Sukses

Daihatsu Gran Max Terbaru Usung Mesin Avanza-Xenia, Lalu Ada Bedanya?

Otosia.com, Jakarta PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru-baru ini memperkenalkan Gran Max terbaru. Debut mobil niaga ini berlangsung di Senayan Park, Jakarta pada hari Selasa (30/8/2022).

Peluncuran model baru ini terbilang sebagai improvement, lantaran masih mengusung bodi dan platform yang sama. Perubahan hanya dilakukan untuk Gran Max dengan mesin 1.500cc.

Beberapa upgrade yang disematkan mencakup dasbor baru dengan ruang simpan dan cup holder di dekat AC, setir baru dengan empat palang, versi minibus mendapatkan pelek two tone dan mesin baru.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Mesin baru

Khusus pada upgrade terakhir, perubahan mesin Gran Max 1.5 diklaim memberikan kehematan dan efisiensi yang lebih optimal.

Mesin yang digunakan adalah 1.500cc naturally aspirated dengan kode 2NR-VE, dibanding model lama dengan kode mesin 3SZ-VE.

Pun tidak lupa bahwa mesin ini sudah berteknologi dual VVT-i dan diklaim lebih irit bahan bakar hingga 5 persen dibanding mesin sebelumnya. Konsumsi bahan bakar tercatat di angka sekitar 12 km/liter.

Avanza-Xenia

Yang menarik jeroan ini juga dibenamkan pada beragam produk Toyota dan Daihatsu. Lebih tepatnya di Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bahwa meski menggunakan basis mesin yang sama, posisi layout mesin berbeda.

“Kodenya sama tapi di Avanza-Xenia (mesinnya) berdiri. Kalau di Gran Max posisinya menjadi tiduran,” jelas Bambang dalam press conference peluncuran Gran Max terbaru, Selasa (30/8/2022).

Spesifikasi

Perbedaan lainnya juga terletak pada setelan output mesin. 2NR-VE yang disematkan ke mobil penumpang seperti Avanza dan Terios mempunyai tenaga dan torsi yang lebih tinggi, yakni 106 PS dan torsi 137 Nm untuk Avanza-Xenia atau 104 PS dan torsi 136 Nm untuk Terios-Rush.

Lalu Avanza-Xenia mengusung penggerak roda depan (FWD) dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau CVT. Sedangkan Terios-Rush berpenggerak roda belakang (RWD) dengan opsi girboks manual 5 percepatan atau matic konvensional dengan 4 percepatan.

Jantung pacu yang sama di Gran Max menghasilkan tenaga 97 hp dan torsi puncak 134 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Layaknya mobil niaga, tidak ada pilihan girboks otomatis.

Harga

Berikut daftar harga Daihatsu Gran Max 1.5 terbaru:

·  Gran Max STD GL E4 Rp 155.000.000

·  Gran Max PU 3W Rp 156.500.000  

·  Gran Max PU AC PS Rp 163.300.000

·  Gran Max PU Box PT Rp 180.700.000

·  Gran Max MB D PS FH Rp 213.800.000

Loading