Sukses

Deretan Mobil Baru yang Tak Kunjung ‘Bersolek’, dari Brio hingga X-Trail

Otosia.com, Jakarta Tahun 2022 diwarnai kehadiran beberapa mobil baru di Indonesia. Banyak merek memperkenalkan versi terbaru dari mobil andalannya, mulai dari penyegaran hingga full model change.

Sebagai contoh adalah pengenalan versi hybrid untuk Ertiga dan Almaz, lalu New Xpander Cross terbaru juga debut. Begitu juga mobil niaga seperti Mitsubishi L300 dan Daihatsu Gran Max turut mendapatkan pembaruan model.

Namun beberapa mobil lainnya tidak mendapatkan penyempurnaan. Bahkan beberapa model berikut ini masih dijual sebagai mobil baru, meski sudah cukup lama tidak di-upgrade.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

1.     Honda Brio

Pertama adalah Honda Brio. Mobil yang dikategorikan sebagai LCGC maupun city car ini pertama kali mengaspal pada tahun 2018 silam dan hingga saat ini belum menerima perubahan signifikan, baik dari segi styling atau fitur.

PT Honda Prospect Motor (HPM) terakhir memberikan penyegaran ringan pada Brio RS Urbanite di tahun 2022, di mana versi ini mendapatkan spoiler baru dan pilihan warna berbeda. Sisanya tetap sama dengan Brio RS standar.

Meski demikian angka penjualan Honda Brio tetap moncer. Bahkan, berdasarkan data wholesales Gaikindo, penjualan hatchback ini mencapai 6.246 unit di bulan September kemarin, mendekati Toyota Avanza di posisi pertama dengan angka 6.855 unit.

2.     Nissan Serena

Berikutnya adalah Nissan Serena. Generasi kelima mobil ini diperkenalkan di tanah air pada tahun 2019 silam. Dari debut perdananya sampai saat ini Nissan Serena di Indonesia hingga belum menerima perubahan besar.

Rival dari Toyota Voxy ini masih mengandalkan fitur yang sama sejak diluncurkan. Paling mencolok adalah absennya fitur keselamatan aktif seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control yang sudah tersedia pada rivalnya.

Nissan Serena dikabarkan akan mendapatkan full model change dalam wakut dekat, berubah dari Serena C27 menjadi C28. Namun belum diketahui apakah mobil ini akan dijual di Indonesia atau tidak.

3.     Nissan X-Trail

Masih pada merek Nissan, Mobil yang tak kunjung mendapat pembaruan adalan Nissan X-Trail. Mobil ini terakhir menerima improvement pada tahun 2019 di mana X-Trail mendapatkan update ringan dari segi tampilan dan interior, serta fitur Nissan Intelligent Mobility.

Penjualan mobil ini cukup terpuruk dibanding para lawannya. Sebagai contoh, data wholesales Gaikindo tahun 2021 mencatat angka penjualan 20 unit untuk X-Trail. Sedangkan rivalnya Honda CR-V mencapai 8.972 unit dan bahkan DFSK Glory i-Auto terjual 100 unit di tahun yang sama.

Nissan X-Trail terbaru berkode T33 sudah debut di berbagai negara, termasuk di Thailand. Namun PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) belum memberi bocoran apakah mobil itu akan diboyong ke tanah air kelak.

4.     Volkswagen Polo

Terakhir adalah Volkswagen (VW) Polo. Hatchback sekelas Honda City hatchback dan Toyota Yaris ini bisa dibilang sebagai salah satu mobil paling berumur saat ini, lantaran VW Polo generasi kelima sudah diproduksi sejak tahun 2009.

Hal ini terlihat dari sisi interiornya yang sudah ketinggalan zaman, mulai dari desain yang kurang modern dan styling luarnya yang serba sederhana. Bahkan fitur-fitur modern standar saat ini, seperti lampu-lampu LED, masih absen di VW Polo yang dijual di Indonesia.

Yang menarik, VW Polo generasi keenam dengan platform baru dan desain yang lebih modern sudah mengaspal sejak tahun 2017. Namun dengan angka penjualan yang cukup rendah di Indonesia, nasib VW Polo kedepannya masih menjadi misteri.

Loading