Sukses

ZF Aftermarket dan B-Quik Perkuat Pasokan Suku Cadang Mobil Eropa di Indonesia

Otosia.com, Jakarta Pasar otomotif di tanah air yang cukup besar dan potensial mendorong ZF Aftermarket Indonesia (ZF) menggandeng B-Quik yang merupakan jaringan bengkel independen yang tersebar di area Jabodetabek.

ZF Aftermarket Indonesia dan B-Quik menjamin ketersediaan stok suku cadang aftermarket dan layanan servis otomotif berdasarkan hasil kerjasama yang telah terjalin. Pemilik kendaraan akan mendapatkan layanan dan kualitas sesuai standar ZF dan B-Quik.

“Kami menawarkan jajaran produk dengan teknologi tinggi yang dapat membantu membangun solusi masa depan yang lebih berkelanjutan. Kerjasama dengan B-Quik ini menjadi sebuah kolaborasi yang strategis melalui transfer pengetahuan yang berkelanjutan bagi para mekanik B-Quik,” ujar Dominic Roth, Head of Business Line Passenger Car - Asia Pacific.

Video Paling Dicari saat Ini

Pelatihan dan Pemasangan

Dalam Kerjasama tersebut. ZF akan lebih fokus dan memperkuat sistem layanannya pada kemitraan dengan B-Quik. Beberapa langkah kerjasama penting mereka bukan hanya di sisi penambahan pasokan suku cadang semata. Tetapi juga sampai dengan pelatihan dan pembangunan sistem informasi teknis mutakhir.

Selain itu ZF akan memberikan pelatihan kepada B-Quik dalam hal pemahaman produk mulai dari spesifikasi hingga pemasangan yang akan dilaksanakan di situs pabrik ZF. 

Perusahaan ini menyediakan neragam suku cadang premium, mulai dari transmisi hingga sistem suspensi set secara lengkap, Misalnya Lemforder untuk komponen sasis, Sachs untuk peredam kejut, serta TRW untuk sistem pengereman.

Lini Produk

Dominic menjelaskan, ZF Aftermarket Indonesia memahami bahwa perkembangan teknologi khususnya dalam industri otomotif terus berkembang pesat. “Karena itu, kami dapat membangun sumber daya manusia untuk Subject Matter Expertise atau seseorang yang ahli dalam bidangnya,” jelasnya.

Dengan menawarkan berbagai produk untuk berbagai jenis mobil penumpang, B-Quik akan menawarkan lini produk lengkap untuk kendaraan penumpang di bawah kemitraan dengan ZF ini, termasuk untuk mobil besutan merek Eropa dan Asia.

“Kami akan terus mencermati dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan suku cadang aftermarket. Tidak terbatas pada merek otomotif aftermarket dari Eropa saja, tetapi kami akan lebih mengembangkan dukungan untuk merek-merek Asia yang sebagian besar dimiliki oleh masyarakat Indonesia” tambah Dominic.

Membangun SDM dan Cabang

Sementara itu Managing Director B-Quik, Vincent L. Goettsch mengatakan, kerjasama dengan ZF Aftermarket Indonesia dapat menjadi sebuah bekal agar B-Quik dapat terus berkembang dan berharap menjadi pilihan utama untuk perawatan mobil masyarakat.

“Hal ini kami realisasikan dengan pembukaan cabang yang tersebar di wilayah Jakarta dan yang terdekat pada bulan November 2022, kami akan membuka cabang terbaru yakni B-Quik Graha Raya,” papar Vincent.

ZF Aftermarket Indonesia dan B-Quik Indonesia saling mendukung dalam kolaborasi ini untuk menyediakan serta membangun sumber daya manusia agar menciptakan Subject Matter Expertise atau yang ahli dalam bidangnya.

Suku Cadang Mobil Eropa

ZF sendiri memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun dalam hal teknologi dan pengembangan teknologi Original Equipment Quality parts.

Menurut Dominic, di Indonesia, 90% populasi kendaraan adalah manufaktur dari merek-merek Asia seperti Jepang, Korea Selatan, bahkan China. Maka dari itu, ZF Aftermarket Indonesia akan memastikan ketersediaan suku cadang untuk kendaraan buatan Eropa dan Asia tetap tersedia baik saat ini maupun di masa mendatang.

“Berpengalaman lebih dari 100 tahun dalam teknologi, keahlian serta pengalaman mengembangkan suku cadang berkualitas original equipment, kami melihat bahwa Indonesia merupakan pasar otomotif yang kuat,” tutup Dominic.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading