Sukses

New Xpander Cross Vs Kompetitor, Simak Perbedaannya

Otosia.com, Jakarta Kehadiran New Xpander Cross di jajaran mobil keluarga 7-penumpang membawa sejumlah hal yang berbeda jika dikomparasikan dengan kendaraan keluarga 7-penumpang lainnya untuk kelas low.

Bila sejumlah aspek yang menjadi tren sama-sama coba dipenuhi di berbagai merek, misalnya saja wireless charging bahkan rem tangan jari autohold, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia bisa dikatakan menambahkan hal-hal lain sekaligus berusaha kembali ke akar mereka.

Populer ditelusuri, Mitsubishi sering turun di ajak kompetisi. Mereka pun secara bersamaan melahirkan mobil-mobil legendaris. Akar ini pula yang ditemui di New Xpander Cross, salah satunya lewat AYC atau Active Yaw Control.

"AYC pertama di low SUV Indonesia. Dia pernah ada di Evo X, dan fungsinya terutama untuk jalan licin," kata Muhammad Arif Dwianto - Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

AYC Hindari Limbung di Belokan Basah

Satu keunggulan dari New Xpander Cross adalah AYC atau Active Yaw Control. AYC pada dasarnya merupakan sistem pengereman. Perannya untuk meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin atau basah.

AYC bekerja berdasarkan perhitungan terhadap tiga faktor. Faktor-faktor tersebut berkaitan dengan putran mesin hingga putaran roda.

"Ia bisa deteksi apakah putaran mesin terlalu tinggi, setir terlalu patah, putaran ban terlalu kencang. Jadi, ada tiga yang dibaca sistem," kata Rifat Sungkar, brand ambassador dari Mitsubishi yang juga pereli dengan mengandalkan Mitsubishi Xpander AP4.

Kondisi yang akan membuat AYC berperan adalah ketika mobil menikung di permukaan jalan yang licin. Pada saat itu, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan.

Dengan demikian, sistem ini meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

"Fungsi ini pada dasarnya menghindari yang enggak perlu, termasuk oversteer dan understeer," ujar Rifat.

 

Suspensi Pajero Sport

Pajero Sport yang berakar dari mobil balap Paris Dakar terkenal dengan sisi sporty. Namun, Mitsubishi memosisikannya sebagai SUV kelas atas yang nyaman. Misalnya saja saat melewati polisi tidur.

Hal ini pula yang kemudian diadopsikan pada New Xpander Cross. Perubahan suspensi menyamai Pajero Sport didukung perubahan pada shock belakang.

Diameter sama dan perubahan di valve yang disebut setara kendaraan Eropa sehingga redaman shock lebih baik.

Tertinggi di Kelasnya, Dipasangi Bracket

Hingga saat ini memang Xpander khususnya New Xpander Cross jadi mobil keluarga 7-penumpang kelas low yang tertinggi secara ground clearance.

Ground clearance-nya sendiri 225 mm. Namun, pihak Mitsubishi memastikan ia tetap nyaman karena juga didukung pemasangan bracket.

Muhammad Arif Dwianto, Head of Training Section PT MMKSI, memberi penjelasan. Menurutnya, selain pemasangan bracket untuk suspensi depan, mereka juga menambahkan adesif untuk belakang.

“Mitsubishi New Xpander Cross memiliki kenyamanan yang sangat baik meski ground clearance yang tinggi. Biasanya mobil yang ground clearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan. Namun, kami memasang bracket suspension di bagian depan dan structural adhesive di bagian belakang sehingga kenyamanannya tetap terjaga,” ujarnya.

Lebih Senyap di Kabin dan Serba Gratis

Salah satu peningkatan atau improvement dari hadirnya New Xpander Cross adalah peredaman. Guntur Harling, General Manager of Product Strategy Division MMKSI menjelaskan bahwa kondisi kekedapan memang menjadi salah satu yang diterapkan.

"Kami meningkatkan kekedepan suara di mobil ini dengan memasang cover mesin, serta memasang beberapa pengedap suara di berbagai titik yang ada di area kap mesin," kata dia.

Sementara itu untuk pembelian New Xpander Cross bulan Agustus 2022 ada sejumlah gratisan yang diberikan Mitsubishi. Di antaranya, gratis kaca film V-Kool untuk varian CVT Premium dan kaca film Konica Minolta untuk variant CVT dan M/T.

Lalu Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) selama 1 tahun dengan nominal klaim maksimal hingga Rp 10.000.000 per orang selama periode. Lalu Asuransi Kerusakan Ban selama 1 tahun, dengan nominal klaim maksimal Rp. 1.400.000 dan berlaku untuk 1 ban selama periode.

 

Cash Back Jutaan Rupiah

Gratisan lainnya juga mencakup cashback hingga jutaan rupiah berlaku untuk semua varian (validasi faktur Agustus 2022).

Lalu ada program pilihan pembiayaan melalui PT Dipo Star Finance, yakni DP mulai 10%, atau bunga 0% sampai dengan tenor 2 tahun, atau gratis asuransi 2 tahun. Ada juga paket Smart Cash dengan bunga 0% gratis asuransi dan biaya admin.

Ditambah lagi, Extended SMART Package 2x perawatan berkala / 1 tahun / 20.000 km (berlaku untuk tenor 5 tahun).

Pembeli New Xpander Cross juga dapat gratis Paket SMART untuk Perawatan/Servis Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun (validasi faktur Agustus 2022), yakni SMART Silver yang berlaku untuk semua varian.

Di dalamnya mencakup suku cadang, Mitsubishi Motors Genuine Oil & Brake Fluid (sesuai dengan Jadwal Service Booklet), dengan chemical item engine flush dan brake fluid.

Loading