Sukses

Isuzu Singgung Truk Elf Listrik untuk Pasar Indonesia

Otosia.com, Jakarta Isuzu Elf Electric Vehicle (EV) menjadi salah satu unit display yang cukup menyita perhatian saat gelaran GIIAS 2022 kemarin. Truk ini merupakan prototipe yang didtangkan langsung dari Jepang.

Bukan sekadar pajangan, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berniat mengembangkan kendaraan tersebut untuk pasar Indonesia. Kehadirannya di GIIAS sejaligus untuk mengukur tingkat kebutuhan konsumen Indonesia terhadap truk ini.

"Di GIIAS kami ingin me ngetahui bagaimana pandangan konsumen di Indonesia, terutama mengenai pendapat dan harapannya jika suatu saat menggunakan kendaraan komersial listrik,” ujar Attias Asril selaku Marketing & Sales Division Head PT Isuzu Astra Motor

Video Terpopuler saat Ini

Lebih Dulu Dijual di Jepang

Sebelum diputuskan dijual di Indonesia, Isuzu Motors Limited akan lebih dulu memproduksi dan menjual Elf EV di Negeri Matahari Terbit.

Kelak truk listrik yang akan dipasarkan di Indonesia akan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik jalan-jalan di tanah air. Karena itu truk Isuzu EV yang akan dipasarkan di Indonesia memiliki ground clearance yang tinggi.

"Isuzu masih terus mempelajari dan menerima masukkan konsumen, karena karakteristik (jalan) di Indonesia berbeda," ujarnya.

Isuzu Elf EV yang Cocok untuk Indonesia

Pengembangan truk Isuzu listrik untuk Indonesia diakuinya membutuhkan proses yang tidak sebentar. Pasalnya model truk listrik yang dijual di Jepang tidak serta merta sesuai dengan karakteristik gerografis dan kebutuhan konsumen Indonesia. Namun prinsipal Isuzu siap melakukan transformasi produk yang sesuai dengan kebutuhan di Indesia.

Artinya jika Isuzu Motors Limited sudah melakukan pengembangan dan produksi massal, tahap berikutnya adalah melakukan penyesuaian sesuai negara tujuan.

"Jadi step by step. Kalau market Indonesia sudah siap ke electric vehicle, kita tinggal minta (ke principal), karena memang konsern kita ke situ,” papar pria yang akrab diapa Aat ini.

Penjualan Isuzu Naik

Mengenai penjualan retail sales truk Isuzu, Aat menyatakan terdapat kenaikan sekitar 29%. Kenaikan tersebut merupakan hasil gabungan dari ligh truck (Elf) Giga, dan Traga.

Dari periode  Januari hingga Juli 2022 secara total penjualan Isuzu mencapai 545.631 unit. Angka tersebut menunjukkan kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang terjual sebanyak, 451.877 unit.

"Jadi market share kita dibandingkan tahun lalu, naik 0,1% menjadi 24,8%. Kalau dibandingkan on year atau tahun 2021, ada kenaikan lumayan sebesar 0,5%," tutup Aat.

Loading