Sukses

Deretan Mobil yang Disetir Sendiri Mendiang Ratu Elizabeth, Termasuk Truk Perang

Otosia.com, Jakarta Ratu Elizabeth sang raja dari Kerajaan Inggris meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) pukul 12.32 waktu setempat. Ia adalah Ratu Elizabeth II dan merupakan pemimpin perempuan kedua di Kerajaan Inggris yang uniknya dekat pula dengan dunia otomotif.

Inggris sebagai negara adidaya terkenal dengan sejumlah merek ikonis, termasuk di antaranya adalah tentu saja, Jaguar, Rolls Royce, dan Land Rover. Mobil-mobil ini juga menjadi kendaraan bagi mendiang Ratu Elizabeth II.

Ia bahkan bukan hanya berada di dalamya untuk bepergian dengan diantar tetapi menyetirnya sendiri.

 

Video Terpopuler saat Ini

Kesempatan Mengendarai Sendiri

Semasa hidupnya, ia yang meninggal dalam usia 96 tahun tentu memiliki banyak kesempatan untuk bisa berada di kendaraan-kendaraan Inggris, termasuk juga untuk sedan merek Vauxhall.

Salah satu foto yang juga terkenal adalah momen ketika ia menyetir sebuah Jaguar station wagon saat sang ratu menginjak usia 91 tahun.

Suaminya mungkin mengumumkan bahwa Ratu sudah pensiun dari semua acara publik mulai musim gugur tahun itu. Namun, Ratu Elizabeth II rupanya tetap berada di balik setir yang selayaknya khas budaya Inggris, "berada di balik setir" secara harfiah maupun metaforis.

Saat itu ia tertangkap mengemudikan Jaguar station wagon pada hari Minggu pagi seusai dari Gereja di Royal Chapel of All Saints di Windsor Park.

Tanpa menanggalkan pengawalan, ia menyetir ditemati salah satu penjaganya yang duduk di depan. Fotonya segera beredar luas, dan disebut-sebut sebagai "mobil untuk kabur" karena pada saat itu sedang ada tuntutan terhadap media massa Prancis yang menyebarkan foto setengah tanpa busana dari Kate Midleton.

Land Rover hingga Truk Perang

Jaguar, sedan Vauxhall yang utamanya beredar di Inggris, dan Land Rover adalah kendaraan-kendaraan yang kerap kali terfoto bersama Sang Ratu.

Soal Land Rover, mobil multi-fungsi segala medan ini juga menemani Ratu. Terlihat, ia menyetir sebuah Series III berwarna biru pekat.

Lalu ada juga Range Rover, mobil yang sejatinya berukuran besar, tetapi Ratu terlihat santai saat mengendarainya.

Momen-momen menyetir dari Sang Ratu terabadikan dari masa ke sama. Misalnya, saat ia mengemudikan Land Rover klasik Series III di Mei 1996. Saat itu, ia yang terlihat semringah mengenakan syal kepala sedang berkendara, membuka kaca depan dan sedikit mengeluarkan badannya di Land Rover.

Mengendarai Vauxhall Astra Estate

Begitu pula di tahun 1979, ia mengemudikan Vauxhall Astra estate di Windsor Great Park.

Namun yang bisa dikatakan cukup monumental adalah ketika sang anak, Pangeran Charles, masih kecil dan terlihat diantarkan dan pergi bersama Ratu di sebuah Rolls Royce klasik di tahun 1957.

Satu lagi adalah foto saat ia mengemudikan sebuah truk perang. Lebih tepatnya, itu adalah sebuah truk ambulans perang.

Pada 10 April 1945, Elizabeth yang masih muda terpotret mengendarai truk ambulans tersebut pada era Perang Dunia II. Saat itu, ia sedang bertugas di Auxiliary Territorial Service.

Loading