Sukses

Tampil Mentereng di GIIAS 2022, Secara Bersamaan Ternyata KIA Siapkan Sorento Baru

Otosia.com, Jakarta PT Kreta Indo Artha (KIA) memberi banyak kejutan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu. Merek asal Korea Selatan ini memboyong berbagai mobil, seperti Carens, EV6, Niro, Sportage dan Sorento.

Mobil yang terakhir mengusung teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV), di mana motor listrik bawaannya bisa digunakan untuk membantu memacu mobil. Hal ini membuat Sorento menjadi lebih irit bahan bakar.

Meski baru ditampilkan di GIIAS 2022, KIA ternyata dalam proses mengembangkan model terbaru Sorento secara global.

 

 

Model baru

Melansir carscoops.com, Selasa (13/9/2022), KIA Sorento terbaru terciduk sedang tes jalan di suatu tempat di Eropa. SUV ini dibalut kain dan warna kamuflase tebal di bagian depan hingga belakang.

Perubahan pada Sorento terbaru masih sebatas facelift, di mana beberapa aspek model lamanya diboyong ke model baru ini.

Rombakan paling mencolok terlihat dari fascia depan. Sorento mendapatkan lampu depan baru berbentuk vertikal, seperti kepunyaan KIA EV9. Update lainnya terletak di grill depan yang berbeda dan bumper depan dengan desain kekinian.

Perbedaan lainnya terletak di pelek desain baru bermodel kipas dan berwarna two tone.

Bagian yang sama

Mengingat ubahan saat ini sebatas facelift, bagian lain Sorento berkamuflase ini mirip dengan model sebelumnya. Lebih tepatnya adalah side profile mobil dan sepasang lampu belakang LED vertikal, bentuk khas Sorento yang dijual saat ini.

Pun bagian interior kemungkinan besar tidak akan mendapatkan major upgrade, lantaran interior Sorento saat ini terbilang modern dengan beragam teknologi terkini dan banyak layar serba digital.

Pilihan jantung pacu juga tidak akan mengalami banyak perubahan. Sorento tetap akan tersedia dengan mesin bensin, diesel, hybrid atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), tergantung di mana mobil ini akan dijual.

Sorento Indonesia

Sebagai patokan KIA Sorento di Indonesia saat ini mengusung tampilan serba gagah dan modern. SUV ini hadir di tanah air dengan spesifikasi serba lengkap dan bahkan mengusung mesin hyrbrid yang ramah lingkungan.

Beberapa fitur Sorento termasuk lampu-lampu LED, panoramic sunroof di atap, sistem audio premium buatan BOSE, kursi elektrik dengan memory, kursi captain seat di baris kedua, serta sepasang layar 12.3 inci untuk head unit dan speedometer.

KIA Sorento di tanah air juga dibekali sistem Advanced Driving Assistance System (ADAS) lengkap, di antaranya Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM) dan lainnya.

Performa

SUV kembaran dari Hyundai Santa Fe ini dibenamkan mesin hybrid yang ramah lingkungan. Lebih tepatnya mesin Smartstream G 1.600cc T-Gdi CVVD turbo dengan semburan tenaga 179 PS dan torsi 264 Nm.

Motor listrik bawaannya berdaya 44 kW dengan baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Kombinasi tenaga yang dhasilkan mampu mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 6-speed.

KIA Sorento HEV bisa dipinang dengan harga Rp 968 juta.

Loading