Sukses

Seberapa Menggoda Wuling Alvez untuk Saingi Honda HR-V?

Otosia.com, Jakarta - Setelah merilis mobil listrik mungil Air ev di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Wuling Motor Indonesia dikabarkan menyiapkan produk baru lagi di tanah air.

Sedikitnya ada  tiga produk yang berpotensi diluncurkan di Indonesia, yakni Wuling Formo Max, Wuling Almaz Hybrid dan Wuling Alvez.

Mobil yang terakhir sudah terdaftar di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) dengan nomor permohonan DID2022060541. Bahkan mobil ini kerap beberapa kali tertangkap kamera sedang tes jalan, dibalut warna kamuflase.

Video Terpopuler saat Ini

 

 

 

 

Wuling Xing Chi

Kuat dugaan Alvez mengambil basis Wuling Xing Chi yang sebentar lagi akan debut di Tiongkok. Melansir gmauthority.com, Rabu (9/7/2022), tampilan eksterior mobil ini sudah diungkap sepenuhnya.

SUV ini mengusung tampilan serba modern dan sporti. Lampu depan sudah menggunakan LED dan dibuat menyatu dengan grill. Lalu di masing-masing sisi bumper depan ada lampu kabut dan lubang radiator mirip bentuk trapesium.

Bagian samping tampil sederhana dengan minimnya tarikan garis tegas di area bodi, kecuali lekukan kecil di pilar C dan pilar D. Tampilan Xing Chi makin sporti dengan adanya bodykit, spion dan atap berwarna hitam. Pelek bawaannya mempunyai 5 palang dengan warna two tone.

Sektor buritan tidak kalah unik dengan adanya diffuser berdesain agresif di bawah bumper belakang dan spoiler sederhana di atap. Desain bagian belakang lainnya terbilang sederhana, seperti lampu LED pipih memanjang dan sepasang reflector berbentuk segitiga.

Rival

Wuling Alvez, nama untuk Wuling Xing Chi di Indonesia, sekilas mempunyai desain mirip dengan Wuling Xing Chen di Tiongkok. Namun perbedaan utama terletak pada ukuran dimensi mobil.

SUV ini tercatat mempunyai panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan Wuling Xing Chen berdimensi panjang 4.594 mm, lebar 1.820 mm serta tinggi 1.740.

Xing Chen mempunyai ukuran mirip Wuling Almaz, sedangkan Xing Chi diposisikan sebagai SUV yang lebih kecil. Dengan demikian mobil ini layak menjadi rival Honda HR-V, Hyundai Creta dan KIA Seltos di Indonesia.

 

Spesifikasi

Lantaran belum resmi diluncurkan, spesifikasi Wuling Xing Chi belum banyak terungkap. Pasalnya di negeri Tirai Bambu mobil ini akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin.

Pertama adalah jantung pacu 1.500cc naturally aspirated yang menghasilkan 99 PS dan torsi 143 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 6 percepatan. Mesin ini akan disematkan pada trim-trim rendah.

Pilihan berikutnya adalah detak mekanis 1.500cc turbo dengan semburan tenaga 145 hp dan torsi 250 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui girboks Continuously Variable Transmission (CVT).

Opsi mesin kedua terbilang paling berpotensi untuk ditanamkan ke Wuling Alvez kelak, lantaran secara spesifikasi mirip dengan mesin Wuling Almaz di Indonesia.

Prediksi harga

Banderolan Wuling Xing Chi belum diumumkan secara resmi. Namun, jika benar akan diposisikan sebagai rival dari Honda HR-V dan Hyundai Creta, maka boleh jadi Wuling Alvez kelak dijual pada kisaran harga Rp 250-350 jutaan.

Harga tersebut terbilang kompetitif, mengingat Honda HR-V dijual mulai dari Rp 364,9 juta hingga Rp 515,9 juta. Lalu Hyundai Creta bisa dipinang dengan harga Rp 288 juta sampai Rp 404 juta.

Kisaran harga tersebut juga mengurangi potensi terjadinya bentrok penjualan dengan Wuling Almaz yang dibanderol dari Rp 298,5 juta hingga Rp 434,2 juta.

Loading