Sukses

Biar Tetap Dingin dan Bikin Nyaman, Pahami Langkah-langkah Servis AC Mobil

Otosia.com, Jakarta AC mobil adalah komponen yang dirangkai dan dibuat sedemikian rupa untuk tujuan mengatur suhu dan kelembaban di dalam mobil. Sistem AC mobil itu sendiri juga bisa untuk mendinginkan dan memanaskan suhu di dalam kabin tergantung dengan situasi dan kondisi.

Hanya saja seiring berjalannya waktu AC mobil bisa mengalami kerusakan. Karena itulah pemiliknya harus sering-sering mengecek dan melakukan servis AC mobil.

Lantas bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya!

Video Paling Dicari saat Ini

Kompenen yang terdapat pada AC Mobil

- Kompresor

Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC

- Freon

Pada mobil modern, freon menggunakan jenis R 134a, dan pada mobil lama menggunakan freon R 12, yang sekarang makin mahal dan langka, juga membutuhkan ijin untuk penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.

- Kondensor

Untuk merubah bentuk freon dari gas menjadi cair dan melenyapkan hawa panas dari mobil.

- Katup expansi

Bertugas menjadi semacam pentil yang berfungsi menurunkan tekanan cairan freon, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.

- Evaporator

Bagian ini mendinginkan udara yang disemburkan melaluinya, sehingga udara menjadi dingin.

- Receiver/dryer

Ini berfungsi sebagai filter freon/oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran lain.

Cara Kerja AC Mobil

Proses pendinginan udara pada mobil intinya adalah kompresor menekan freon yang dikirim sirip pengembun yang terdapat pada radiator mobil. Dalam kondensor, panas akan bertambah, dan panas yang ditangkap oleh freon akan dikeluarkan ke udara luar.

Saat suhu freon menurun ke titik saturasinya, freon akan berubah wujud dari gas menjadi cair. Blower AC meniupkan udara melalui evaporator yang dingin menuju interior mobil anda. Freon kembali ke siklus pendinginan awal.

Memperbaiki dan Servis AC Mobil

- Lihat apakah ada freon bocor

Kebocoran yang terjadi pada freon mudah dilihat dan dideteksi tapi jika terjadi kebocoran pada freon tidak mudah untuk diperbaiki tanpa membongkarnya. Kebanyakan mobil menyediakan cairan yang ditambahkan ke dalam sistem untuk mendeteksi kebocoran yang terjadi pada freon.

Jika kebocoran terjadi cukup besar maka sistem biasanya tidak memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Jadi Anda harus mencari pentil bagian bawah dan memeriksa tekanannya.

- Pastikan kompresor berputar

Untuk memastikan kompresor berjalan dan berputar maka Anda harus menyalakan mesin dan AC. Kompresor ac biasanya berbentuk pompa yang pada sisinya ada besi dan karet.

Di bagian depan kompresor ada bagian luar dan sambungan bagian dalam yang berputar saat AC mobil dinyalakan. Jika AC dan blower menyala, tapi bagian tengah dari puli tidak berputar artinya kompresor tidak berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon.

- Lihat bagian lain yang mungkin kurang benar

Masalah lain yang mungkin terjadi pada AC adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fan belt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam kompresor. Anda harus mengecek bagian-bagian ini yang membuat AC mobil Anda tidak bekerja dengan baik.

- Rasakan apakah ada udara dingin

Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang, dan anda bisa menambahkan freon. Untuk itu cek AC Mobil apakah dingin atau tidak. Jika anda tidak tahu cara untuk menambah freon maka bawa ke bengkel untuk ditangani oleh orang professional.

Penulis : Rayhan Rizki Sonjaya Putra

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading