Sukses

Soal Produksi Rocky Hybrid, Cocokkah untuk Masyarakat Indonesia?

Otosia.com, Jakarta Rocky Hybrid atau Rocky Hybrid HEV adalah satu di antara sederetan mobil baru yang ditunjukkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dengan kehadirannya di pameran, menarik disimak apakah kemudian Astra Daihatsu Motor membuka keran pemesanan dan menjadikan mobil ini salah satu andalan mereka? Ataukah mungkin masih menunggu waktu sekian lama lagi?

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

Mampu Membangun Mobil Hybrid

Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman menjelaskan bahwa sejauh ini belum respons dari konsumen terhadap mobil yang secara status merupakan Japan domestic market (JDM) tersebut.

"Tanggapan konsumen belum ada. Belum ada (pemesanan) masih showing unit. Customer dijelaskan bahwa ini masih JDM tetapi ini loh Daihatsu mampu secara built quality membangun mobil hybrid," kata dia.

Apakah sudah dinilai cocok dengan pasar di Indonesia, ini menjadi pertanyaan karena Rocky sebelum hadir di Tanah Air sudah lebih dulu melalui tes yang kemudian viral.

"Kalau cocok itu kan tergantung pengguna. Harusnya cocok cocok aja. Hybrid, EV, semua cocok," kata dia.

 

Rocky Berteknologi E-Smart Hybrid

Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle) dipamerkan oleh Daihatsu di Hall 5A GIIAS 2022. Mobil ini menggunakan teknologi E-Smart Hybrid dan telah diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021 lalu.

Daihatsu menggunakan mesin baru 1.200 cc dengan 3 silinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari.

Soal tranmisi, Transaxle (transmisi untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel. Dengan demikian, desainnya ringkas.

Soal keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi sistem keamanan aktif Smart Assist termasuk untuk fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan kecepatan.

 

Teknologi e-SMART HYBRID

Daihatsu Rocky HEV menerapkan teknologi e-SMART HYBRID yang telah diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021 lalu ini mengadopsi sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama. Adapun varian Daihatsu Rocky yang ditampilkan pada GIIAS ini adalah varian X HEV 2 WD.

Pada mesin Rocky Hybrid, Daihatsu menyematkan mesin baru 1.200 cc dengan 3 cylinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari, karena dapat memberikan akselerasi yang responsif, efisiensi bahan bakar optimal, serta memiliki harga kompetitif.

Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga memiliki desain mekanisme yang compact, dimana Transaxle (transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain yang ringkas.

 

Bobot Kendaraan

Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan berkat penyematan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

Dalam hal keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Tak hanya itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman.

Pada bagian lainnya, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda ketika dalam kondisi menikung apabila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Dalam hal pilihan, di Jepang Daihatsu Rocky Hybrid tersedia dalam 2 varian, yakni X HEV, dan Premium G HEV.

Loading