Sukses

AYC dan 7 Fitur Xpander Cross yang Janjikan Aman Luar-Dalam

Otosia.com, Jakarta New Xpander Cross sebagai sebuah kendaraan keluarga yang dijanjikan punya ekstra dengan selogan Rise to Your Life's Adventure didukung oleh fitur-fitur keselamatan.

Jika disimak, fitur-fitur ini bersifat aktif dan juga pasif. Fitur pasifnya sendiri antara lain bodi mobil yang sudah mengadopsi platform RISE (Reinforced Impact Safety Evolution).

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

Struktur Bodi

Dikembangkan sejak 1990-an, RISE sendiri adalah sistem bodi monokok yang menggabungkan bagian depan dan belakang yang menyerap energi dengan kerangka kuat untuk penumpang dan kaku.

Ia memiliki batang penguat baja tarik tinggi di pintu dan bahan penyerap energi di pilar samping dan rel atap. Struktur bodi didasarkan pada cangkang satu bagian dengan tingkat kekakuan lentur dan torsional yang tinggi, yang menyediakan rangka baja untuk keselamatan pengemudi dan penumpang.

"Memang kami mempunyai unique selling point yang tidak dimiliki oleh produk lain terlebih lagi dari aspek keamanan. Kalau bisa di-declrae, head to head dengan yang ada, kami terbaik di kelasnya," kata Amiruddin, General Manager of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

 

Fitur Unik AYC

Di luar fitur pasif tersebut, Mitsubishi juga menyematkan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution dengan Brake Assist, Hill Start Assist supaya tidak panik di tanjakan, Active Stability Control Multi-Around Monitor, Emergency Stop Signal, hingga Pedestrian Protection.

Selain itu juga terdapat fitur keamanan pendukung seperti. Fungsinya ibarat mata dari atas untuk memantau kondisi sekitar mobil. 

Yang terdengar segar ketika bicara New Xpander Cross adalah AYC. Uniknya, AYC atau Active Yaw Control pernah digunakan di mobil sedan sport legendaris mereka, Evo X.

"AYC pertama di low SUV Indonesia. Dia pernah ada di Evo X, dan fungsinya terutama untuk jalan licin," kata Muhammad Arif Dwianto - Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

 

Mencegah Oversteer dan Understeer

AYC pada dasarnya merupakan sistem pengereman. Perannya untuk meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

"Fungsi ini pada dasarnya menghindari yang enggak perlu, termasuk oversteer dan understeer," ujar Rifat Sungkar, brand ambassador dari Mitsubishi yang juga pereli dengan mengandalkan Mitsubishi Xpander AP4.

Kondisi yang akan membuat AYC berperan adalah ketika mobil menikung di permukaan jalan yang licin. Pada saat itu, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan.

Menurut Rifat, AYC bekerja berdasarkan perhitungan terhadap tiga faktor. Faktor-faktor tersebut berkaitan dengan putran mesin hingga putaran roda.

 

AYC Didukung ABS dan ASC

Demi mendukung kebutuhan akan keselamatan berkendara, New Xpander Cross khususnya dibekali banyak sistem. Namun kesemua itu sebagai langkah preventif.

Namun, ia tidak selalu bekerja secara terus-menerus, atau hanya ketika dibutuhkan. Dengan demikian, sistem kerja berdasarkan kebutuhan tersebut tidak lantas membebani kerja kendaraan.

AYC bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC) yang sudah ada di New Xpander Cross. Sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

 
Loading