Sukses

Suzuki Baleno Facelift Meluncur, Harga Bekasnya Jadi Menggiurkan?

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini meluncurkan Baleno terbaru. Debut hatchback ini berlangsung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, bersamaan dengan peluncuran Suzuki S-Presso.

Meski sebatas facelift, Suzuki memberikan banyak ubahan ke Baleno. Sebagai contoh, tampilan luar dan dalam mobil ini terlihat berbeda dengan model sebelumnya. Bahkan mendapatkan mesin baru berkapasitas 1.500cc.

Namun dengan banyaknya perubahan pada Baleno terbaru, apakah berdampak langsung dengan harga model sebelumnya yang masuk kategori mobil bekas?

Video Paling Dicari saat Ini

Spesifikasi

Suzuki Baleno lawas dan baru sebenarnya masih menggunakan platform yang sama. Namun perubahan pada model terbaru cukup signifikan, membuat kedua mobil sekilas berbeda generasi.

Model sebelumnya mengusung desain Baleno awal yang diperkenalkan di GIIAS tahun 2017. Sementara di tahun 2020, mobil yang sama mendapatkan facelift ringan dari segi tampilan dan fitur.

Sentuhan facelift tersebut membuat tampilan Baleno menjadi lebih sporti melalui bodykit baru dan pelek two tone. Bodykit sporti ini juga ditemukan pada Baleno RS di India. Baleno lawas juga sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED.

Interior

Interior Baleno model sebelumnya juga mempunyai desain dasbor jadul, di mana head unit masih tertanam, desain konsol AC berbeda, serta masih menggunakan setir Suzuki lawas, layaknya Ertiga lama dan Swift generasi kedua.

Meski demikian, Baleno lawas tetap berbekal fitur-fitur yang cukup lengkap pada masanya. Sebagai contoh AC mobil ini sudah digital dan bisa diatur secara otomatis, lalu MID sudah berwarna dan menunjukkan beragam informasi.

Adapun head unit layar sentuh, audio steering switch, keyless entry dengan tombol start stop, spion luar bisa dilipat secara elektrik, setiap kursi mendapatkan head rest dan lampu depan bisa disetel ketinggiannya.

Keselamatan dan performa

Suzuki Baleno lawas terbilang sederhana dalam hal perangkat keselamatan. Versi manual maupun matic mendapatkan sepasang airbags di dasbor, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sensor parkir dan kamera mundur.

Namun fitur keselamatan esensial lainnya, seperti Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA), masih absen di hatchback ini.

Model lama juga menggunakan mesin yang berbeda. Lebih tepatnya mesin 1.400cc K14B naturally aspirated dengan semburan tenaga 92 PS dan torsi puncak di 130 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Harga

Harga Suzuki Baleno bergantung pada kondisi dan tahun pembuatan. Baleno tahun 2017-2020 dikategorikan sebagai Baleno pre-facelift, sedangkan tahun 2020-2022 disebut sebagai model facelift.

Berikut rincian harga Suzuki Baleno pre-facelift bekas:

Baleno MT Rp 140-160 jutaan

Baleno AT Rp 170-200 jutaan

Berikut rincian harga Suzuki Baleno facelift bekas:

Baleno MT Rp 180-200 jutaan

Baleno AT Rp 200-230 jutaan

Loading