Sukses

Diimpor dari India, KIA Carens Indonesia Ikut Kena Recall?

Otosia.com, Jakarta Baru-baru ini KIA menarik kembali (recall) ribuan Carens di India setelah ditemukan masalah pada airbag control modul software. KIA kemudian melakukan perbaikan melalui software update.

Secara total ada 44.174 unit KIA Carens yang terdampak. KIA meminta setiap pemilik Carens di India untuk segera melakukan perbaikan di bengkel resmi secara gratis.

Yang menarik KIA Indonesia tampak adem ayem. Padahal KIA Carens yang dipasarkan di Indonesia diimpor dari India. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah Carens yang dijual di Indonesia bakal menyusul di-recall?

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

Tanggapan KIA Indonesia

Penarikan Carens di India dan dampaknya ke Indonesia, kemudian dijawab oleh Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek KIA di Indonesia.

Ario yang dihubungi Otosia.com, Rabu kemarin (12/10/2022) enggan untuk memberi penjelasan lebih jauh. Alasannya, KIA Indonesia masih menunggu balasan sekaligus klarifikasi dari principal-nya di Korea Selatan, terkait racall Carens di India dan kemungkinan model yang sama terdampak di Indonesia.

“Sampai saat ini belum ada pemberitahuan dari principal mengenai KIA carens yang di ekspor,” jawab Ario.

 

Pengaruh

Ario juga menampik recall di India akan memberikan dampak signifikan bagi penjualan KIA Carens di Indonesia. Untuk pasar Indonesia mobil ini masih tergolong baru, karena KIA Carens dirilis pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bulan Agustus 2022 kemarin.

Sejak resmi diluncurkan sampai sampai saat ini, KIA telah mendistribusikan sekitar 100 unit All New Carens kepada para pemesannya di Indonesia.

“Tidak lah. Tidak ada pengaruhnya. Sampai saat ini sejak GIIAS kalau dari data Gaikindo sudah 100 unit,” tutup Ario seperti dikutip dari merdeka.com, Jumat (14/10/2022).

Spesifikasi

KIA Carens di Indonesia ditawarkan sebagai MPV bertampilan modern dan kaya akan fitur. Mobil ini tampil sleek dengan beberapa elemen desain diambil dari SUV, seperti overfender di roda dan adanya roof rail di atap.

Eksterior mobil ini terbilang lengkap, lantaran KIA menyematkan banyak fitur unggulan. Sebagai contoh lampu depan dan belakang sudah LED, ada keyless entry, pelek two tone, rem belakang sudah cakram dan ada sunroof.

Interior KIA Carens disematkan beragam fitur kenyamanan, di antaranya ambient lighting, speedometer digital, sistem audio premium buatan BOSE, kerai privasi untuk baris kedua, pendingin kursi di baris pertama dan lainnya.

 

Performa

Untuk pasar Indonesia, KIA Carens tersedia dalam dua varian. Pertama adalah varian 1.500cc naturally aspirated yang dikenal dengan nama Smartstream Gamma II.  Dapur pacunya menghasilkan output 115 PS dan torsi 250 Nm.

Opsi kedua adalah mesin 1.400cc turbo Kappa, cocok bagi penyuka performa. Mesin ini menyemburkan tenaga sebesar 140 PS dengan torsi puncak di angka 242 Nm.

Varian 1.500cc naturally aspirated menyalurkan tenaga mesin melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT), sedangkan model 1.400cc turbo menggunakan girboks Dual Clutch Transmission (DCT). Setiap tipe Carens berpenggerak roda depan (FWD).

Harga

Berikut daftar harga terbaru KIA Carens di Indonesia:

·  KIA Carens 1.5MPI – Premiere (7 seats) Rp 389.000.000

·  KIA Carens 1.4T – Premiere (6 seats) Rp 449.000.000

 
Loading