Sukses

ASEAN NCAP Uji Tabrak 2 SUV Honda, Begini Hasilnya

Otosia.com, Jakarta Uji tabrak kerap dilakukan untuk mengetahui kemampuan sebuah mobil melindungi penumpang dari kecelakaan. Selain pengujian internal, tes ini pun dilakukan oleh lembaga-lembaga independen dan profesional. Hasilnya, tes tabrak kerap menjadi rujukan bagi konsumen dalam memilih sebuah mobil.

Salah satu kendaraan yang belum lama ini dites adalah All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V/ Keduanya telah diuji tabrak oleh ASEAN New Car Assestment Program (NCAP).

Pengetesan oleh ASEAN NCAP mencakup keselamatan orang dewasa (Adult Occupant), keselamatan anak-anak (Child Occupant), peranti keselamatan (Safety Assist), dan keselamatan pengendara motor (Motorcyclist Assist).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Tes Benturan

Uji Frontal Offset Impact dilakukan menggunakan boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan penumpang depan serta dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang.

Kecepatan uji tabrakan adalah 64 km/jam ketika menabrak penghalang tabrakan yang menggunakan  aluminium yang dapat hancur.

Selain itu, dilakukan pula Side Impact Test, dilakukan dengan memasang boneka uji tabrak di kursi pengemudi dan dua boneka anak pada Child Restraint System (CRS) di kursi belakang. MDB (Moving Deformable Barrier) mendekati mobil yang diuji situasional. Kecepatan tes adalah 50 km/jam.

Rating Keselamatan All New HR-V

All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V menjadi dua produk terbaru dari Honda yang berhasil meraih rating tingkat keselamatan tertinggi yaitu 5 bintang dari program ASEAN NCAP.

All New Honda HR-V berhasil meraih total skor 81.38 dari 100. All New Honda HR-V pertama kali diperkenalkan di kawasan Asia Tenggara pada bulan November 2021 lalu. Di Indonesia sendiri model ini diluncurkan pada 23 Maret 2022.

Hingga kini All New Honda HR-V ini telah dijual di sembilan negara di kawasan ASEAN dengan total penjualan kumulatif lebih dari 25.000 unit.

Skor All New BR-V

Sementara model SUV Honda lainnya yaitu All New Honda BR-V berhasil meraih total skor 77.02 dari 100. All New Honda BR-V generasi kedua diluncurkan pertama kali di Indonesia pada bulan September 2021 dan mulai dijual pada bulan Januari 2022.

SUV ini kemudian mulai diekspor ke berbagai negara sejak Maret 2022, seperti ke negara-negara di kepulauan Karibia, kemudian Thailand dan Afrika Selatan sebanyak 2.671 unit hingga akhir September 2022 lalu.

Kedua model SUV Honda tersebut telah dilengkapi dengan teknologi Honda SENSING yang merupakan teknologi canggih untuk memandu sistem berkendara. 

Selain itu kedua SUV tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan mempuni, di antaranya Honda LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Walk Away Auto Lock, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.

Penghargaan ASEAN NCAP

Atas serangkaian tes benturan tersebut, All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V meraih peringkat keselamatan tertinggi dalam program ASEAN NCAP Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh perwakilan NCAP & MIROS (Malaysian Institute of Road Safety Research) di Nusa Dua, Bali, belum lama berselang.

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara. Program ini bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar untuk kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN.

Uji tabrak yang dilakukan merupakan bentuk kolaborasi antara ASEAN NCAP dan juga Japan Automobile Research Institute (JARI). Secara umum, pengujian harus dilakukan setelah produksi massal model dimulai.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak ASEAN NCAP yang telah melakukan pengujian fitur keselamatan produk-produk Honda melalui prosedur dan standar yang sangat ketat,” ujar   Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT Honda Prospect Motor.

Loading