Sukses

OLX Autos IMX 2022 Resmi Dibuka, Banjir Modifikasi Berkualitas Tinggi khas Indonesia

Otosia.com, Jakarta Acara OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos IMX 2022) resmi dibuka pada hari Sabtu (1/10/2022). Event modifikasi yang mengusung tema ‘The Indonesian Kalcer’ ini digelar meriah di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada 1-2 Oktober 2022.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita turut hadir dalam area pameran.

Pesta industri modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia, OLX Autos IMX 2022 terwujud berkat kolaborasi bersama OLX Autos sebagai Main Sponsor, Bank Neo Commerce sebagai Official Banking Partner, serta kehadiran dua Co-sponsor Belkote Paints dan Goodfix Aurocal dan tentunya puluhan brand partner serta member dari NMAA Indonesia.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

Pembukaan

Dalam acara seremonial pembukaan, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan OLX Autos IMX 2022 dapat mendorong aktivitas industri modifikasi aftermarket yang didominasi oleh para pelaku UMKM tiap daerah demi membangkitkan geliat modifikasi Nasional.

“Rangkaian gelaran OLX Autos IMX 2022 menjadi bukti multiplier effect economy guna mendorong para pelaku industri modifikasi di beberapa daerah Indonesia. Sepanjang 2022, di saat pandemi Covid-19 sudah mereda aktivitas para bengkel spesiali sudah mendekati normal yang tentunya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi,” tutur pria yang kerap disapa sebagai Bamsoet ini dalam sesi pembukaan.

“Hal ini semakin menunjukan kondisi guyub di tubuh industri kreatif untuk menembus sekat-sekat pembatas, kerukunan dan harmonisasi harus terus dibina. Hal ini merupakan modal dasar bagaimana Indonesia sebagai bangsa yang kuat dilihat oleh publik Internasional,” ujar Bamsoet.

Apresiasi

Ungkapan serupa juga disampaikan Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto.

“Hari ini saya merasa bangga karena berada di tengah anak muda dan atas arahan bapak presiden saya diminta untuk hadir dan mewakili beliau. Semoga acaranya berjalan lancar dan terus memberikan progres positif untuk kedepannya. Seperti diketahui, industri aftermarket atau secondary market mengalami pertumbuhan signifikan,” jelas Airlangga.

Upaya pemulihan di masa pasca pandemi saat ini, lanjut Airlangga juga turut menunjang peningkatan penjualan mobil bekas hingga 8 persen.

“Belum lama ini saya lihat dari data OLX Autos sudah mampu menjual lebih dari 20 ribu unit mobil bekas dalam satu bulan. Angka ini terbilang fantastis dengan estimasi total transaksi 4 triliun dalam satu bulan,” kata Airlangga.

Dalam upaya mendorong nilai tambah dari industri otomotif khususnya modifikasi. Ia berharap gelaran OLX Autos IMX 2022 yang menjadi medium berkreasi para modifikator bisa mulai meningkatkan produksi, kualitas dan penjualan secara ekspor

“Sejujurnya SDM Indonesia punya kekuatan dalam hal craftsmanship, hal ini juga termasuk keterampilan tangan dan kemampuan untuk tanggap terhadap teknologi modern,” lengkapnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno juga berharap OLX Autos IMX 2022 bisa terus hadir demi membangun industri modifikasi dan aftermarket tanah air yang saat ini masuk ke fase pemulihan setelah 2 tahun mengalami pandemi.

”Saya sangat mengapresiasi gelaran OLX autos IMX 2022 dimana di dalam ekspo modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia ini memiliki banyak sekali kolaborasi demi membangun percepatan bisnis dan ekonomi dari para pelakunya,” ungkap Sandiaga dalam sebuah video singkat.

Seremonial dibukanya gelaran OLX Autos IMX 2022 ‘The Indonesian Kalcer’ turut menghadirkan Standar Kompetensi Kerja Nasional dalam format buku modul pelatihan. Secara simbolis, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan langsung modul pelatihan tersebut kepada Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sekaligus IMX Peoject Director, Andre Mulyadi.

Kreativitas dalam negeri

Segmen modifikasi dinilai sudah menjadi hal umum. Banyak orang memodifikasi mobil mereka untuk meningkatkan tampilan hingga fungsionalitas.

Gelaran spektakuler OLX Autos IMX 2022 diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan terhadap produk -produk buatan anak bangsa yang kian kompetitif serta meningkatkan rasa bangga terhadap produk buatan lokal. Strategi tersebut adalah kunci pemulihan ekonomi berkelanjutan setelah diterpa pandemi selama dua tahun terakhir ini.

"Saat ini modifikasi atau personalisasi bukan sekedar menyasar pada segmentasi tertentu, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan untuk meningkatkan aspek estetika dan fungsional. Kehadiran OLX Autos IMX 2022 ini juga tidak terlepas dari seluruh elemen industri kreatif yang terus bertahan selama pandemi dan mampu beradaptasi serta melahirkan beragam inovasi terdepan,” ungkap Andre.

“Event ini menghadirkan beberapa program seperti reveal mobil dan penentuan pemenang Black Stone Live Modz Challenge 2022, deretan mobil modifikasi NMAA Top 50, Peluncuran produk aftermarket dan lifestyle, IMX tahun ini juga menghadirkan Supergiveaway On The Spot Subaru Forester AWD garapan 5 Car Enthusiasts untuk para pengunjung di lokasi venue dan Supergiveaway Online Toyota Innova 2KD besutan Ridwan Hanif,” imbuhnya.

 
Loading