Sukses

Mampir di GIIAS 2022, Ternyata Honda SUV RS Sedang Tes Jalan Juga

Otosia.com, Jakarta PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan beberapa mobil baru pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin. Yang cukup menyita perhatian adalah kehadiran dua produk berbasis elektrik, Honda CR-V e:HEV dan Accord e:HEV.

Namun di luar dua produk ramah lingkungan ini, HPM juga memberi update terkait Honda SUV RS. Mobil ini dipamerkan secara terpisah dalam sebuah kotak kaca dan tidak bisa diakses publik.

Mobil yang ditunjukkan tampil berbeda. Sebelumnya Honda SUV RS masih ditunjukkan sebagai mobil konsep. Sedangkan di GIIAS 2022 mobil ini dibalut kamuflase tebal dengan bentuk bodi yang berbeda.

"Model ini juga akan memperkuat lini Honda di segmen SUV yang saat ini terus menjadi segmen yang berkembang paling pesat di Indonesia. Saat ini kami masih melakukan beberapa studi mengenai model ini, dan dalam waktu dekat kami akan meluncurkannya di Indonesia," jelas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM di GIIAS 2022.

 

Video Terpopuler saat Ini

Tes jalan

Baru-baru ini mobil yang sama terpantau sedang tes jalan. Spy shot terkait mobil ini sedang berada jalan raya diunggah ke internet melalui akun Instagram @aldo.prtm, Rabu (24/8/2022).

Sama seperti di GIIAS 2022, SUV RS yang tertangkap kamera dibalut warna kamuflase tebal, menutupi detail-detail bentuk bodi mobil ini. Namun pada satu foto, pelek yang digunakan mempunyai bentuk lima palang, mirip dengan kepunyaan Honda BR-V tipe E.

Yang menarik beberapa bentuk bodi SUV RS ini terlihat berbeda dengan versi konsepnya. SUV RS Concept yang sering diboyong ke berbagai tempat cenderung mempunyai desain serba lancip.

Bentuk bodi

Sementara bentuk bodi SUV RS yang tertangkap kamera ini mempunyai bentuk lebih membulat dan bisa jadi mengambil bagian dari berbagai mobil Honda lainnya.

Sebagai contoh bagian depan SUV RS ini mempunyai bentuk mirip campuran antara Honda Brio RS dengan City hatchback. Bahkan lampu depan sekllas mirip dengan kepunyaan Brio, di mana lampu utama halogen dengan DRL LED di bawahnya.

Adapun sisi samping juga mirip dengan Brio. Lebih tepatnya bentuk kaca samping yang serupa. Namun ada perbedaan dari bentuk pintu belakang yang lebih besar dan door handle kini diletakkan di belakang kaca baris kedua, seperti Honda HR-V.

Prediksi spesifikasi

Honda SUV RS digadang-gadang akan mengusung platform yang sama dengan Honda BR-V. Hal ini terkorelasi dengan pendaftaran mobil misterius Honda di situs Samsat DKI Jakarta.

Pada segmen Minibus Honda nomor 12 hinga 16, tercatat mobil dengan kode DG47 dan DG48. Kode ini mirip dengan Honda BR-V terbaru, yakni DG31. Setiap model juga mendapatkan mesin “1.5”, tersedia dengan pilihan model E dan RS, serta opsi transmisi manual atau CVT.

Dengan demikian, Honda SUV RS diprediksi kelak akan mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated VTEC DOHC dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui girboks manual 6 percepatan atau CVT.

Versi Brio

Namun dengan adanya kemiripan dengan Honda Brio, SUV RS kelak berpotensi mengusung sasis dan pilihan merin yang sama.

Lebih tepatnya mesin 1.200cc naturally aspirated VTEC SOHC yang menghasilkan output 90 PS dan torsi puncak di angka 114 Nm. Seluruh tenaga mesin juga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau CVT.

Honda SUV RS akan bersaing di kelas Small SUV, seperti Toyota Raize, Daihatsu Rocky, KIA Sonet dan Nissan Magnite.

Loading