Sukses

Toyota Luncurkan Vios Generasi Keempat, Harga Mulai Rp 314,9 Juta

Otosia.com, Jakarta PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Vios generasi keempat, Rabu (12/10/2022). Perubahan terbilang menyeluruh, mulai dari segi desain hingga platfotm yang digunakan.

Sedan Vios generasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih lengkap dan advance untuk makin memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara, termasuk dengan disematkannya fitur berteknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

Hadirnya All New Vios juga untuk makin memperkuat segmen Toyota sekaligus menggairahkan pasar otomotif nasional yang masih menunjukkan pertumbuhan penjualan signifikan hingga saat ini.

“Hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru. Kami harap All New Vios dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen sedan dan meneruskan perannya sebagai market leader,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

 

Video Terpopuler yang Kamu Cari

Eksterior

Penggunaan platform baru pada All New Vios ini memberikan meningkatkan unsur kenyamanan dengan cara mengubah dimensi. Vios generasi keempat kini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Dari segi tampilan All New Vios mendapatkan rombakan total. Fascia depan didominasi grill trapezoidal besar bergaya tiga dimensi. Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED.

Lalu ada pula lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin dan dipertegas oleh garis bahu samping yang maskulin.

All New Vios tampak powerful dan elegan dengan adanya jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window) dan pelek alloy berukuran 17 inci. Tampilan mobil ini dilengkapi dengan atap bergaya fastback, lampu belakang LED L-shape, aksen diffuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bumper belakang.

Interior

Paduan tema desain elegant dan powerful terus berlanjut ke dalam kabin All New Vios. Interior mobil ini kini berwarna hitam dengan desain dasbor baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

Desain kokpit driver-oriented serta posisi duduk pengemudi yang pas menyediakan visibilitas keluar memadai dan menjaga kenyamanan mobilitas harian. Sedangkan peningkatan wheelbase dan bentuk atap fastback meningkatkan kenyamanan untuk penumpang belakang.

Jarak sumbu roda yang semakin jauh juga memastikan penambahan aspek kenyamanan sekaligus memperkuat handling di jalan. Bodi lebih rendah juga memberikan pusat gravitasi lebih baik, meningkatkan kualitas berkendara.

Fitur

All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi, Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Selain itu, handling All New Vios grade G yang mantap diperkuat oleh pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol di kemudi.

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashboard, di mana head unit ini sudah bisa terkoneksi ke handphone melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto.

Toyota Safety Sense

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif, yakni Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety. 

Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak dengan cara memberi peringatan dan bahkan mengeremkan mobil. Berikutnya adalah Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas.

Ketiga adalah Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil ke luar jalur. Sedangkan Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur.

Kelima, Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari dan mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Lalu ada Blind Spot Monitoring (BSM) yang mengingatkan apabila ada mobil di area blind spot, Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang dan Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman.

Performa

Selain TSS, All New Vios juga memiliki fitur rem ABS+EBD+BA, Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios.

Khusus untuk flagship All New Vios G CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving dan total airbags menjadi enam buah.

All New Vios kini mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini menyemburkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

All New Vios hadir dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Berikut daftar harga All New Toyota Vios:

Vios 1.5 E M/T Rp 314.900.000

Vios 1.5 G CVT Rp 355.200.000

Vios 1.5 G CVT TSS Rp 368.400.000

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading