Sukses

Penting Diketahui Pemula, Ini Cara Nyalakan Lampu Mobil

Otosia.com, Jakarta Memperoleh pandangan yang baik saat mengendarai mobil sangatlah penting. Karena itulah peran lampu depan mobil alias headlamp sangat penting, terutama di malam hari.

Namun tak semua orang mengetahui cara menyalakan lampu mobil, terutama bagi pemula. Alhasil mereka harus mengetahui fungsi-fungsi setiap tombol di sekitaran setir mobil.

Lantas bagaimana caranya? Berikut ini cara menyalakan lampu mobil yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (19/9/2022).

1. Temukan tombol kendali lampu depan

Tidak ada tempat standar untuk semua mobil, namun ada beberapa titik yang biasa digunakan oleh produsen. Cari kendali lampu depan di panel dasbor atau stik di bagian dasar roda kemudi untuk menyalakan lampu.

Carilah suatu panel kecil dengan tombol putar. Simbol indikator lampu depan harusnya tercetak pada berbagai titik di tombol putar tersebut.

2. Lihat posisi "mati" pada stik

Pada awalnya, kendali lampu depan ini akan berada pada posisi "mati". Perhatikan simbol apa yang menandai posisi ini serta letaknya di tombol putar.

Ketika Anda mematikan mobil, Anda juga perlu mematikan lampu depan. Agar aki mobil tidak cepat habis karena menyalakan lampu pada saat mobil mati akan sangat menguras aki mobil menjadi soak.

3. Putar tombol pada bagian yang Tepat

Putar tombol hingga berada pada pengaturan yang tepat. Pengaturan-pengaturan ini akan ditandai dengan simbol-simbol yang berbeda.

Pengaturan pertama biasanya adalah lampu parkir. Di depan mobil, lampu ini berwarna oranye, sedangkan di belakang berwarna merah.

Pengaturan selanjutnya biasanya "low beam" atau "dipped beam". Kedua pengaturan ini memberikan pencahayaan depan dan samping, namun tidak menyilaukan mata. Pengaturan ini sebaiknya Anda gunakan di jalanan ramai, ketika mobil lain berada kurang dari 60 meter di depan Anda.

Mungkin Anda juga akan menemukan pengaturan "lampu kabut" di tombol putar ini, namun ada produsen mobil yang menempatkan kendali lampu kabut pada tombol lain tepat di samping kendali lampu depan

Kemudian lampu tembak atau high beam biasanya tidak ditempatkan di tombol putar ini. Pengaturan ini selalu dipisahkan pada stik yang berbeda di bawah roda kemudi.

4. Kapan Anda harus menggunakan lampu depan

Anda harus menggunakan lampu depan ketika jarak pandang Anda berkurang. Di malam hari, selalu menyalakan lampu depan. Gunakan lampu depan ketika ada mobil lain di sekeliling Anda, kemudian gunakan lampu tembak ketika sepi dan pakai lampu kabut ketika cuaca sedang buruk.

5. Perhatikan simbol lampu pada dashboard

Untuk mengetahui lampu mana yang sudah menyala Anda bisa melihat di dashboard mobil anda, pada setiap lampu yang menyala akan ada indikator lampu yang ikut menyala pada dashboard untuk memberitahu pengemudi lampu mana saja yang sudah menyala.

Penulis: Rayhan Rizki Sonjaya Putra

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading