Sukses

Hyundai Segera Luncurkan Custin, MPV Baru Pesaing Toyota Innova

Otosia.com, Jakarta Tahun lalu Hyundai mengenalkan MPV terbarunya, yakni Hyundai Custo. Mobil keluarga ini mempunyai dimensi serba besar dan bongsor, dengan interior yang tidak kalah mewah.

Ukurannya yang cukup besar membuat Hyundai Custo cocok sebagai rival terbaru Toyota Kijang Innova, meski MPV buatan Toyota ini tidak dijual di negeri tirai bambu. Pun harga kedua mobil ini sekilas cukup sebanding.

Namun demikian kala itu MPV berkapasitas 7 penumpang ini hanya akan dijual di Tiongkok saja.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Nama berbeda

Selang beberapa waktu kemudian, Hyundai Custo baru-baru ini diluncurkan di luar Cina. Melansir newcar.u-car.com.tw, Rabu (21/9/2022), MPV ini dirilis di Taiwan dengan nama baru sebagai “Hyundai Custin”.

Ukuran mobil ini terbilang besar, dengan panjang 4.950 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.734 mm. Sebaliknya Toyota Kijang Innova pada umumnya mempunyai panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm.

Mobil ini pertama kali debut di pasar Tiongkok pada tahun 2021, sedangkan untuk negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand dan Vietnam akan diperkenalkan pada bulan November 2022 mendatang.

Eksterior dan interior

Hyundai Custo terlihat modern. Seperti ciri khas Hyundai, Custo mengadopsi bahasa desain “Parametric Dynamics Design”. Konsep tersebut diaplikasikan pada bentuk lampu depan yang menyatu dengan grille, sedangkan lampu belakangnya menyambung dari kiri ke kanan.

Selain itu Custin menggunakan pintu belakang sliding yang memudahkan akses keluar masuk, terutama di area parkir sempit. Ada juga penggunaan pelek lima palang bermotif akar.

Hyundai Custin mengadopsi bahasa desain modern, membuat interiornya terlihat mewah dan futuristis.

Hal yang paling mencolok adalah penggunaan layar besar berukuran 10.3 inci, mirip dengan layar besar Tesla. Selain itu Hyundai juga menyematkan speedometer digital, panoramic sunroof, serta captain seat elektrik di baris ke-2.

Sistem keselamatan

Layaknya MPV modern dan futuristis, Hyundai Custin telah dilengkapi peranti keselamatan aktif Hyundai Smart Sense.

Dengan kata lain mobil keluarga asal Korea Selatan ini memiliki fitur seperti Lane Keep Assist, Dynramic Radar Cruise Control, Collision Mitigation Braking System, dan Blind Spot Monitoring.

Sementara 6 airbags, ABS, EBD dan Vehicle Stability Control sudah menjadi standar di mobil ini.

Performa

Hyundai Custin tersedia dengan satu pilihan mesin, yakni jantung pacu 1.500cc turbo yang menghasilkan output 170 hp dengan torsi puncak berada di 28.5 kgm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui girboks CVT.

MPV bongsor ini bakal dibanderol mulai dari 1.33 juta dollar Taiwan atau Rp 636,4 juta dengan kurs 1 dollar Taiwan = Rp 478,53) untuk model GLTA-A. Sementara satu lagi adalah Custin GLTA-B yang dijual 1.47 juta Dollar Taiwan atau Rp 703,4 juta. Kedua harga ini khusus pre-sale.

Loading