Sukses

Belum Lama Luncur di GIIAS 2022, Subaru Bersiap Hadirkan XV Versi Terbaru

Otosia.com, Jakarta Bagi agen pemegang merek (APM), Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 menjadi momentum yang tepat untuk memperkenalkan produk terbarunya ke publik.

Salah satunya adalah PT Plaza Auto Mega selaku APM resmi Subaru Indonesia. Merek asal Jepang ini menampilkan dua produk barunya pada GIIAS lalu, yakni sports car All New Subaru BRZ dan crossover Subaru XV.

Mobil yang kedua diposisikan sebagai SUV sekelas Toyota CH-R dan Honda HR-V, dengan keunggulan utama di ketegori off-road dan durabilitas.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Model baru

Meski baru debut di Indonesia, namun Subaru baru-baru ini meluncurkan XV terbaru. Melansir carscoops.com, Jumat (16/9/2022), model teranyar akan meninggalkan nama “XV”, beralih menjadi “Crosstrek” secara global.

Subaru Crosstrek mengusung tampilan lebih rugged, dengan fascia depan menjadi lebih “berwarna”. Mobil ini mendapatkan desain lampu depan dan belakang baru dan desain bumper yang lebih mencolok.

Adapun desain pelek menjadi lebih gahar, grill depan membesar dengan pattern berbeda dan body cladding samping di area fender didesain ulang sehingga lebih menonjol dan berliku.

Namun Subaru XV ini masih mempertahankan beberapa bagian dari model sebelumnya. Paling mencolok adalah penggunaan atap yang sama, tanpa adanya perubahan signifikan.

Interior

Bagian interior juga mendapat sentuhan desain terkini. Paling utama adalah area dasbor di mana head unit kini mendominasi bagian depan kabin. Head unit berukuran 11.6 inci dan dibuat vertikal, layaknya kepunyaan Tesla.

Adanya layar besar ini memengaruhi letak dan tombol AC. Ventilasi udara kini juga ikut memanjang ke bawah seperti layar tersebut dan panel setelan AC kini dibuat digital, menyatu dengan head unit bawaannya.

Sementara speedometer tetap analog, sama seperti model sebelumnya. Pilihan jok berbahan kain atau kulit bergantung dengan model yang dipilih.

Keselamatan

Paket keselamatan Subaru Crosstrek cukup terbilang lengkap. Crossover ini dibekali fitur Eyesight terbaru dengan menggunakan kamera wide angle monocular dan improved software, yang lebih akurat dalam mendeteksi kondisi di sekitar mobil.

Teknologi EyeSight Subaru mencakup berbagai fitur, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Road Departure Mitigation, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Departure Alert, Lane Sway Warning, dan Subaru Rear Vehicle Detection.

Fitur keselamatan lain seperti airbags 6 buah, Vehicle Stability Control, ABS, EBD, serta Hill Start Assist sudah menjadi standar di mobil ini.

Performa

Subaru Crosstrek terbaru dibenamkan mesin 2.000cc e-boxer dengan teknologi hybrid. Namun besaran tenaga dan torsi yang dihasilkan belum terungkap. Hanya saja, jantung pacunya disempurnakan untuk mengurangi getaran dan suara mesin.

Sebagai informasi, mesin 2.000cc e-boxer hybrid yang digunakan pada XV saat ini menghasilkan tenaga 147 hp dan torsi 196 Nm, dengan motor listrik bawaannya menyemburkan tambahan 16.5 hp dan torsi 66 Nm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke setiap roda melalui Subaru Symmetrical AWD dan menggunakan transmisi Lineartronic CVT.

Kabarnya Subaru Crosstrek mulai dijual pada tahun 2023 dan dipasarkan lebih dulu di Jepang.. Untuk harga Subaru Crosstrek, sejauh ini belum diperoleh informasi yang aktual.

Loading