Sukses

Meluncur di GIIAS, Posisi Selang Bensin Suzuki S-Presso Langsung Jadi Pertanyaan

Otosia.com, Jakarta Seyogianya peluncuran mobil-mobil baru termasuk di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD memancing perhatian karena keunggulannya, yang terjadi pada Suzuki S-Presso justru sebaliknya.

City car dua baris bangku yang diusung sebagai mobil kota rasa SUV ini sendiri ditampilkan sebagai produk anyar untuk tipe ukuran kecil di jajaran produk-produk Suzuki.

Panjangnya sekitar 3,5 meter saja sementara lebar dan tingginya di kisaran 1,5 meter. Dengan power mesin 50 kW di putaran puncak 5.000 rpm, mobil bermesin 998 cc injeksi ini ditekankan berkapasitas 4 orang saja.

Power window di konsol tengah dan bukan di area pintu, bagasinya masih bisa memuat satu kopor dan mungkin dua jika ditumpuk karena kanan kiri area bagasi terhalang sudut miring ruang roda.

 

Video Paling Viral saat Ini

Suzuki sadar posisi selang bensin

Yang kemudian menjadi perhatian di balik keunikan city car ini adalah selang bensin. Saat diperhatikan, posisi selang bensin berada dekat dengan shock breaker belakang sebelah kiri.

Yulius Purwanto, Head of 4W Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan bahwa Suzuki sudah menyadari posisi selang bensin tersebut. 

"Kami memang aware akan hal itu, dan saat ini desainnya memang seperti itu," ujarnya.

Seiring pernyataan ini, ia berujar bahwa masih tidak apa-apa jika ukuran velg pun diperbesar satu inci, dengan catatan ban juga harus sesuai.

"Kalaupun dinaikkan dengan roda atau wheel yang 15 dengan ban yang disesuaikan itu masih tidak apa-apa."

Disembunyikan atau di-secure

Terkait posisi selang bensin dekat shockbreaker yang juga sudah disadari Suzuki, ia berujar bahwa mobil sendiri masih dalam studi.

"Studi kami yang berkelanjutan jika memang perlu disembunyikan, sebenarnya bukan disembunyikan sih tetapi di-secure, maka akan kami lakukan," kata dia.

Sekali lagi, kata dia, semua masih studi, dan Suzuki S-Presso sendiri baru launching. Ia mengklaim bahwa tidak terjadi apa-apa dan menyebut menerima masukan.

"Tim kami, studi internal, masih berjalan dan sejauh ini tidak terjadi apa-apa. Namun apabila ada masukan dari masyarakat, dari teman-teman media, tentunya akan lebih baik bagi kami untuk melakukan perbaikan ke depannya."

Karakteristik S-Presso

Suzuki S-Presso resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada Kamis (11/08/2022) di booth Suzuki, hall 6D Indonesia Convention Exhibition – BSD, Tangerang, bertepatan dengan hari pembukaan pameran otomotif GIIAS 2022.

S-Presso kini resmi melengkapi lini produk mobil penumpang Suzuki. Sebagai sebuah city car, S-Presso menawarkan berbagai keunggulan.

Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS, karkateristik S-Presso sesuai dengan kebutuhan mobilitas anak-anak muda atau keluarga muda saat ini.

“Dimensi yang kompak dan ground clearance yang tinggi membuat S-Presso mampu dengan baik melewati jalan-jalan yang sempit, padat, maupun bergelombang. Meski kompak, kabin dan bagasi S-Presso terasa lega dan bisa menampung banyak barang bawaan. Selain itu, S-Presso juga memiliki banyak fitur sehingga membuat berkendara semakin praktis,” katanya.

Varian dan harga

Secara tampilan, garis desainnya yang unik dengan warna-warna mencolok. Dengan ukuran 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm, S-Presso menjadi city car dengan dimensi yang kompak.

Ground clearance S-Presso pun terbilang tinggi di kelasnya, yaitu 180 mm. Hal ini membantu pengemudi saat harus melewati jalanan yang tidak rata ataupun genangan air layaknya sebuah SUV (Sport Utility Vehicle).

Untuk mengakomodasi barang bawaan, S-Presso memiliki ruang bagasi yang luas untuk membawa banyak barang. Selain itu, S-Presso dibekali mesin K10B DOHC di bagian dapur pacu yang membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Suzuki S-Presso tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan AGS (Auto Gear Shift) serta 6 pilihan warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic. Untuk harga, S-Presso MT dijual Rp 155.000.000 dan S-Presso AGS dibanderol Rp 164.000.000.

Loading