Sukses

Gandeng Indomobil Group, Citroen Kembali ke Indonesia

Otosia.com, Jakarta Di antara sederet negara yang digdaya dengan merek mobilnya terutama di Indonesia, brand otomotif asal Prancis menjadi salah satunya. Masih ada beberapa yang eksis hingga kini, sebut saja Peugeot dan Renault.

Citroen sebagai contoh lain juga pernah terkenal di Indonesia, salah satunya dengan mobil "ambles" roda belakang, dan terakhir beredar massal pada dekade awal 1990-an.

Kabar terbarunya, Citroen resmi menyatakan niatnya untuk kembali ke Indonesia. Mereka bahkan akan bernaung di bawah grup Indomobil.

 

Video Terpopuler saat Ini

Di Bawah Indomobil Group

"Tahun 2022 ini akan menjadi tonggak baru kehadiran Citroën di Indonesia. Sebagai brand yang kuat, Citroën akan menjalin kerja sama dengan perusahaan otomotif ternama di Indonesia yaitu Indomobil Group," tulis pihak Citroen Indonesia dalam surat undangan peluncurannya.

Acara dalam surat undangan tersebut sendiri adalah penandatanganan kerja sama “Citroën Brand in Indonesia” yang akan dilakukan pada 4 Oktober 2022 di Melati Glass House, Hutan Kota by Plataran Kompl. Gelora Bung Karno, Jl. Jend. Sudirman Kav. 55, Jakarta Pusat.

Tiga sosok penting di balik brand ini pun disebut akan hadir, yakni Vincent Cobee, Brand CEO Citroën: Carl Smiley, CEO India & Asia Pacific of Stellantis serta Andrew Nasuri, Director of Indomobil Group.

Hadir di Indonesia Sejak 1930-an

Seperti juga kebanyakan nama-nama merek mobil legendaris asal Eropa di Indonesia, Citroen disebut sudah hadir di Tanah Air sejak tahun 1930-an melalui Citroen TA.

Setelah Citroen DS dan 2CV hadir tahun 1950-an dan 1960-an, kabarnya tipe Dyanne start eksis di Indonesia karena dipakai sebagai kendaraan proyek pembangunan waduk Jatiluhur Jawa Barat. Di sinilah kemudian ATPM dipegang PT Alun.

Tipe-tipe lainnya kemudian memperpanjang sejarah Citroen di dalam negeri. Ada GS, CX, dan terakhir di tahun 1994 adalah BX.

Untuk model terbaru, mereka pun menyediakan tren dengan menghadirkan model-model mini SUV ataupun crossover. Sebut saja Citroen C3, C4, dan C5.

Loading