Sukses

Suzuki S-Presso yang Luncur di GIIAS Tetap Pakai AGS, Padahal Banyak Dikeluhkan

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggiring masuk Suzuki S-Presso ke Indonesia dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, 11-21 Agustus 2022.

City car yang disebut rasa SUV ini dihadirkan dengan berbagai keunikan juga sejumlah pertanyaan yang langsung muncul, seperti selang BBM yang dinilai dekat dengan shock breaker di kiri belakang dan juga transmisi AGS.

AGS sendiri adalah singkatan dari Auto Gear Shift, dan ini menjadi pilihan transmisi untuk tipe termahal Suzuki S-Presso.

Selain pilihan transmisi AGS dan juga manual, Suzuki S-Presso dibekali lampu luar halogen, alarm, AC manual putar, aksen-aksen krom di lingkaran AC dan konsol tengah, soket 12v ditambah USB, speedometer digital, head unit berukuran 6,8 inci dan power window hanya di depan saja.

Untuk fitur keselamatan, Suzuki S-Presso bisa dibilang sederhana. Mobil sudah dilengkapi sistem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD), sepasang airbags di dasbor, sabuk pengaman tiga titik, dan sensor parkir belakang.

Suzuki S-Presso versi tanah air juga dikabarkan tidak akan mendapatkan upgrade seperti S-Presso di India. Dengan kata lain, mobil dengan nama kopi ini mengusung mesin K10B 998cc yang menghasilkan output 67 hp dan torsi 90 Nm.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Keluhan AGS 

Auto Gear Shift (AGS) adalah transmisi yang dikeluhkan oleh sejumlah pengguna di Indonesia. Sampai-sampai, sejumlah review mengenai AGS diikuti saran bahwa sebaiknya dihindari dan diarahkan untuk memilih tipe transmisi manual saja.

Sebagai informasi, AGS adalah pilihan transmisi yang juga digunakan di Karimum Wagon. AGS menjadi pilihan transmisi di luar manual dan biasanya diposisikan untuk tipe atas.

Namun, AGS di Karimun Wagon menjadi problem karena terjadi lagi atau pelambatan saat pindah gigi.

Suzuki sendiri mengakui adanya problem ini dan kemudian menyediakan layanan untuk mengatasi hal tersebut. Sementara untuk Suzuki S-presso diklaim sudah ada perbaikan.

"Suzuki selalu melihat kondisi produk kita yang ada di market, selalu melakukan perbaikan demi kepuasan konsumen. AGS ini pasti ada pengembangan dari sebelumnya untuk antisipasi yang ada sebelumnya tidak terjadi lagi," ujar Totok Yulianto selaku Section Head of 4W Brand Development & Marketing Research & IT Network SIS.

Suzuki menjawab kekhawatiran

Problem part yang terjadi pada pengguna AGS sebelumnya pun menurut Suzuki sudah dalam penanganan. Jika ada masalah, konsumen bisa ke bengkel Suzuki.

"Di AGS pun kami sudah ada chain part-nya. Apa pun masalahnya, silakan konsumen bawa ke bengkel Suzuki, lihat kenapa masalahnya karena masalah sama, penyebabnya bisa berbeda," kata dia.

Dengan keluhan sebelumnya bahwa perbaikan untuk AGS harus satu gelondongan part, ia menekankan bahwa perawatan tidak boleh luput agar tetap bergaransi.

"Kami minta semua konsumen perawatan berkala. Semua masalahnya bisa disampaikan ke Suzuki supaya bisa dilihat lagi dicek lagi sehingga produk tercover garansi," kata dia.

Karakteristik S-Presso

Suzuki S-Presso resmi diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales pada Kamis (11/08/2022) di booth Suzuki, hall 6D Indonesia Convention Exhibition – BSD, Tangerang, bertepatan dengan hari pembukaan pameran otomotif GIIAS 2022.

S-Presso kini resmi melengkapi lini produk mobil penumpang Suzuki. Sebagai sebuah city car, S-Presso menawarkan berbagai keunggulan.

Menurut Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS, karkateristik S-Presso sesuai dengan kebutuhan mobilitas anak-anak muda atau keluarga muda saat ini.

“Dimensi yang kompak dan ground clearance yang tinggi membuat S-Presso mampu dengan baik melewati jalan-jalan yang sempit, padat, maupun bergelombang. Meski kompak, kabin dan bagasi S-Presso terasa lega dan bisa menampung banyak barang bawaan. Selain itu, S-Presso juga memiliki banyak fitur sehingga membuat berkendara semakin praktis,” katanya.

Varian dan harga

Secara tampilan, garis desainnya yang unik dengan warna-warna mencolok. Dengan ukuran 3.565 mm x 1.520 mm x 1.565 mm, S-Presso menjadi city car dengan dimensi yang kompak.

Ground clearance S-Presso pun terbilang tinggi di kelasnya, yaitu 180 mm. Hal ini membantu pengemudi saat harus melewati jalanan yang tidak rata ataupun genangan air layaknya sebuah SUV (Sport Utility Vehicle).

Untuk mengakomodasi barang bawaan, S-Presso memiliki ruang bagasi yang luas untuk membawa banyak barang. Selain itu, S-Presso dibekali mesin K10B DOHC di bagian dapur pacu yang membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Suzuki S-Presso tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan AGS (Auto Gear Shift) serta 6 pilihan warna, yaitu Sizzle Orange, Solid Fire Red, Pearl Starry Blue, White, Granite Grey Metallic, dan Silky Silver Metallic. Untuk harga, S-Presso MT dijual Rp 155.000.000 dan S-Presso AGS dibanderol Rp 164.000.000.

Loading