata Toyota.

Perubahan lainnya

Tidak hanya itu girboks manual ini mempunyai final drive ratio yang lebih pendek untuk meningkatkan akselerasi, serta mempunyai teknologi untuk meminimalisir hentakan saat upshift.

Selain penambahan opsi transmisi, pabrikan Jepang ini juga menyempurnakan Supra melalui tuning di bagian suspensi dan shock absorbers untuk meningkatkan kenyamanan dan pengendalian.

Sementara power steering mobil ini juga dikalibrasi ulang dan di roda belakang terdapat active rear differential. Versi ini hanya tersedia untuk Supra bermesin 3.000cc turbo dan belum diketahui apakah akan dijual di Indonesia atau tidak.

Loading