Sukses

Berapa Kesamaan WR-V dengan Model Lain, Salah Satunya All New BR-V

Otosia.com, Jakarta PT Honda Prospect Motor (HPM) kemarin meluncurkan produk terbarunya Honda WR-V. Mobil ini diposisikan sebagai mobil paling kecil dari lini produk SUV Honda di Indonesia, sekaligus menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Mobil ini ditawarkan dalam tiga varian, mulai dari E, RS dan RS with Honda Sensing. Semua tipe mengusung tampilan SUV yang sama, hanya dibedakan dari segi kelengkapan fitur.

Yang menarik desain Honda WR-V terbaru mempunyai banyak kemiripan dengan model Honda lainnya, mulai dari BR-V hingga HR-V.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Kesamaan dengan BR-V

Kesamaan desain pertama bisa dilihat pada eksteriornya. Honda WR-V mempunyai area depan mirip dengan BR-V. Lebih tepatnya bagian fender depan, pilar A, hingga spion dan bahkan pintu depan.

Khusus fender depan juga terlihat bentuk body cladding yang sama, tarikan garis di posisi yang sama dan bentuk kap mesin juga mempunyai lengkungan di dekat kaca depan. Penenmpatan gagang pintu baris kedua juga terinspirasi oleh Honda HR-V, diposisikan tersembunyi menyatu dengan kaca baris kedua.

Sedangkan WR-V tipe E juga menggunakan bentuk pelek yang sama seperti BR-V varian E, yakni lima palang dan single tone. Lampu depannya justru menyerupai desain lampu Honda Brio, tanpa adanya DRL LED.

Mesin WR-V juga mirip dengan kepunyaan BR-V. Lebih tepatnya jantung pacu andalan Honda, yakni mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Mesin ini juga ditemukan pada Honda BR-V, Honda City dan Honda HR-V.

Kesamaan di Interior

Kesamaan desain juga ditemukan pada bagian interiornya. Kabin WR-V pada dasarnya mengambil basis dari BR-V secara menyeluruh.

Paling mencolok terlihat pada bagian dasbor, di mana dasbor WR-V mempunyai letak head unit, bentuk ventilasi AC, setir, speedometer, konsol tengah, dan panel AC yang sama. Yang berbeda adalah kontras warna jahitan dan aksen-aksen berwarna merah.

Rasa berkendaranya pun serupa, layaknya mobil SUV dengan high ground clearance yang tinggi. Bahkan, sama seperti BR-V, SUV kompak ini juga belum dilengkapi setir dengan setelan teleskopik.

Alasan kesamaan

Banyaknya kesamaan Honda WR-V dari mobil Honda lainnya dijelaskan oleh Poychat Ua-arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd.

Pada dasarnya All New Honda WR-V menggunakan basis yang sama dengan All New BR-V yang debut di Indonesia tahun lalu. Bahkan, diluar setelan Engine Control Unit (ECU) yang berbeda, keduanya relatif sama dari segi spesifikasi.

“Jadi mobil ini menggunakan platform yang sama dengan BR-V yang diluncurkan tahun lalu. Mesinnya sama, hanya setingan ECU-nya berbeda. (Bagian) timing, injection dan ignition kurang lebih sama,” tutur Poychat di sela-sela peluncuran Honda WR-V kemarin, Rabu (3/11/2022).

Perbedaan

Meski Honda WR-V mempunyai banyak kesamaan dengan model Honda lainya, mobil ini juga menghadirkan beberapa desain baru yang berbeda.

Sebagai contoh adalah bagian belakangnya. Honda WR-V tidak bisa menampung 7 penumpang layaknya BR-V. Lalu corak panel pintunya juga berbeda dan baris kedua tidak mendapatkan panel-panel soft touch maupun armrest.

Fascia depan WR-V juga berbeda, cenderung lebih agresif dan sporti. Begitu juga sektor buritan yang meneruskan konsep desain yang sama. Varian RS juga mendapatkan pelek 17 inci berwarna two tone dengan bentuk berbeda.

Loading