Sukses

Penjualan Mobil Listrik Bulan Agustus 2022, Seberapa Laris Wuling Air ev?

Otosia.com, Jakarta Segmen mobil listrik mempunyai peminatnya tersendiri. Meski belum sepopuler mobil dengan mesin berbahan bakar internal, banyak konsumen beralih ke mobil listrik karena lebih ramah lingkungan dan biaya listrik yang terbillang murah.

Pun belum lama ini minat mobil listrik terbilang semakin meningkat. Hal ini berkaitan dengan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), di mana Pertalite menyentuh Rp 10.000 per liter dan Bio Solar menjadi Rp 6.800. Lalu Pertamax juga naik menjadi Rp 14.500 per liter.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan mobil listrik mencapai 1.021 unit di bulan Agustus 2022.

 

 

 

 

Posisi penjualan

Dari data tersebut, Wuling Air ev menjadi mobil listrik terlaris di bulan Agustus 2022. Mobil listrik mungil ini terjual sebanyak 821 unit, dengan 648 unit di antaranya merupakan Air ev tipe Long Range.

Di posisi kedua ada Hyundai Ioniq 5 yang mencatat penjualan 174 unit. SUV berpenampilan unik asal Korea Selatan ini paling banyak dipinang dalam model termahal Signature Long Range sebesar 159 unit.

Lalu posisi ketiga ditempati oleh Hyundai Ioniq. Sedan berpenampilan hatchback ini laris terjual sebanyak 16 unit bulan lalu, di mana Ioniq tipe Signature menjadi model favorit di angka 12 unit.

 

Banyak kosong

Posisi keempat dan kelima masing-masing diperoleh hatchback sporti MINI Cooper SE dengan total penjualan mencapai 6 unit dan ditempel dekat oleh SUV premium Lexus UX300e sebesar 4 unit.

Setelah posisi kelima, tercatat bahwa banyak mobil listrik lain yang tidak memperoleh hasil penjualan wholesales sama sekali. Beberapa mobil di antaranya termasuk Nissan LEAF, Hyundai Kona EV, Toyota C+Pod dan Toyota Coms.

Penjualan BEV selama semester 1 2022

Total penjualan wholesales Battery Electric Vehicle (BEV) sepanjang semester 1 lebih rendah dibanding bulan Agustus kemarin. Gaikindo mencatat bahwa mobil listrik terjual sebanyak 495 unit.

Dari total tersebut, Hyundai mendominasi penjualan mobil BEV. Mobil listrik murni terlaris selama bulan Januari-Juni jatuh pada Hyundai Ioniq 5 dengan angka penjualan mencapai 395 unit. Model paling diminati adalah Ioniq 5 Signature Long Range sebesar 246 unit.

Berikutnya di posisi kedua ada Nissan LEAF yang laris terjual 31 unit, Hyundai Ioniq di posisi ketiga dengan angka 29 unit dan Hyundai Kona EV di posisi keempat yang laku 20 unit sepanjang semester pertama tahun 2022.

Lalu Hyundai Genesis G80 Electrified menempati posisi kelima dengan total 10 unit. Sedan mewah tersebut ditempel dekat oleh Lexus UX 300e dan DFSK  Gelora E. Masing-masing terjual sebanyak 4 unit.

Posisi terakhir diperoleh Toyota C+Pod dengan total penjualan 2 unit saja.

 

Daftar penjualan

Berikut daftar penjualan mobil BEV untuk bulan Agustus 2022:

·     Wuling Air ev: 821 unit

·     Hyundai Ioniq 5: 174 unit

·     Hyundai Ioniq: 16 unit

·     MINI Cooper SE: 6 unit

·     Lexus UX300e: 4 unit

·     Nissan LEAF: -

·     Hyundai Kona EV: -

·     Toyota C+Pod: -

·     Toyota Coms: -

 
Loading