Sukses

Porsche Pamerkan 3 Mobil Unggulan di GIIAS 2022, Bisa Dijajal dalam Gedung

Otosia.com, Jakarta Porsche Indonesia kembali hadir di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-29. Tiga model unggulan dipajang di booth Porsche, yang terletak di Hall 3 International Convention and Exhibition Center di Bumi Serpong Damai (ICE BSD City), di antaranya Porsche Taycan Turbo, Cayenne Turbo S E-Hybrid dan 718 Cayman GT4.

GIIAS tahun ini menyandang tema “The Future Is Bright”. Melalui tema tersebut, Porsche menoreh kesuksesan dalam penjualan mobil listrik di Indonesia. Terutama melalui Taycan dan dua model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yakni Cayenne dan Panamera E-Hybrid.

“Elektrifikasi adalah masa depan pengembangan otomotif. Sejak diperkenalkannya mobil sport all-electric pertama kami di Indonesia yaitu Taycan, kami telah menerima feedback yang sangat positif. Angka penjualan kami menunjukkan permintaan yang kuat untuk Taycan serta model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang baru-baru ini diperkenalkan, model Cayenne dan Panamera E-Hybrid,” kata Michael Vetter, Managing Director Porsche Indonesia.

“Hari ini, kami sangat antusias untuk memperkenalkan serangkaian karakter Porsche kepada audiens yang lebih luas di pameran mobil terbesar di Indonesia. Kami juga bangga mendukung komitmen pemerintah Indonesia terhadap elektrifikasi dengan menghadirkan kehadiran Porsche E-Performance yang kuat di dalam line-up kami,” tutup Mr. Vetter.

Video Paling Dicari saat Ini

Porsche Taycan Turbo

Mobil yang ditampilkan pertama adalah Porsche Taycan. Mobil ini menawarkan performa Porsche murni dengan nol emisi lokal baik dalam gaya bodi Sport Saloon atau Cross Turismo di Indonesia.

Versi yang diboyong adalah Taycan Turbo. Versi ini mengusung dua motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 680 PS / 500 kW yang dikombinasikan dengan Launch Control. Hasilnya Taycan Turbo dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,2 detik, hingga kecepatan tertinggi 260 km/jam.

Hal ini tercapai berkat transmisi dua percepatan yang dipasang di gardan belakang, yang dikembangkan khusus oleh Porsche.

Gigi pertama difokuskan untuk akselerasi dari kondisi stasioner. Sementara gigi kedua, dengan rasio gigi yang lebih panjang, memastikan efisiensi tinggi. Selain itu, Porsche mengklaim motor listrik depan Taycan dapat dipisahkan secara cerdas. Dengan demikian jarak tempuh mobil ini mencapai 512 kilometer (menurut WLTP).

 

Pengisian Daya Cepat

Porsche Taycan juga menjadi EV produksi pertama dengan voltase sistem 800 volt, bukan 400 volt biasa untuk mobil listrik, Taycan juga mendapat manfaat dari pengisian daya yang sangat cepat.

Waktu pengisian daya dari 5% hingga 80% SoC (status pengisian daya) hanya membutuhkan waktu 22,5 menit di bawah kondisi ideal kondisi. Sementara dengan waktu 10 menit dengan pengisi daya cepat, pemilik dapat dengan mudah mencapai jangkauan lebih dari 100 km.

Dengan desain eksterior dan interior yang bersih dan murni, Taycan menandakan awal dari era baru. Seperti semua model dari Porsche, Taycan menampilkan ratusan opsi personalisasi, mulai dari palet Paint To Sample untuk eksterior, hingga elemen Porsche Exclusive Manufaktur kerajinan tangan yang dapat ditambahkan ke interior.

Porsche Cayenne Turbo S E-Hybrid

Mobil berikutnya adalah Cayenne Turbo S E-Hybrid. SUV premium ini menggabungkan kemewahan sekaligus performa tinggi, layaknya mobil-mobil PHEV lainnya.

Kombinasi antara mesin dan motor listrik menghasilkan output 500 kW (680 PS). Performa ini berasal dari mesin V8 4.000cc (404 kW/550 PS) dan motor listrik yang terintegrasi ke dalam transmisi Tiptronic S 8 kecepatan (100 kW/136 PS ). Torsi tercatat di angka 900 Nm.

