Sukses

Toyota Kijang Innova Diesel Dikabarkan Kehabisan Stok, Ternyata Begini Faktanya

Otosia.com, Jakarta Rumor terkait kehadiran model terbaru Toyota Kijang Innova makin kencang. Salah satu MPV terfavorit di Indonesia ini dikabarkan akan berganti model sekaligus memasuki tahap produksi di bulan November mendatang.

Toyota Kijang Innova terbaru digadang-gadang akan beralih dari penggerak roda belakang (RWD) menjadi penggerak roda depan (FWD). Selain itu pilihan mesin menjadi lebih terbatas, yakni trim-trim atas akan dibenamkan jantung pacu bensin hybrid.

Sementara untuk menekan emisi gas buang, opsi bahan bakar diesel akan dihilangkan dan tidak tersedia lagi pada model terbaru Toyota Innova.

 

Video Terpopuler saat Ini

Stok diler habis

Peralihan ke model lama ke baru ini rupanya dikabarkan berimbas pada stok Toyota Innova diesel yang semakin menipis, bahkan tidak bisa memenuhi pemesanan dari konsumen. Stok unit yang tersisa hanya Innova bermesin bensin saja.

Kejadian ini pertama kali disebar ke mata publik melalui akun TikTok @adamtoyotakediri, Jumat (2/9/2022). Video berdurasi 17 detik ini sudah ditonton sebanyak 1.7 juta kali, menuai lebih dari 56.000 likes dan sudah dikomentari 1.791 orang.

“Stok tinggal bensin! Innova diesel kali ini disuntik mati beneran. Ga ada unit ready di dealer, padahal yang indent masih banyak yang belum dapat unit,” tulis akun ini di dalam video TikTok tersebut.

Tanggapan Toyota

Informasi ini lalu diteruskan ke pihak Toyota. Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menampik bahwa stok Innova diesel sudah habis.

“Saya check ke alokasi ke diler ada kok mas Baik Kijang Innova dengan bahan bakar bensin maupun diesel jadi tetap bisa didapatkan secara normal di dealer Toyota,” jelas Dimas ke Otosia.com, Senin (5/9/2022).

Namun demikian ia mengakui animo terhadap varian diesel terbilang tinggi belakangan ini. Beberapa diler, katanya, sudah mulai kehabisan stok dan belum menerima alokasi tambahan dari pabrikan.

“Tapi memang saya dapat info demand-nya sangat tinggi akhir akhir ini, mungkin saja beberapa cabang ada yang sudah kehabisan alokasi bulanannya karena tingginya demand,” tutup Dimas.

All New Toyota Kijang Innova

Sekadar informasi jadwal debut Toyota Innova terbaru sudah terungkap. Melansir autocarindia.com, Rabu (24/8/2022), All New Toyota Innova dikabarkan akan dirilis pada bulan November 2022 mendatang di India.

Mobil ini kemungkinan besar akan resmi dijual pada bulan Januari 2023 dan dipasarkan bersamaan dengan model sebelumnya, yakni Innova Crysta.

Terkait nama, Innova terbaru disebut-sebut sebagai “Innova Hycross” di negeri Bollywood. Sementara di Indonesia dan negara sekitarnya akan menggunakan nama “Zenix”.

Opsi diesel hilang

Spesifikasi terkait Toyota Innova terbaru belum dikonfirmasikan secara resmi. Namun situs ini mengklaim bahwa All New Innova akan meninggalkan opsi mesin diesel. Sebagai gantinya adalah jantung pacu bensin hybrid dengan kapasitas 2.000cc.

Selain hilangnya pilihan mesin diesel, MPV ini juga mendapatkan beragam perubahan radikal. Paling mencolok adalah penggunaan sasis berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA).

Lebih tepatnya sasis TNGA-C yang digunakan pada lini produk Toyota Corolla saat ini. Dengan demikian sasis MPV ini sudah tidak lagi body on frame, melainkan menjadi monocoque dengan penggerak roda depan (FWD).

Yang menarik Innova terbaru nanti maupun model lama saat ini akan dijual secara bersamaan di India. Sementara itu belum diketahui kapan kepastian Toyota Indonesia merilis Innova terbaru.

Loading