Sukses

LMPV Terlaris, Toyota Avanza Pertahankan Gelar 'Mobil Sejuta Umat'

Otosia.com, Jakarta LMPV merupakan segmen tergemuk di Indonesia. Beberapa keunggulan dari mobil LMPV, seperti muat banyak, interior serba praktis, perawatan terjangkau, dan mesin yang cenderung hemat bahan bakar.

Sejumlah merek turut meramaikan segmen ini, mulai dari mulai dari Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Honda, Hyundai hingga Wuling.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan September 2022 mencatat angka 19.203 unit. Jumlah tersebut turun dibanding bulan Agustus yang mencapai 22.517 unit. 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Avanza paling laris

Dari total penjualan tersebut, Toyota Avanza menduduki posisi LMPV terlaris di bulan September 2022 yang mempertahankan sebutannya sebagai 'mobil sejuta umat'. Mobil keluarga andalan Toyota ini terjual sebanyak 5.510 unit, dengan Avanza tipe 1.5 G MT paling laris di angka 2.040 unit.

Berikutnya di posisi kedua ada Mitsubishi Xpander dengan total penjualan mencapai 3.282 unit. Varian paling diincar adalah model termahal Xpander Ultimate CVT yang laris 2.378 unit.

Posisi ketiga diperoleh Toyota Veloz. Varian premium dari Avanza ini mencatat penjualan sebesar 3.411 unit. Veloz Q tanpa Toyota Safety Sense (TSS) menjadi tipe favorit yang terjual 2.768 unit.

Toyota Veloz ditempel dekat Hyundai Stargazer. Satu-satunya LMPV asal Korea Selatan ini mencatat penjualan sebesar 2.839 unit bulan lalu. Tipe paling laku adalah Stargazer Prime Single Tone 6 Seater sebanyak 1.073 unit.

 

Livina terpuruk

Lalu di posisi kelima ada Daihatsu Xenia. Kembaran dari Avanza dan Veloz ini mencatat total penjualan 2.722 unit. Xenia varian 1.3 X MT menjadi model paling diminati dengan angka 861 unit.

Kemudian posisi keenam ditempati oleh Suzuki Ertiga yang mencatat wholesales sebesar 725 unit. Model paling diincar adalah Ertiga GX bertransmisi otomatis dengan penjualan mencapai 209 unit.

Di posisi ketujuh ada Wuling Confero. Satu-satunya LMPV asal Tiongkok dan berpenggerak roda belakang ini laku terjual sebanyak 642 unit. Confero tipe S 1.5 menjadi model paling diminati di angka 581 unit.

Berikutnya posisi kedelapan ada Honda Mobilio. Mobil ini mencatat angka 57 unit, di mana seluruhnya adalah Mobilio termurah tipe S.

Posisi terakhir diperoleh Nissan Livina. Kembaran dari Mitsubishi Xpander ini tidak bisa merasakan kesuksesan yang sama, lantaran hanya laku sebanyak 15 unit di bulan September 2022.

 

Komparasi

Sebagai komparasi, penjualan mobil LMPV di bulan Agustus kemarin mencapai total 22.517 unit.

Dari data tersebut, mobil LMPV terlaris adalah Toyota Avanza dengan total penjualan sebesar 7.030 unit. Model terlaris adalah Avanza G 1.5 MT yang terjual sebanyak 2.221 unit bulan lalu.

Berikutnya di posisi kedua ada Mitsubishi Xpander. LMPV andalan Mitsubishi ini mencatat angka penjualan sebesar 5.212 unit. Tipe paling diminati adalah Xpander Ultimate 1.5 CVT di angka 3.628 unit.

Posisi ketiga ditempati oleh pesaing baru Hyundai Stargazer. Mobil keluarga terbaru asal Korea Selatan ini mencatat penjualan sebanyak 3.955 unit, di mana 1.299 unit merupakan tipe Prime Single Tone 6 seater.

Livina tetap terakhir

Lalu di posisi keempat dan kelima, masing-masing diisi oleh Toyota Veloz dengan total penjualan 2.431 unit dan Daihatsu Xenia yang terjual sebanyak 1.687 unit.

Tipe paling diincar unutk Veloz merupakan varian Q tanpa Toyota Safety Sense (TSS) sebesar 1.277 unit. Sedangkan model terlaris Xenia adalah tipe 1.3 X MT di angka 1.025 unit.

Di posisi keenam ada Suzuki Ertiga yang laku 1.085 unit, di mana Ertiga GL MT terjual 287 unit. Ertiga ditempel dekat oleh Wuling Confero S dengan total 947 unit, sebanyak 635 unit di antaranya datang dari varian Confero S 1.5.

Urutan kedelapan diisi oleh Honda Mobilio. LMPV andalan Honda ini mencatat penjualan di angka 120 unit, di mana semuanya merupakan tipe termurah Mobilio S MT.

Paling buncit adalah Nissan Livina yang hanya terjual 50 unit untuk wholesales bulan Agustus 2022. Tipe paling laku adalah Livina VL sebesar 44 unit.

 
Loading