Alhasil Cayene Turbo S E-Hybrid berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 295 km/jam. Selain itu Cayenne Turbo S E-Hybrid juga dapat dikendarai hingga 40 kilometer hanya menggunakan tenaga listrik murni.

 

Fitur

Cayenne Turbo S E-Hybrid dilengkapi dengan peralatan lengkap pabrik sebagai standar, seperti fitur termasuk sistem stabilisasi guling listrik Porsche Dynamic Chassis Control (PDCC), kunci diferensial poros belakang Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus), Rem performa tinggi Porsche Ceramic Composite Brakes (PCCB), velg ringan 21 inci dalam desain Aero termasuk ekstensi lengkungan roda dalam warna bodi, Power Steering Plus, dan Paket Sport Chrono.

Suspensi udara tiga ruang adaptif, termasuk Porsche Active Suspension Management (PASM), memastikan spektrum luas dinamika berkendara khas Porsche dan pengendaraan yang nyaman. Velg ringan hingga 22 inci dan kemudi gandar belakang juga tersedia sebagai tambahan opsional.

Semua model Cayenne dilengkapi lampu depan LED, cruise control dengan fungsi pembatas kecepatan, perlindungan pejalan kaki berbasis kamera, dan Park Assist di bagian depan dan belakang.

Ekstra opsional termasuk lampu depan LED matrix beam, head-up display, Night Vision dengan kamera thermal imaging, dan co-pilot digital Porsche InnoDrive termasuk adaptive cruise control, lane keeping assist, road sign recognition, active lane guidance, junction assistant dan emergency brakes.

Porsche 718 Cayman GT4

Mobil terakhir yang ditampilkan adalah 718 Cayman GT4. Porsce menjelaskan bahwa edisi GT4 ini dirancang untuk penggemar mobil sport yang menghargai handling dan performa tinggi.

Porsche 718 Cayman GT4 merupakan mobil sport bermesin tengah. Sports car ini memiliki mesin boxer 4.000cc, enam silinder naturally aspirated yang menghasilkan 309 kW (420 hp) yang dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Karakter menarik dari mesin naturally aspirated ini melihat pengiriman daya linier dikombinasikan dengan respons langsung dari mesin GT, dengan kecepatan mesin maksimum di 8.000 rpm.

718 Cayman GT4 diklaim memiliki tingkat aerodinamis yang komprehensif. Hal ini menghasilkan downforce hingga 50% lebih banyak, tanpa mempengaruhi hambatan angin. Diffuser di belakang menyumbang 30% downforce. Sementara spoiler belakang menghasilkan downforce sekitar 20% lebih tinggi dibanding model sebelumnya.

Porsche Caymen GT4 dirancang sebagai mobil dengan daya tikung yang memadai. Sistem Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan suspensi lebih rendah 30 mm menurunkan pusat gravitasi.

Sedangkan sistem Porsche Stability Management (PSM) dan Porsche Torque Vectoring (PTV) dengan Locking Rear Differential mekanis diklaim meningkatkan performa menikung dan kenikmatan berkendara.

Adapun sistem rem performa tinggi yang memberikan daya henti mumpuni, cocok untuk track driving. Hal ini tercapai berkat rem kaliper aluminium monoblok yang besar. Namun  Porsche Ceramic Composite Brakes (PCCB) tersedia sebagai opsi.

Test Drive Indoor

GIIAS 2022 menyediakan area test-drive dalam ruangan khusus bagi pengunjung untuk menjajal berbagai mobil listrik. Khusus Porsche, pengunjung dapat menjajajal Porsche Taycan Turbo.

Model Porsche lainnya tersedia untuk test drive di trek outdoor, yaitu model Cayenne dan Panamera E-Hybrid serta Macan III.

Porsche Indonesia juga akan memamerkan berbagai item Porsche Lifestyle bagi para antusias, mulai dari aksesoris hingga apparel termasuk produk Porsche Motorsport pada Sabtu 13 Juli 2022 mulai pukul 16:00 hingga 16:30 WIB.

Loading