Sukses

Daihatsu Pamerkan Dua Mobil Listrik di GIIAS 2022, Begini Spesifikasinya

Otosia.com, Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan dua produk elektrifikasi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Pertama adalah Daihatsu Ayla Battery Electric Vehicle (BEV) dan Rocky e-Smart Hybrid.

Kehadiran kedua mobil ini menjadi wujud komitmen Daihatsu dalam mengikuti tren otomotif menuju elektrifikasi dan program pemerintah untuk terus menekan emisi gas buang kendaraan.

“Daihatsu berkomitmen dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dengan mengirim lebih dari 250 engineer lokal ke Jepang untuk melakukan transfer teknologi dalam menyediakan kendaraan yang paling sesuai untuk pelanggan Indonesia. ‘Dari Indonesia, Untuk Indonesia’ adalah visi utama kami. Daihatsu juga memulai pengembangan Baterai EV di pusat R&D sebagai wujud usaha kami menuju era elektrifikasi,” ujar Yasushi Kyoda, President Director PT Astra Daihatsu Motor.

Video Terpopuler saat Ini

Daihatsu Ayla BEV

Pertama adalah Ayla BEV. Mobil ini memiliki karakter desain unik yang bisa dilihat dari parametric pattern pada bagian bumper depan, warna satine silver pada warna bodi mobil, ditambah dengan aksen electric yellow yang menjadi representasi dari kendaraan listrik. Pada sisi roda, Ayla BEV menyematkan 17 inch Alloy Wheel yang modern.

Pada sisi interior, terdapat Panel Speedometer TFT 7-inch, serta desain kursi baru yang menambah nuansa kenyamanan, serta kaca spion yang menggunakan layar digital pada sisi kanan-kiri dashboard untuk sebagai penerapan teknologi terkini, serta mendukung aerodinamis pada kendaraan.

Pada spesifikasi teknis, mobil konsep Ayla BEV ini juga menggunakan Electric Motor berdaya 60kW, serta Lithium-ion Battery 32kWh. Secara struktur pada mobil, Ayla BEV dikembangkan oleh para engineer lokal dengan melakukan pengembangan pada bagian dan part tertentu seperti drivetrain, battery, under body, dan suspension.

Daihatsu memilih pengembangan kendaraan listrik menggunakan Daihatsu Ayla sebagai basisnya karena merupakan mobil LCGC pertama yang didesain oleh engineer lokal, dan dibuat di Indonesia. Produksi Ayla melibatkan lebih dari 1.000 supplier lokal, serta mencapai kandungan lokal hingga 80%.

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid

Daihatsu Rocky HEV menerapkan teknologi e-SMART HYBRID yang telah diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021 lalu ini mengadopsi sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama. Adapun varian Daihatsu Rocky yang ditampilkan pada GIIAS ini adalah varian X HEV 2 WD.

Pada mesin Rocky Hybrid, Daihatsu menyematkan mesin baru 1.200 cc dengan 3 cylinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari.

Daihatsu Rocky Hybrid juga memiliki desain mekanisme yang compact, di mana Transaxle (transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG).

Alat ini berfungsi sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain yang ringkas. Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan berkat penyematan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

Untuk laju mobil itu seluruhnya menggunakan motor listrik dengan output 106 hp dan torsi 170 Nm. Daihatsu mengklaim bahwa Rocky e-Smart hybrid hanya mengonsumsi BBM sebanyak 28 km/l, membuat model ini 38% lebih irit dari Rocky bermesin turbo.

Keselamatan

Dalam hal keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist.

Secara total ada 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, seperti fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Tak hanya itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman.

Pada bagian lainnya, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda ketika dalam kondisi menikung apabila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Harga

Daihatsu tidak mengungkap berapa harga untuk Ayla BEV dan Rocky e-Smart Hybrid. Mobil yang pertama tentunya belum diketahui banderolannya, lantaran masih sebatas mobil konsep.

Namun untuk mobil yang kedua, Daihatsu sudah secara resmi Rocky Hybrid di Jepang.

Mengutip situs daihatsu.co.jp, Kamis (18/8/2022), Rocky e-Smart hybrid tersedia dengan dua varian. Pertama adalah X HEV yang dibanderol 2.116.000 Yen atau Rp 265 juta (dengan kurs 1 Yen = Rp 125,39). Kedua adalah Premium G HEV yang dipatok 2.347.000 Yen atau Rp 294 juta.

Loading