Sukses

Punya Modal Pas, Pilih New Mitsubishi Xpander Cross atau Toyota Veloz TSS?

Otosia.com, Jakarta PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis New Xpander Cross pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 kemarin.

Mobil keluarga bergaya SUV ini mendapatkan beragam improvement. Paling mencolok adalah tampilan baru yang lebih gagah dan kekar.

Selain perubahan tampilan, Xpander Cross juga mendapatkan penyesuaian harga. Bahkan tipe termalah Xpander Cross Premium terpantau mempunyai harga dekat dengan Toyota Veloz termahal. 

Video Terpopuler saat Ini

Eksterior

Mtisubishi Xpander Cross terbaru mengusung tampilan lebih segar dan tangguh dibanding model sebelumnya. Eksterior mobil ini mengusung lampu depan dan belakang dengan desain “T” dipadu dengan bodykit dan pelek baru.

Sementara Toyota Veloz, meski dikategorikan sebagai LMPV, juga mempunyai tampilan serba “berisi”. Desain mobil ini terlihat lebih kekar melalui overfender tebal, penggunaan pelek 17 inci dan grill depan besar.

Secara kelengkapan fitur, kedua mobil ini cukup sebanding. Xpander Cross dan Veloz sama-sama disematkan lampu depan dan belakang LED, pelek berwarna two tone, antena sirip hiu, serta keyless entry.

Interior

Interior Mitsubishi Xpander Cross dan Toyota Veloz sama-sama mengedepankan kesan mewah dan premum.

Xpander Cross mempunyai dasbor dan interior mirip dengan kepunyaan Xpander, namun dibalut warna yang berbeda. Namun untuk penyegaran ini, varian Cross disematkan setir dan speedometer digital dari Pajero Sport, serta tambahan wireless charging.

Toyota Veloz tidak kalah dari segi kelengkapan interior. Mobil ini sudah dilengkapi speedometer digital, wireless charging, AC digital otomatis serta ambient lighting dan layar lipat untuk baris kedua.

Yang berbeda Veloz tidak tersedia dengan cruise control, sedangkan pengaturan AC digital Xpander Cross tidak bisa disetel secara otomatis.

Keselamatan

Fitur keselamatan lebih lengkap di Toyota Veloz. Tipe termahal Veloz Q TSS mempunyai 6 airbags, kamera 360 dan Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur yang terakhir mencakup teknologi seperti Lane Keep Assist, Pre-Collision Warning and Braking System, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

Mitsubishi Xpander Cross belum dilengkapi teknologi keselamatan aktif seperti TSS, dan hanya memiliki sepasang airbags di dasbor. Kendati demikian mobil ini tetap mendapatkan kamera 360 dan fitur Active Yaw Control yang membantu pengemudi saat menikung.

 

Performa dan harga

Mitsubishi Xpander Cross memboyong mesin yang sama seperti Xpander. Artinya setiap model mempunyai jantung pacu 1.500cc MIVEC dengan semburan tenaga 104 PS dan torsi 141 Nm.

Di sisi lain Toyota Veloz memboyong mesin 1.500cc berkode 2NR-VE yang menghasilkan output sebesar 106 hp dan torsi 137 Nm. Setiap mobil menyalurkan tenaga mesinnya ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis CVT atau manual.

Mitsubishi Xpander Cross dijual Rp 335,7 juta on the road Jabodetabek, sedangkan Toyota Veloz dibanderol Rp 331,1 juta.

Dengan selisih harga di kisaran Rp 4 jutaan, mana di antara keduanya yang lebih layak dipinang?

 
Loading