Sukses

Wuling Motors Pastikan Almaz Hybrid Meluncur Pekan Depan

Otosia.com, Jakarta Setelah ditampilkan pada IEMS 2022 dan didaftarkan di Samsat DKI Jakarta, akhirnya Wuling Motors memastikan peluncuran Almaz hybrid berlangsung pekan depan.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi Otosia.com, Kamis (27/10/2022), Wuling Almaz hybrid akan diluncurkan Kamis depan, 3 November 2022 di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Sebelumnya Wuling Motors I menampilkan Almaz hybrid Concept pada gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 lalu. Kehadiran Wuling Almaz Hybrid Concept juga menjadi wujud komitmen Wuling dalam menghadirkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

“Kami pun tidak berhenti untuk berinovasi bagi masyarakat Indonesia dan hari ini kami membawa serta teknologi hybrid dalam bentuk Almaz Hybrid Concept yang secara khusus kami tampilkan di sini,” jelas Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Terdaftar di Samasat DKI Jakarta

Pendaftaran Wuling Almaz hybrid sudah terendus sejak dua minggu lalu. Informasi mobil ini bisa dilihat pada situs Samsat DKI Jakarta di kategori Minibus Wuling.

Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil ini terletak di posisi paling pertama, sebagai Almaz RS 2.0 DHT LV3. SUV ini diduga kuat sebagai Almaz Hybrid, lantaran Almaz pada umumnya menggunakan mesin 1.5T dan ‘DHT’ bisa diartikan sebagai Dedicated Hybrid Transmission.

Sementara LV3 bisa jadi mengacu pada tipe mesin hybrid yang digunakan, yakni Hybrid Level 3.

Nilai NJKB

NJKB Wuling Almaz Hybrid tercatat sebesar Rp 325 juta. Angka tersebut lebih tinggi dibanding model Almaz lain, seperti Almaz RS termahal mempunyai NJKB sebesar Rp 276 juta.

NJKB tersebut hanya selisih Rp 2 juta dengan Innova V 2.4 Diesel bertransmisi manual. Artinya kemungkinan besar SUV ini akan dibanderol sekitar Rp 450 jutaan.

Harga resmi Wuling Almaz Hybrid RS nantinya boleh jadi cukup terjangkau, mengingat Nissan Kicks e-Power saat ini dijual Rp 482,8 juta dan Toyota Corolla Cross hybrid dibanderol Rp 540,9 juta.

Bermesin 2000cc.

Ada satu bocoran terkait mobil ini yang diperlihatkan pada booth Wuling di IEMS 2022. Lebih tepatnya adalah informasi tentang mesin yang digunakan, di mana Almaz Hybrid mengusung jantung pacu berkapasitas 2.000cc.

Almaz hybrid diklaim memberikan tingkat efisiensi yang optimal. Ada juga fitur seperti intelligent electronic control system, transmisi khusus Dedicated Hybrid Transmission (DHT), motor listrik dan generator P1+P3 dan baterai berupa Lithium Power Battery.

Meski belum dikonfirmasi oleh Wuling, kemungkinan besar jantung pacu ini merupakan mesin yang sama seperti kepunyaan Wuling Xingchen HEV di Tiongkok.

Prediksi

Melansir carnewschina.com, Jumat (30/9/2022), Wuling belum lama ini memperkenalkan varian terbaru berteknologi hybrid untuk SUV tersebut. Wuling Asta, nama lain Wuling Xingchen, kini tersedia dengan pilihan mesin 2.000cc hybrid, sama seperti Wuling Almaz di IEMS 2022.

Dapur pacunya berupa mesin 2.000cc bensin Atkinson cycle yang menghasilkan tenaga sekitar 136 PS. Mesin ini dikawinkan dengan seri motor listrik ganda P1+P3 parallel architecture dan menggunakan girboks DHT.

Gabungan antara sepasang motor listrik dan mesin 2.000cc tersebut menyemburkan tenaga 177 PS dengan torsi puncak 320 Nm. SUV ini diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 7.8 detik, bisa menjelajah hingga 1.100 km dan mempunyai konsumsi bahan bakar 21.7 km/l dalam kota.

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Loading