Sukses

Bernuansa Indonesia, 300 Unit Wuling Air ev Pakai Livery Khusus Pada KTT G20 di Bali

Otosia.com, Jakarta Wuling Motors memberikan livery khusus kepada Wuling Air ev yang akan digunakan sebagai kendaraan pendukung para delegasi anggota KTT G20 serta organisasi internasional di Bali.

Sebagai Official Car Partner, sebanyak 300 unit Wuling Air ev telah tiba di Pulau Bali dan dipersiapkan untuk menyambut para peserta KTT G20.

Livery yang disematkan pada 300 unit Air ev terlihat menarik dan mentereng dan memang dirancang istimewa sebagai identitas partisipasi mobil listrik Wuling tersebut dalam gelaran berskala internasional di Pulau Dewata. 

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Dua Rancangan

Terdapat dua rancangan berbeda yang menghiasi mobil listrik berukuran compact ini. Keduanya mengusung maknanya masing-masing namun didominasi sentuhan Indonesia yang kental sebagai presidensi dari KTT G20 kali ini.

Desain pertama untuk stiker yang melekat sebagai identitas Official Car Partner KTT G20 pada Air ev diambil dari gaya batik Megamendung. Pola kerajinan batik yang berasal dari Cirebon ini dipadankan dengan sentuhan spektrum warna merah dan oranye pada bagian bodi mobil serta beberapa pola awan pada bagian depan.

Filosofi di balik motif awan ini salah satunya adalah kebebasan, bersahabat, dan ketenangan. Hal tersebut sejalan dengan makna dari nama Air ev yang diambil dari bahasa Inggris bermakna udara yang bergerak bebas.

Sentuhan Keberagaman

Desain lainnya adalah sentuhan yang melambangkan keberagaman di Indonesia pada Wuling Air Ev sebagai Official Car Partner KTT G20. Tampak dari siluet beberapa bangunan ikonik di tanah air seperti Monumen Nasional (Monas), kompleks candi Prambanan, hingga Pura Penataran Agung Lempuyang.

Hal ini melambangkan keberagaman yang bersatu. Selain itu, terdapat juga tulisan ‘Shaping Clean Tomorrow’ sebagai semangat menuju masa depan yang lebih bersih.

Sementara pada bagian belakang, kedua desain tersebut memiliki pola dan warna yang berbeda namun dengan sentuhan tulisan yang serupa. Pertama, terdapat kalimat ‘Together For The Sustainable Future’ yang bermakna Wuling melalui Air ev memberikan solusi mobilitas yang ramah lingkungan untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Terdapat juga kalimat ‘Made in Indonesia’ yang menegaskan bahwa setiap Air ev yang digunakan di KTT G20 dibuat di fasilitas pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat oleh anak bangsa.

Desain Atap dan Kap Mesin

Sedangkan pada bagian atap dan kap mesin, 300 unit Air ev yang mendukung mobilitas pada KTT G20 Indonesia mendatang ditempelkan stiker logo utama G20 Indonesia 2022.

Keduanya menjadi identitas Official Car Partner pada ajang konferensi tingkat tinggi ini. Di bagian kaca depan, terdapat tulisan tema KTT G20 yakni Recover Together Recover Stronger.

“Rasa bangga dan komitmen kami untuk mendukung berlangsungnya KTT G20 ditunjukkan juga melalui desain livery pada 300 unit Air ev sebagai official car partne,” kata Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors. 

Menurut Dian, setiap rancangan visual pada kendaraan listrik ini melambangkan persatuan dalam keberagaman Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan internasional ini, serta visi global untuk masa depan yang lebih bersih demi kehidupan yang lebih baik.

Dua Tipe Wuling Air ev

Sebagai Official Car Partner KTT G20,  300 unit Air ev tersebut terdiri dari 216 unit tipe Long Range dan 84 unit tipe Standard Range. Kedua mobil tersebut akan mendukung mobilitas para delegasi G20 dan organisasi internasional selama 15-16 November 2022 mendatang di Bali.

“Kami sangat bangga dapat mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali sebagai Official Car Partner. Dukungan ini kami wujudkan dengan menyediakan sebanyak 300 unit Wuling Air ev yang menjadi pendukung mobilitas ramah lingkungan bagi para delegasi dan organisasi internasional,” ujar Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors.

Selama KTT G20 berlangsung, Wuling Air ev ditugaskan sebagai kendaraan resmi para delegasi anggota G20, yang berasal dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brazil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Meksiko, Prancis, Rusia, Turki, dan Uni Eropa. Kemudian, delegasi undangan lainnya yang berasal dari Uni Emirat Arab, Belanda, Fiji, Kamboja, Rwanda, Senegal, Singapura, Spanyol, dan Suriname juga turut berkendara dengan Air ev.

Untuk Mobilitas Organisasi Internasional

Selain itu, kendaraan listrik compact ini turut mendukung keperluan mobilitas berbagai organisasi internasional yang hadir di acara ini, antara lain Asian Development Bank (ADB), Financial Stability Board (FSB), dan Islamic Development Bank (IDB).

Selain itu, selama di Bali Wuling Air ev juga menjadi kendaraan pendukung bagi International Labor Organization (ILO), International Monetary Fund (IMF), Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), World Health Organization (WHO) sampai dengan World Trade Organization (WTO).

“G20 adalah showcase yang penting bagi kita untuk menunjukkan keseriusan Indonesia dalam bertransisi menuju energi bersih dan Wuling menjadi bagian penting dalam ekosistem mobil listrik di Indonesia. Terima kasih atas dukungan Wuling karena ini akan menjadi bagian penting dari G20,” ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Loading