Sukses

Rifat Sungkar Akan Geber Mitsubishi Triton di Balap Reli Paling Ekstrem di Asia AXCR 2022

Otosia.com, Jakarta PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendukung penuh turunnya Rifat Sungkar ke ajang rally AXCR 2022 di Thailand. Event kelas Asia tersebut sedianya akan dihelat akhir November 2022 nanti.

"Kami ingin jadi bagian penting dalam petualangan ini. AXCR 2022 di Thailand pada akhir November ini disuport oleh Mitsubishi pusat. Keterlibatan Hiroshi Masuoka di dalamnya. Kompetisi ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan produk kami selanjutnya," ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Keikutsertaan Mitsubishi ini juga disebut sebagai pembuktian durabilitas produk yang mereka ciptakan. Dari sini, Naoya mengaku akan mempertimbangkan hasil balapan sebagai pembelajaran untuk improvisasi produk yang mereka pasarkan ke seluruh dunia.

 

Video Paling Dicari saat Ini
 

Apa Kata Rifat Sungkar?

Rifat Sungkar, sosok sukses dibalik kemudi Xpander AP4 ini mengaku sangat terkejut dengan kembalinya Mitsubishi ke kancah motorsport. Juara Nasional Reli 2022 ini nanti bakal bergabung dalam tim Mitsubishi Ralliart.

"Tahun ini kembalinya Mitsubishi langsung di ajang AXCR, ini seperti Paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan, komunikasi, biasanya saya reli 200 kilometer di setiap reli. Sekarang kaim jalan 1.700 kilometer. Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun," tutur Rifat.

Tim Mitsubishi Ralliart ini nanti akan digawangi oleh direktur Hiroshi Masuoka, mantan pembalap yang juga juara Reli Dakar dua kali. Kini ia mengomandani tim engineer Mitsubishi Motors untuk urusan teknis.

"Saya belum pernah ikuti ajang ini. Harapan saya besar, saya punya poster Mitsubishi tim, saya ternyata bisa jadi bagian ini. Menang-kalah saya sudah menang karena sudah mewujudkan mimpi saya," sambung Rifat.

 

Target Tim

Rifat menjelaskan bila Mitsubishi sendiri sudah cukup lama tidak berkecimpung dalam ajang motor sport. Setidaknya 10-12 tahun absen. Makanya ia sangat bangga dan bersemangat ketika ia ditunjuk sebagai pembalapnya.

Ia menyebut punya target untuk menang di kelasnya.

"Untuk target pribadi, sama sebenarnya, berangkat itu targetnya menang, kalau enggak menag agak usah berangkat. Menang yang saya maksud, kita datang ke sini bukan dengan kelas kendaraan paling atas tapi production car," ucapnya.

 

Bukan Menggunakan Xpander AP4

Dalam laga beradu kecepatan di medan offroad nanti, Rifat tidak akan menggunakan Xpander AP4, melaikan Mitsubishi Triton.

Mobil ini memakai mesin diesel empat silinder turbo berkode 4N15 dengan silinder 2.442cc DOHC 16 katup. Tenaga puncaknya mencapai 181 PS di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm.

Saat sampai di Thailand, suami dari Sissy Prescillia sempat dibikin kaget.

“Begitu saya di Thailand, saya kaget. Testing tiga hari, mobil yang dipakai standar, yang diganti shocbreaker-nya saja,” ungkapnya saat konferensi pers yang digelar PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia di Jakarta, Selasa 1 November 2022.

Dia kagum dengan kemampuan tim Mitsubishi, bagaimana mereka menyiapkan Triton yang akan ia gunakan bertahan di kondisi ekstrem agar tahan banting tanpa kerusakan berarti.

“Waktu saya testing ada kotak segede kotak sepatu. Saya tanya apa ini, ternyata kotak itu ada 16 telemetri di semua titik sudut mobil. Setelah itu, mereka cek mana yang retak sasisnya. Sampai ribuan kilometer, tidak ada keretakan,” imbuhnya.

 
Loading